Penggunaan Media Sosial Dan Pemahaman Tentang Radikalisme Di Kalangan Pelajar Muslim

Amirah Diniaty, Susilawati Susilawati, Zarkasih Zarkasih, Rian Vebrianto

Abstract


Media sosial merupakan salah satu sarana penyebarluasan paham radikal terutama bagi generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penggunaan media sosial oleh pelajar musllim di tingkat sekolah menangah atas, dan kaitannya dengan pemahaman mereka tentang radikalisme. Jenis penelitian ini adalah survey terhadap 316 orang pelajar dari 5 sekolah menengah atas yang ada di kecamatan Tampan Pekanbaru. Sampel penelitian ini diambil secara random dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dalam bentuk google form yang berisi pertanyaan tentang; jenis dan konten media sosial yang diakses, intensitas dan upaya yang dilakukan pelajar untuk menggunakan media sosial. Pemahaman tentang radikalisme dilihat dari jawaban responden terhadap item-item yang diklasifikasi menjadi skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelajar yang intensitas akses media sosialnya rendah, cendrung kurang memahami tentang radikalisme dan bahayanya. Jika dilihat dari mean jawaban responden yang intensitas penggunaan media sosialnya rendah, ternyata tidak paham tentang radikalisme. Artinya semakin mereka sering mengakses media sosial, semakin sering mereka mendapatkan informasi tentang radikalisme. Perlu ada penelitian yang lebih detil apa saja informasi tentang radikalisme yang mereka dapatkan di media sosial tersebut.


References


Agus SB, , 2016. Deradikalisasi Dunia Maya, Melncegah Simbiosis Terorisme dan Media. Jakarta:Daulat Press.

Al-Jurjani, Ali bin Muhammad. 1988. Kitab al-Ta`rifat. Bairut; Dar al-Kutub al-`Ilmiyah

Anderson, L. W., & David R. Krathwohl, D. R., et al. .2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Allyn & Bacon. Boston, MA (Pearson Education Group).

Bianchi & Philips, J.G(2005). Psychological predictor of problem mobile phone use and pschological parameters in young adults. International Joural of Public Health, 57, 437-441.

Billiex.J (2012). Problematic Use of the Mobile Phone; A Literatur Riview and a Pathways Model. Current Psychiatry Riviews, Volume 8, No.4

Creswell, J., W. 2012 Educational Research: palnning, conducting abd evakuating quantitative dan qualitative research (4th ed.). Boston; Pearson Education, Inc.,

Dick, W. & Carey, L. 1985. The systematic design of instruction. (2nd ed.). Glenview, IL: Scott, Foresman & Co.

Endri Kusumaratih. 4 Januari, 2017. Renik Media Sosial. Hadila, hlm, 9.

Farah Noersativa. (2018). KPAI Usul Model Pencegahan Radikalisme Berbasis Masyarakat. Republika.Jumat 18 May 2018 02:14 WIB. https://www.republika.co.id/berita/nasional/ umum/18/05/18/p8vk6w370-kpai-usul-model-pencegahan-radikalisme-berbasis-masyarakat

Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K. C. & Keller, J. M. 2005. Principles of Instructional Design. Fifth edition, Singapore: Wadsworth Thomson Learning

Ghifari, Iman Fauzi. 2017. Radikalisme Di Internet. Religious: Jurnal Agama dan Lintas Budaya 1, 2 (Maret 2017): 123-134

https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3834/ Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet SIARAN PERS NO. 17/PIH/KOMINFO/2/2014 18-2-2014, diakses tanggal 23 Februari 2018.

Husni Thamrin. (2007). Phenomenon, Culture, Social-Religion, and Education. Pekanbaru: LPPM UIN Suska Riau

Ibn Zakariya, Abu Hasan Ahmad bin Faris. 1999. Mu`jam Maqayis al-Lughah. Bairut: Dar al-Jayl

Kaplan, Andreas M.; Michael Haenlein 2010. Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons.

Kementerian Kesehatan RI. 2014. Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kertopati, Susaningtyas. (28 Desember, 2015). Publik Perlu Kekebalan Sosial Agar Tidak Mudah Terpengaruh Propaganda Terorisme. Rakyat Merdeka.

Khairuni, N. Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kelas VIII Banda Aceh). Jurnal Edukasi Jurnal Bimbingan Konseling. (2016).2:91–106.

Leni Winarni, Media Massa dan Isu Radikalisme Islam, dalam Jurnal Komunikasi Massa Vol. 7 No. 2, Juli 2014:164-165 .

Lopez Fernandez, O., Honrubia-Serrano,L., Freixa-Blanxart, M., & Gibson, W. (2013). Prevelence of Problematic Mobile Phone Use in British Adolesence. Cyberpsychol Behav Social Netw, 17:91-98

Miller, Daniel, et al. 2017. How the World Changed Social Media. UCL Press. Source: https://www.jstor.org/stable/j.ctt1g69z35.8

Mulyana, S., dan Afriani. (2017). Huubngan antara self esteem dengan smartphone addiction pada remaja SMA di Kota Banda Aceh. Jurnal Pskogenesis, Volume 5, No.2

Nafi’ Muthohirin. 2015. Radikalisme Islam dan Pergerakannya di Media Sosial, Jurnal Afkaruna, Faculty of Islamic Studies, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Vol 11, No: Juli - Desember 2015:240-259

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi [Online] 2.

Nurdiyanah,Rika Dwi Ayu Parmitasari,Irvan Muliyadi, Serliah Nur, Nadyah Haruna. 2016. Panduan pelatihan dasar asset based community-driven development (abcd). Makasar: Nur Khairunnisa.

Octavia Devalucia Dwi Anggraeny. 2017. Pernikahan Generasi Millinnial. Jakarta: Gramedia.

Pasquale C.D., Sciacca,F., & Hichy,Z.(2015). Smartphone addiction and dissociative experience: an investigation in Italian adolescents ages bewteen 14 and 19 year. International Journal of Psychology & Behavior Analysis, 1(2), 1-4

Riyadi, Hendar. 2016. Koeksistensi damai dalam masyarakat muslim modernis”, Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, no. 1: 18, doi:10.15575/jw.v39i1.575

Sativa, R. L(2017). How long is the ideal time of using Gadget? https://inet.detik.com/cyberlife/d-3398914/berapa-lama-waktu-ideal-gunakangadget. detik.com

Subu, M. A., Rahmawati, P., Waluyo, I., & Agustino, R. (2019). Addiction of Internet Gaming and Status Body Mass Index 9BMI) on Teenagers at Junior High School in 2018. Journal of Science and Health Technology, 6(2), 167-174.

Sulidar Fitri. (2017). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 1, 2: 118-123.

Sunarto, Andang.2017. Dampak Media Sosial Terhadap Paham Radikalisme. Nuansa Vol. X, No. 2

Young, K. S. (2004). Internet Addiction: A New Clinical Phenomenon and Its Consequences. American Behavioural Scientist, 48(4), 402-415. https://doi.org/10.1177/0002764204270278




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v17i1.10897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.