PERAN REGULASI EMOSI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI PESERTA SELEKSI PASKIBRAKA PROVINSI JAWA TENGAH

Imam Setyawan

Abstract


Melalui evaluasi hasil pengiriman perwakilan tiap tahun, Wakil Jawa Tengah banyak mengalami masalah dengan penyesuaian diri pada masa karantina pelatihan dan proses seleksi di tingkat pusat. Tekanan, konflik dan frustrasi yang muncul dari proses peserta dalam mengikuti keseluruhan proses persiapan menjadi pasukan pengibar bendera, tidak terlepas dari bagaimana individu mensikapi berbagai emosi yang muncul. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan bukti empirik peran regulasi emosi pada penyesuaian diri. Populasi penelitian adalah seluruh peserta seleksi Paskibraka Jawa Tengah 2021, dengan menggunakan teknik sampling jenuh, berjumlah 70 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala regulasi emosi dan skala penyesuaian diri. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi linier sederhana yang menunjukkan bahwa regulasi emosi memiliki korelasi positif yang signifikan dengan penyesuaian diri (R= .35; p= .003; b = .26; t(69) = 3.06, p < .001), dengan sumbangan efektif regulasi emosi terhadap penyesuaian diri sebesar 12% (R2= .12). Perlu adanya identifikasi dan peningkatan kemampuan regulasi emosi peserta dengan pembekalan ketrampilan pengembangan strategi regulasi emosi sebelum dan selama mengikuti seleksi.


References


Ali, M., & Asrori, M. (2016). Psikologi remaja perkembangan peserta didik. PT Bumi Aksara.

Blanchard-Fields, F., Stein, R., & Watson, T. L. (2004). Age differences in emotion-regulation strategies in handling everyday problems. Journals of Gerontology - Series B Psychological Sciences and Social Sciences, 59(6), 261–269. https://doi.org/10.1093/geronb/59.6.P261

Broderick, P. C., & Jennings, P. A. (2012). Mindfulness for adolescents: A promising approach to supporting emotion regulation and preventing risky behavior. In T. Malti & G. G. Noam (Eds.), Adolescent Emotions: Development, Morality, and Adaptation (1st edition, pp. 111–126). Jossey- Bass. https://doi.org/10.1002/yd

Cabanach, R.G., Fernández, R., Souto, A., & Suárez, J.A. (2018) Regulación emocional y estrés en estudiantes universitarios de fisioterapia. Rev. Mex. Psicol. 35, 167–178.

Desmita. (2017). Psikologi perkembangan peserta didik. PT Remaja Rosdakarya.

Di Fabio A., Kenny M.E. (2016) Promoting well-being: The contribution of emotional intelligence. Front. Psychol., 7:1182. doi: 10.3389/fpsyg.2016.01182

Fatimah, E. (2010). Psikologi perkembangan (perkembangan peserta didik). CV. Pustaka Setia.

Febrihananto, E.W., Abdullah, I. & Zubaidi, A. (2017) Partisipasi Pemuda Purna Paskibraka Indonesia Dalam Kegiatan Bela Negara Dan Pengaruhnya Terhadap Ketahanan Wilayah (Studi Tentang Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah). Jurnal Ketahanan Nasional, 3(2), 68 – 85

Goleman, D. (2020). Emotional Intelligence (T. Hermaya (ed.)). PT Gramedia Pustaka Utama.

Gross, J. J. (2007). Handbook of emotion regulation. The Guildford Press.

Gross, J. J. (2014). Handbook of emotion regulation (Second ed). The Guildford Press.

Gupta, M. & Mehtani, D. (2017). Adjustment among secondary school student: A comparative study on the basis academic achievement and gender. Journal of Education and Research, 6(2), 2277-1255.

Haber, A., & Runyon, R. P. (2006). Psychology of adjustment. The Dorsey Press.

Koole, S. L., van Dillen, L. F., & Sheppes, G. (2011). The self- regulation of emotion. In K. D. Vohs & R. F. Baumeister (Eds.), Handbook of self- regulation: Research, theory, and applications (p. 22–40). Guilford Press

Lane, A. M., Beedie, C. J., Jones, M. V., Uphill, M., & Devonport, T. J. (2012). The BASES expert statement on emotion regulation in sport. Journal of Sports Sciences, 30(11). https://doi.org/10.1080/02640414.2012.693621

Lewis, M., Haviland-Jones, J. M., & Barrett, L. F. (2008). Handbook of Emotions. In The Guilford Press (3rd Editio). https://doi.org/10.1007/978-3-319-77619-4_2

Marroquín, B. (2011). Interpersonal emotion regulation as a mechanism of social support in depression. Clinical Psychology Review, 31, 1276–1290. doi:10.1016/j.cpr.2011.09.00

Mikolajczak, M. & Van Bellegem, S. (2017) Increasing emotional intelligence to decrease healthcare expenditures: How profitable would it be? Personal. Individ. Differ. 116, 343–347. https://doi.org/10.1016/j.paid.2017.05.014

Morrish L., Rickard N., Chin T.C., Vella-Brodrick D.A. (2018) Emotion regulation in adolescent well-being and positive education. J. Happiness Stud., 19:1543–1564. doi: 10.1007/s10902-017-9881-y

Nuraini, P.A. & Setyawan, I. (2021) Peran peer attachment terhadap regulasi emosi pada siswa kelas xi sman 3 depok pada masa pembelajaran dari rumah. Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Petrides K.V. (2016) Four thoughts on trait emotional intelligence. Emot. Rev. 84:345. doi: 10.1177/1754073916650504

Piqueras J.A., Mateu-Martínez O., Cejudo J., Pérez-González J.C. (2019) Pathways into psychosocial adjustment in children: Modeling the effects of trait emotional intelligence, social-emotional problems, and gender. Front. Psychol., 10:1–11. doi: 10.3389/fpsyg.2019.00507.

Ratnasari, S., & Suleeman, J. (2017). Perbedaan regulasi emosi perempuan dan laki-Laki di perguruan tinggi. Psikologi Sosial, 15(1), 35–46. https://doi.org/10.7454/jps.2017.4

Sabatier, C., Cervantes, D. R., Torres, M. M., De los Rios, O. H., & Palacio Sañudo, J. (2017). Emotion regulation in children and adolescents: Concepts, processes and influences. Psicología desde el Caribe, 34 (1), 75-9. Diunduh dari http://rcientificas.uninorte.edu.co/index.php/psicologia/article/viewFile/8904/9778

Thompson, R. A. (2011). Emotion and emotion regulation: Two sides of the developing coin. In Emotion Review. https://doi.org/10.1177/1754073910380969

Wardani, C.D.M. & Setyawan, I. (2020) Hubungan antara persepsi terhadap keberfungsian keluarga dengan penyesuaian diri pada remaja di SMA Negeri 1 Batang. Empati, 9(20), 64 – 73

Zakiyah, N., Hidayati, F. N. R., & Setyawan, I. (2010). Hubungan antara penyesuaian diri dengan prokrastinasi akademik siswa sekolah berasrama SMP N 3 Peterongan Jombang. Jurnal Psikologi Undip. 8(2), 156-167. Diunduh dari https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2960/2646

Zalewski, M., Lengua, L. J., Wilson, A. C., Trancik, A., & Bazinet, A. (2011). Emotion regulation profiles, temperament, and adjustment problems in preadolescents. Child Development, 82 (3), 951–966. doi:1.1111/j.1467-8624.2011.01575.x.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v19i2.19955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.