Interaksi Sosial Remaja Yang Bersekolah di Homeschooling Dengan Menggunakan Metode Distance Learning

Ratih Herfinaly, Linda Aryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran interaksi sosial remaja yang bersekolah di homeschooling dengan menggunakan metode distance learning di Pekanbaru. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 6 (enam) orang. Teknik pengumpulan data menggunakan in-deepth interview dan observasi behavioral checklist. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data model interaktif dari Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa remaja yang bersekolah di homeschooling dengan menggunakan metode distance learning melakukan interaksi sosial dengan teman sebaya melalui komunikasi dengan handphone yang menggunakan aplikasi blackberry messenger, whatsapp, facebook, dan twitter. Proses interaksi sosial remaja terjadi melalui proses imitasi yaitu remaja melakukan imitasi dengan tokoh idola, melalui internet, dan melalui televisi, sugesti yaitu remaja melakukan sugesti terhadap diri sendiri dan mendapatkan sugesti dari orangtua, tutor, dan teman, identifikasi yaitu remaja mengidentifikasikan dirinya terhadap orangtua, dan simpati, baik simpati terhadap teman sebaya yaitu remaja perlihatkan dengan memberikan solusi yang tepat kepada teman yang sedang mengalami kesulitan maupun simpati terhadap lawan jenis yaitu remaja perlihatkan dengan melakukan pendekatan kepada lawan jenis yang mereka sukai. Interaksi sosial remaja terjadi dalam dua bentuk, yaitu asosiatif berupa kerjasama dan disosiatif berupa pertentangan.

Keywords


interaksi sosial, remaja, homeschooling

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2002). Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asmani, J. M. (2012). Buku Pintar Homeschooling. Yogyakarta: Flashbooks.

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Hurlock, E. B. (2002). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Mappiare, A. (1982). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Milles, M.B., & Huberman, A.M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. United States of America: Library of Congres-in-Publication Data.

Moleong, L J. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Molina, Y. (2006). Gambaran Interaksi sosial dengan teman sebaya pada remaja yang mengikuti Pendidikan Homeschooling. Skipsi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Nadhirin (2008). Homeschooling sebagai Pendidikan.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2004). Human Development (9th ed.). Boston: McGraw-Hill Companies, Inc.

Poerwandari, K. (2001). Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia. Depok: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Santrock, J W. (2007). Remaja. Ed 11. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Setiawati, E. (2010). Interaksi Sosial dengan Teman Sebaya pada Anak Homeschooling dan Anak Sekolah Reguler (Study Deskriptif Komparatif). Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Soekanto, S. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Seto , M. (2011, 30 Desember). Tentang Homeschooling Wordpress.

Tentang Pendidikan di Indonesia (2013, 08 April). Wikipedia.

Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: ANDI.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v9i1.147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.