Konseling Kelompok Berbasis Teknik Self-Management Tazkiyatun Nafsi : Suatu Intervensi Psikologi Dalam Peningkatan Self-Direction In Learning Siswa

Liliza Agustin, Sutardjo A.W, Makmuroh Sri Rahayu

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya self-direction in learning pada siswa. Tujuan yang ingin dicapai adalah meningkatkan self-direction in learning siswa. Studi yang digunakan berupa penelitian dan pengembangan metode. Hal ini karena intervensi yang menggunakan konseling kelompok teknik self-management dengan memadukan tazkiyatun nafsi masih belum ada maka peneliti baru akan mencoba membuat rancangan modul. Untuk itu langkah yang akan dilakukan adalah: (1) Membuat rancangan modul (2) Uji coba rancangan modul untuk melihat efektifitas (3) Evaluasi rancangan modul. Hasil penelitian yang didapat adalah (1) Memperoleh modul konseling kelompok berbasis teknik self-management tazkiyatun nafsi untuk meningkatkan self-direction in learning siswa. (2) Dari hasil uji coba Modul menunjukkan bahwa konseling kelompok berbasis teknik self-management tazkiyatun nafsi efektif untuk meningkatkan self-direction in learning siswa. Adanya peningkatan skor sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok berbasis teknik self-management tazkiyatun nafsi pada ke 5 subjek uji coba. Adanya peningkatan semua aspek self-direction in learning, yaitu insiatif sendiri, self planned, kebutuhan belajar, self conducted, dan evaluasi. (3) Evaluasi modul yang diperoleh dari feedback subjek uji coba menunjukkan penilaian positif terhadap pemberian metode, materi dan material.

Kata kunci: self-direction in learning, konseling kelompok berbasis teknik self-
management tazkiyatun nafsi,




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v13i1.2399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.