Pengaruh Expressive Writing Therapy Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Berbicara Di Muka Umum Pada Mahasiswa

Reni Susanti, Sri Supriyantini

Abstract


Expressive writing therapy merupakan terapi yang menggunakan aktivitas menulis sebagai sarana untuk merefleksikan pikiran dan perasaan terdalam terhadap peristiwa yang tidak menyenangkan (menimbulkan trauma). Expressive writing therapy dapat digunakan sebagai terapi utama atau juga dapat diintegrasikan dengan pendekatan psikoterapi atau konseling lainnya, serta dilakukan secara individual dan kelompok. Pada penelitian ini expressive writing therapy dilakukan secara berkelompok dan merupakan terapi utama untuk membantu subjek mengembangkan insight yang lebih adekuat tentang diri dan situasi presentasi, meningkatkan self-esteem, mengembangkan coping skills yang lebih baik, serta menjadi sarana release tension. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh expressive writing therapy terhadap penurunan tingkat kecemasan berbicara di muka umum pada mahasiswa dalam konteks perkuliahan. Subjek penelitian berjumlah 12 orang, merupakan mahasiswa yang memiliki tingkat kecemasan berbicara di muka umum yang tergolong tinggi sampai sangat tinggi. Screening menggunakan skala kecemasan berbicara di muka umum yang telah disempurnakan oleh Susanti, Hasibuan, Siregar, & Fadillah (2011). Penelitian ini menggunakan randomized pretest-posttest control group design. Kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan expressive writing therapy selama 5 sesi dengan durasi 90-120 menit pada setiap sesinya. Hasil analisis kuantitatif Mann-Whitney & Wilcoxon Signed-Rank Test menunjukkan bahwa terdapat penurunan yang signifikan tingkat kecemasan berbicara di muka umum kelompok eksperimen setelah perlakuan expressive writing therapy. Berdasarkan analisa kualitatif terhadap hasil observasi, wawancara, dan kuesioner disimpulkan adanya peningkatan kepercayaan diri, self-esteem, dan positive self-talk. Dengan demikian hipotesa penelitian yang berbunyi ada pengaruh expressive writing therapy terhadap penurunan tingkat kecemasan berbicara di muka umum terbukti.

Keywords


expressive writing therapy, kecemasan berbicara di muka umum

Full Text:

PDF

References


Addison, Penny; Clay, Ele; Xie, Shuang; Sawyer, C.R; & Behnke, R.R. (2003). Worry as a function of public speaking state anxiety type. Communication Reports Proquest Research Library 16(2),125

Anwar, Astrid I.D. (2010). Hubungan self-efficacy dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa fakultas psikologi usu. Skripsi (tidak diterbitkan). Medan : Universitas Sumatera Utara

Azwar, S. 2000. Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. 2007. Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Boals, Adriel. (2012). The use of meaning making in expressive writing : When meaning is beneficial. Jurnal of Social and Clinical Psychology 31(4), 393-409

Bolton, Gillie. (1999). The therapeutic potensial of creative writing, writing myself. London : Jessica Kingsley Publisher

___________. (2011). Write yourself, creative writing and personal development. London : Jessica Kingsley Publisher

Bolton, G; Howlett S; Lago C.; & Wright J.K. (Editor). (2004). Writing cure : An introductory handbook of writing in counseling and therapy. New York : Brunner-Routledge

Dalton, Jonathan J & Glenwick, David S. (2009). Effects of expressive writing on standardized graduate entrance exam performance and physical health functioning. The Journal of Psychology 2009, 143(3), 279-292

Esposito, Janet E. (2007). Overcome your fear of public speaking and performance (5th ed). USA : Strong Books-Publishing Direction

Fatma, Anne & Ernawati, Sri. (2012). Pendekatan perilaku kognitif dalam pelatihan keterampilan mengelola kecemasan berbicara di muka umum. Talenta Psikologi 1(1), 2012

Field, Andi. (2009). Discovering statistic using SPSS (3rd ed). London : Sage Publications Ltd

Fikri, Harry Theozard. (2012). Pengaruh menulis pengalaman emosional dalam terapi ekspresif terhadap emosi marah pada remaja. Humanitas IX (2), 103-122

Hapsari, Dyannita Andarningrum. (2010). Pengaruh tari kontemporer terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada remaja (Studi eksperimental di smp negeri 34 semarang). Skripsi. Universitas Diponegoro

Haryanthi, Luh Putu Suta. (2012). Efektivitas metode terapi ego state dalam mengatasi kecemasan berbicara di depan publik pada mahasiswa fakultas psikologi uin syarif hidayatullah jakarta. Jurnal Insan 14 (01), April 2012

Kaufman, Scott Barry & Kaufman, James C (Editor). (2009). The psychology of creative writing. New York : Cambridge University Press

Khan, T.M, Ejaz, M.A, & Azmi, S. (2009). Evaluation of communication apprehension among first year and final year pharmacy undergraduates. Journal Of Clinical And Diagnostic Research [Serial Online] 3, 1885-1890.

Latipun. (2004). Psikologi eksperimen edisi kedua. Malang : UMM Press

MacInnis, C.C; Mackinnon, S.P; MacIntyre, P.D. (2010). The illusion of transparency and normative beliefs about anxiety during pubic speaking. Current Research In Social Psychology 15(4), 42-52

Malchiodi, Cathy A (Editor). (2007). Expressive therapies. New York : The Guilford Press

Mardyaningrum, Maria Bernadette Sri. (2007). Efektivitas terapi menulis terhadap emosi korban kekerasan dalam rumah tangga. (Skripsi). Semarang : Universitas Katolik Soegijapranata

McCroskey, J.C, Booth-Butterfield, S., & Payne, S.K. (1989). The impact of communication apprehension on college student retention and succes. Communication Quarterly 37(2), 100-107

Morreale, Sherwyn P.; Spitzberg, Brian H.; & Barge, J. Kevin. (2007). Human communication : motivation, knowledge, and skills (2nd Ed.). USA : Thomson Wadsworth

Monart, Harrison & Kase, Larina. (2007). The confident speakers, beat your nerves and communicate at your best in any situation. USA : McGraw-Hill

Myers, Anne; Hansen, Christine. (2006). Experimental psychology (6th ed). USA : ThomsonWadsworth

Nazarian, Deborah & Smyth, Joshua M. (2013). An experimental test of instructional manipulations in expressive writing interventions : Examining processes of change. Journal of Social and Clinical Psychology 31(1), 77-96

Nelson, P.E & Pearon, J.C. (2004). Confidence in public speaking (7th ed). USA : Roxbury Publishing Company [online]

O'Hair, Dan; Steward, Rob; & Rubenstein, Hannah. (2010). A speaker's guide book, text and reference (4th ed). New York : Bedford/St.Martin's

Pennebaker, James W. (2002). Ketika diam bukan emas : Berbicara dan menulis sebagai terapi. Bandung : Mizan

Pennebaker, James W & Chung, Cindy K. (2007). Expressive writing : connections to physical and mental health. The University of Texas at Austin

Pribyl, Charles B; Keaten, James; Sakamoto, Masahiro. (2001). The effectiveness of a skills-based program in reducing public speaking anxiety. Japanese Psychological Research 43(3),148-155

Puteri, Nidya D. (2007). Hubungan antara pola pikir positif dengan kecemasan berbicara di muka umum pada mahasiswa. Skripsi (tidak diterbitkan). Jakarta : Universitas Gunadarma.

Qonitatin, Novi; Widyawati, Sri; & Asih, Gusti Yuli. (2011). Pengaruh katarsis dalam menulis ekspresif sebagai intervensi depresi ringan pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro 9(1), 21-32

Ramirez, Gerardo & Beilock, Sian L. (2011). Writing about testing worries boosts exam performance in the classroom. Science 331

Santrock, John W. (2002). Life span development: perkembangan masa hidup. edisi ke-5 jilid 2. Jakarta : Erlangga

_______________. (2008). Psikologi pendidikan Edisi ke-2. Jakarta : Kencana

Sellnow, Deanna D. (2005). Confident public speaking (2nd ed). USA : Wadsworth Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B.N. (2009). Psikologi eksperimen. Jakarta : Indeks

Storts, Mary. (2008). Psychosocial, metacognitive, and performance related correlates of presentation anxiety in university students. Argojournal : Undergraduate Research In Psychology And Behavioral Science. University of West Florida

Susanti, Reni; Hasibuan, Rosyalinda; Siregar, Suri M; & Fadilah, Debi. (2011). Hubungan self-efficacy dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa fakultas psikologi USU. Laporan Tugas Mata Kuliah Konstruksi Alat Ukur (Tidak diterbitkan). Medan : Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara

Susilowati, Theresia Genduk. (2009). Pengaruh terapi menulis pengalaman emosional terhadap penurunan depresi pada mahasiswa tahun pertama. Tesis. Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

Vye, C., Scholljegerdes, K. & Welch, I.D. (2007). Under pressure and overwhelmed: coping with anxiety in college. London : Praeger

Wrench, Jason S.W; Richmond, Virginia Peck; & Gorham, Joan. (2009). Communication, affect, and learning in the classroom (3rd ed). USA : Burgess Publishing




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v9i2.174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.