Keberadaan Orang Tua Bersama Anak

Harmaini Harmaini

Abstract


Sikap dan perilaku orang tua mempengaruhi dalam memperlakukan anak, apabila sikap orang tua menguntungkan, hubungan orang tua dengan anak lebih baik dari sikap orang tua yang kurang baik Metode penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan data mail surveys. Tempat penelitian adalah di SDN 111 kelurahan Tuah Karya kecamatan Tampan kota Pekanbaru. Tujuan penelitian ingin mengetahui bagaimana gambaran keberadaan anak dengan orang tua selama berada dirumah. Subyek penelitian ini adalah sebanyak 215 orang (subyek) yang dilakukan selama 3 hari. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengisi self report scales atau berupa angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan keberadaan orang tua bersama anak. Teknik analisa adalah kuantitatif dilakukan sesuai dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian adalah orang tua lebih banyak tidak berada didekat anak selama berada dirumah sebanyak 65,5%. Sedangkan 35,5% orang tua berada didekat anak ketika berada dirumah, waktuu dengan anak lebih sedikit ketika libur yaitu 1-5 jam sebesar 20,3%, 6-8 jam sebanyak 26,7, 8-10 jam sebanyak 22,6%, 10-12 jam sebanyak 15,4% dan lebih dari 12 jam sebanyak 8,7%. Orang tua lebih banyak tidak menenamni anaknya ketika belajar yaitu 11, 1% orang tua menemani anak, orang tua nonton tv 31,1%, orang tua dikedai 23,4% dan diluar rumah 29,2% dan yang terakhir lain-lain sebesar 5%. Dan orang tua banyak yang diam saja ketika anak mengalami masalah yaitu diam saja sebanyak 23,5%, menanyakan sebanyak 19,4%, menyalahkan sebanyak 14,3%, mendiamkan terlebih dulu 23,2% dan tidak tahu sebanyak 19,6%.

Keywords


keberadaan orang tua, anak

Full Text:

PDF

References


Al Qur'anul Karim (Miracle the Reference), 2007, bandung : Sigma Publishing

Andi Mappiare, Psikologi Remaja, Usaha Nasional, Surabaya, 1982,

Devaney, E., O'Brien, M. U., Tavegia, M., & Resnik, H. (2005). Promoting children's ethical development through social and emotional learning. New Directions for Youth Development, 108, 107-116.

Goleman , D. 2000. Emotional Intelligence (terj). Jakarta: Gramedia

Gross, J & John, O. P. 2003. Individual Differences in Two Emotion Regulation Processes: Implications for Affect, Relationships, and Well-Being. Journal of Personality and Social Psychology. 2003, Vol. 85, No. 2, 348–362.

Gross, J & John, O. P. 2003. Individual Differences in Two Emotion Regulation Processes: Implications for Affect, Relationships, and Well-Being. Journal of Personality and Social Psychology. 2003, Vol. 85, No. 2, 348–362

Hadist, Shahih Bukhari Muslim, 2002

Hair, J. E., Anderson, R. E., Tatham, R. L., & Black, W. C. (2008). Multivariate data analysis.

Harmaini, 2012. Pendidikan Yang Membebaskan (makalah), program Doktor UMY

Izzard, C. E & Harris, P. 2000. Emotional Developmental and Developmental Psychopathology, dalam Developmental Psychopathology : Risk Disorder and Adaptation. Dante, C & Cohen, D (eds). New York: John Willey & Sons. Inc

Kartini Kartono, Peranan Keluarga Memandu Anak, Alumni, Bandung, 1985,

Koenig, A. L., Cicchetti, D., & Rogosch, F. A. (2000).Child compliance/ noncompliance and maternal contibutors to internalization in maltreating and nonmaltreating dyads. Child Development, 71 (4), 1018-1032.

Liu, C., Munakata, T., & Onuoha, F. N. (2005). Mental health condition of the only-child: A study

M. Athiyaha Al-Abrasy, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam,Alih Bahasa H. Busthami A. Gani dan Djohar Bahry, Bulan Bintang, Jakarta, 1984,

Malti, T., Gasser, L., & Buchmann, M. (2009). Aggresive and prosocial children's emotion

Morgan, C. T, King, R. A & Robinson, N. M. 1999. Introduction to Psychology. London : McGraw Hill International Book Company.

Muhammad Fuad Abdul Baqy, Sunan Ibnu Majah II , Isa Babil Hulabi Wasyitkah, 1954, 121.

Planalp, S. 1999. Communicating Emotion : Social, Moral and Cultural Process. New York: Cambridge University Press.

Rime, B. & Zech, E. 2001of urban and rural high school student in China. Adolescence, 40 (160), 831-845. The Social Sharing of Emotion : Interpersonal and Collective Dimensions. Boletin di Psicologia University of Louvain. Edisi 2001. Neuve : University of Louvain

Rosyid, M. 2009. Kebudayaan dan Pendidikan. IDEA Press : Yogyakarta

Saughnessy J.J. dkk. 2007. Metodologi Penelitian Psikologi, edisi ketujuh, Jakarta: Pustaka Pelajar

Simsek, Z., Erol, N., Östop, D., & Özcan, Ö. Ö. (2008). Epidemiology of emotional and behavioral problems in children and adolescents reared in orphanages: A national comparative study. Turkish Journal of Psychiatry, 19 (3), 2-13.

Sinaga, H. J., Lusmilasari, L., & Haryanti, F. (2004). Hubungan antara pola asuh ibu bekerja dan tidak bekerja dengan kepercayaan diri anak di TK Purbonegaran Sagan Yogyakarta. Berita Kedokteran Masyarakat, 20 (1), 21-28.

Vemale.com. Memudarnya Kualitas Kebersamaan Keluarga, Selasa, 19 November 2013 pukul 11:00

Yakub Tri Handoko, relasi orang tua dengan anak, makalah, 2007

Zakiah Daradjat, Pembinaan Jiwa/Mental, Bulan Bintang, Jakarta, 1985




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v9i2.170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.