Muslimah Religius Lebih Sedikit Menghabiskan Uang: Pengaruh Religiusitas Pada Perilaku Berbelanja

Nadiya Nur Safitri, Dina Nur Amalina, Najla Amalia, Siti Salbiyah, Adelia Septianingrum Marpaung, Muhammad Abdan Shadiqi

Abstract


Agama diciptakan oleh Tuhan sebagai pedoman hidup manusia, sehingga konsep dalam agama muncul pada setiap aspek kehidupan manusia, salah satunya perilaku belanja. Saat seseorang berpegangan pada pedoman agama, maka dapat menjauhkan diri dari materialisme dan pengeluaran yang tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas muslimah terhadap perilaku berbelanja. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pengaturan eksperimen pada variabel terikat berupa perlakuan skenario hipotesis perilaku belanja bahan makanan. Jumlah partisipan sebanyak 64 perempuan dengan rentang usia 18-40 tahun, berdomisili di Kalimantan Selatan, dan beragama Islam. Teknik analisis yang digunakan uji statistik regresi linear sederhana.  Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui religiusitas berpengaruh negatif terhadap perilaku belanja pada muslimah yang berdomisili di Kalimantan Selatan. Artinya semakin tinggi tingkat religiusitas semakin rendah keinginan perilaku berbelanja. Hasil temuan ini menggambarkan bahwa Muslimah yang religius lebih sedikit menghabiskan uang untuk berbelanja.

References


Abdul‐Talib, A., & Abd‐Razak, I. (2013). Cultivating export market oriented behavior in halal marketing : Addressing the issues and challenges in going global. Journal of Islamic Marketing, 4(2): 187–197. http://dx.doi.org/10.1108/17590831311329304

Agarwala, R., Mishra, P., & Singh, R. (2018). Religiosity and consumer behavior: a summarizing review. Journal of Management, Spirituality and Religion, 16(1): 32–54. http://dx.doi.org/10.1080/14766086.2018.1495098

Aridhona, J. (2018). Hubungan perilaku prososial dan religiusitas dengan moral pada remaja. Konselor, 7(1): 21–25. http://dx.doi.org/10.24036/02018718376-0-00

Badan Pusat Statistik. (2019). Pengeluaran untuk konsumsi penduduk Indonesia per

Provinsi, September 2019,

https://www.bps.go.id/publication/2020/06/29/a0c51afcd2c799871ed40f19/peng eluaran-untuk-konsumsi-penduduk-indonesia-per-provinsi-september-2019.html

Badan Pusat Statistik. (2019). Pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan III-2019. https://www.bps.go.id/pressrelease/2019/11/05/1622/ekonomi-indonesiatriwulan-iii-2019-tumbuh-5-02-persen.html

Bukhari, S.F.H., Woodside, F.M., Hassan, R., Shaikh, A.L., Hussain, S., & Mazhar, W. (2019). Is religiosity an important consideration in Muslim consumer behavior: Exploratory study in the context of western imported food in Pakistan, Journal of Islamic Marketing, http://dx.doi.org/10.1108/JIMA-01-2018-0006

Gravetter, F.J. & Forzno, L.B. (2012). Research methods for the behavioral sciences (4th Edition). Cengange Learning.

Hasan, N. F. (2018). Religiusitas dan perilaku konsumsi perspektif islam (Studi pada masyarakat perantau Madura). PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education, 3(1): 55–71. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/activa/article/view/429/396

Haws, K.L., Bearden, W.O. & Nenkov, G.Y. (2012). Consumer spending self-control effectiveness and outcome elaboration prompts. Journal of the Academy of Marketing Science, 40(5): 695-710. http://dx.doi.org/10.1007/s11747-011-0249-2

Isnaini, D. (2020). Relevansi religiusitas dengan perilaku konsumsi. Al-Intaj: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 111-116. http://dx.doi.org/10.29300/aij.v6i1.2860

Jalaludin, R. (2001). Psikologi agama. PT. Raja Grafindo Persada.

Jenita, & Rustam. (2017). Konsep konsumsi dan perilaku konsumsi islam. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 2(1): 75–84. https://stai-binamadani.e-journal.id/Madanisyariah/article/download/139/111/

Kurt, D., Inman, J. J., & Gino, F. (2018). Religious shoppers spend less money. Journal of Experimental Social Psychology, 78, 116–124. http://dx.doi.org/10.1016/j.jesp.2018.03.019

Lastovicka, J. L., Bettencourt, L. A., Hughner, R. S., & Kuntze, R. J. (1999). Lifestyle of the tight and frugal: Theory and measurement. Journal of Consumer Research, 26(1): 85–98. https://doi.org/10.1086/209552

Madni, A. R., Hamid, N. A., & Rashid, S. M. (2016). An association between religiosity and consumer behavior: A conceptual piece. The Journal of Commerce, 8(3), 58. https://media.proquest.com/media/pq/classic/doc/4238088001/fmt/pi/rep/NONE?_s=gwmmWvbTYYk0PiIINUbkZk5%2FcKs%3D

Mahudin, N. D. M., Noor, N. M., Dzulkifli, M. A., & Janon, N. S. (2016). Religiosity among muslims: A scale development and validation study. Makara Human Behavior Studies in Asia, 20(2): 109-120. http://dx.doi.org/10.7454/mssh.v20i2.3492

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset terapan bidang pendidikan dan teknik. UNY Press.

Pew Research Center. (2010). Global religius future: Indonesia. URL: http://www.globalreligiousfutures.org/countries/indonesia#/?affiliations_religion _id=0&affiliations_year=2010&region_name=All%20Countries&restrictions_ye ar=2016, diakses pada tanggal 29 Oktober 2021.

Putri, I. S. S. (2020). Pengaruh religiusitas terhadap pemilihan pakaian pada wanita muslim. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 6(1): 9–14. https://doi.org/10.35313/jrbi.v6i1.1877

Rionita, D., & Widiastuti, T. (2020). Pengaruh tingkat pendidikan, pendapatan dan religiusitas terhadap perilaku konsumsi rumah tangga muslim di Surabaya (Kaidah konsumsi islami menurut al-Haritsi). Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 6(2): 288-304. http://dx.doi.org/10.20473/vol6iss20192pp288-304

Rumondang, A., Sudirman, A., Sitorus, S., Kusuma, A. H. P., Manuhutu, M., Sudarso, A., Simarmata, J., Hasdiana, D., Tasnim, T., & Arif, N. F. (2020). Pemasaran digital dan perilaku konsumen. Yayasan Kita Menulis.

Schiffman & Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen (Edisi 7.) Indeks

Seniati, L., Yulianto, A. & Setiadi, B. (2009). Psikologi eksperimen (Cetakan keempat). PT. Indeks.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitiatif dan R&D. CV. Alfabeta.

Ulum, A. S., & Astuti, K. (2019). Hubungan religiusitas dengan perilaku agresif remaja di pondok pesantren. Jurnal Inspirasi, 10(2): 151–159. http://dx.doi.org/10.35880/inspirasi.v10i2.69

Wahyuni, D. F., & Rachmawati, I. (2018). Hedonic shopping motivation terhadap impulse buying pada konsumen tokopedia. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 11(2): 2580–9539. http://dx.doi.org/10.23969/jrbm.v11i2.701




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v20i2.20483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.