Pengalaman Kegagalan Pada Laki-Laki dan Perempuan

Muhammad Nur Syamsu, Mirra Noor Milla

Abstract


Situasi sukses dan kegagalan merupakan reperesentasi dari keinginan dan tujuan hidup yang ingin dicapai, perbedaan harapan antara laki-laki dan perempuan akan membuat perbedaan kegagalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman kegagalan pada remaja. Penelitian ini mensurvei 605 (laki-laki : 217, perempuan : 388) orang remaja di tiga perguruan tinggi berbeda di Pekanbaru, dengan menggunakan questioner (pertanyaan) terbuka. Subjek diminta untuk menjawab pertanyaan “pengalaman kegagalan apa yang paling menyakitkan dalam hidup?”, dikembangkan oleh Kim dan Park (2006). Analisis data menggunakan pendekatan Indigenous psychology, dengan kategorisasi, frekuensi, dan cross tabulasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada lima pengalaman kegagalan pada remaja, yaitu: akademik (48,1%), harapan (17%), hubungan personal (15,9), kompetisi (10,4%), manajemen diri (3,1%). Penelitian ini juga menunjukkan ada perbedaan pengalaman kegagalan antara laki-laki dan perempuan, laki-laki lebih merasa gagal dalam harapan (9,3%) dan kompetisi (6,6%), sedangkan perempuan lebih merasa gagal dalam akademik (36,4%) dan hubungan personal (10,6%). Penelitian ini memberikan pemahaman bahwa perbedaan pengalaman kegagalan antara laki-laki dan perempuan disebabkan oleh adanya perbedaan peran sosial antara laki-laki dan perempuan. Kata Kunci: pengalaman kegagalan, akademik, harapan, laki-laki, perempuan.

Full Text:

PDF

References


Berry, J.W. Poortinga, Y.H., Segall, M.H., Dasen, P.R. (1999). Psikologi Lintas Budaya: Riset dan Aplikasi. Alih Bahasa: Edi Suhardono. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Brannon, L. (1996). Gender: Psychological Perspectives. Massacussett: Allyn & Bacon.

Harmaini (2012). Mengapa Kegagalan Menyakitkan. Laporan Penelitian Fakultas Psikologi UIN Suska Riau.

Hurlock, E.B. (1997). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Husni, D, Milla N.M, Fitriyani E. (2012) Sense of Pride Different Between Boys and Girls. Laporan Penelitian Fakultas Psikologi UIN Suska Riau.

Hwang, K.K . (2012). Foundation of Chinese Psychology. Taiwan : Springer

Karnani, H., & Pomm, H., (2006). Screening for adolescent depression and anxiety in the primary care environment: Calming the storm within. Northeast Florida Medicine, 41-46.

Oetami, P., Yuniarti, K.W. (2011). Orientasi Kebahagiaan SMA, Tinjauan Psikologi Indigenous pada Siswa Laki-Laki dan Perempuan. Humanitas, Vol. VIII No 2. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Papalia, Old, &Feldman. (2008). Human development. Jakarta : Kencana.

Putri, A.K, Prawitasari, J.E, Hakim, M.A, Yuniarti, K.W, Kim Uichol (2012). Sadness as perceived by Indonesian man and female adolescent. International Journal of Research Studies in Psychology,Vol 1, No 127-136.

Rinaldi (2010). Reseliensi pada Masyarakat Kota Padang ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Psikologi Vol. 3,No 2.

Rostiana (1999). Deskripsi dan dinamika konflik pada Boundary Role Person, Arkhe, Jurnal Ilmiah Psikologi. 4, No 7: Jakarta Fakultas Psikologi Universitas Tarumanegara.

Santrock, J.W (2003). Adolescence (Perkembangan Remaja). Jakarta : Erlangga

Santrock, John W. (2007) Remaja, edisi kesebelas. Erlangga.

Sari, R.P, Rejeki T.A & Achmad M.M (2006). Pengungkapan Diri Mahasiswa Tahun Pertama Universitas Dipenogoro Ditinjau Dari Jenis Kelamin dan Harga Diri. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, Vol 3,No 2.

Sarwono, S. W. (2001). Psikologi remaja. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Sue, D. W., & Sue, D. (2003). Counseling the culturally diverse: Theory and Practice (4th ed). NY: Wiley & Son.

http://nasional.kompas.com/read/308.000.SNMPTN




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v10i2.1187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.