Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Stres Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19

Funsu Andiarna, Estri Kusumawati

Abstract


Pandemi covid-19 terjadi hampir diseluruh dunia menyebabkan kegiatan yang melibatkan banyak orang harus dihindari, salah satunya adalah kegiatan belajar mengajar. Di Indonesia sejak bulan Maret, proses pembelajaran di perguruan tinggi telah berubah menjadi pembelajaran daring/jarak jauh. Hal tersebut untuk mencegah penyebaran covid-19. Pembelajaran daring yang dilakukan mahasiswa menimbulkan beberapa kendala antara lain sinyal yang jelek, tugas yang banyak, kurang fokus, kesulitan tidur sehingga hal tersebut menyebabkan stress pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi covid-19. Jenis penelitian ini observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada April 2020 dengan responden mahasiswa strata satu di pulau jawa dengan jumlah 285 reponden. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan dalam bentuk google form tentang informasi pembelajaran daring dan stress akademik. Analisis data yang digunakan  uji analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring mempengaruhi stress akademik selama pandemi covid-19. Pembelajaran daring perlu didukung dengan sarana dan prasarana, kesiapan dan keterampilan dosen sehingga stres akademik pada mahasiswa dapat dihindari. 


References


Andiarna, F., Widayanti, L. P., Hidayati, I., & Agustina, E. (2020). Analisis Penggunaan Media Sosial Terhadap Kejadian Insomnia Pada Mahasiswa. Profesi (Profesional Islam) : Media Publikasi Penelitian, 17(2), 37–42.

Angraini, D. V. (2018). Faktor Penyebab Stres Akademik pada Siswa (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas 4 dan 5 SD Bentara Wacana Muntilan). Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.

Barokah, D. R. (2019). Kominfo: 83% Pengguna Internet adalah Pengguna Whatsapp. Kementerian Komunikasi Dan Informatika.

Cao, W., Fang, Z., Hou, G., Han, M., Xu, X., Dong, J., & Zheng, J. (2020). The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Research, 287, 112934. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2020.112934

Dabbagh, N. (2007). The Online Learner: Characteristics and Pedagogical Implications. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 7(3), 217–226.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Fitriah, M. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Liputan6.Com. Retrieved from https://www.liputan6.com/citizen6/read/4248063/opini-transformasi-media-pembelajaran-pada-masa-pandemi-covid-19

Gadzella, B. M., & Masten, W. G. (2005). AN ANALYSIS OF THE CATEGORIES IN THE STUDENT-LIFE STRESS INVENTORY. American Journal of Psychological Research, 1(1), 1–10.

Gugus Tugas Covid 19. (2020). Gugus Tugas Covid 19. Jakarta.

Gunadha, R., & Rahmayunita, H. (2020). Kuliah Online saat Corona Picu Ketimpangan Akses Bagi Mahasiswa Miskin. Retrieved from https://www.suara.com/news/2020/04/16/130712/kuliah-online-saat-corona-picu-ketimpangan-akses-bagi-mahasiswa-miskin

Hafifah, N., Widiani, E., & Rahayu, W. (2017). Perbedaan Stres Akademik pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Berdasarkan Jenis Kelamin di Fakultas Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Jurnal Nursing News, 2.

Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar daring Mahasiswa pada Pandemi Covid-19 (Karya Tulis Ilmiah). UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

Kai-Wen, C. (2010). A study of stress sources among college students in Taiwan. J Acad Business Ethics, 2.

Kompas. (2020, April 10). Hambatan dan Solusi Belajar dari Rumah. Kompas. Retrieved from https://muda.kompas.id/baca/2020/04/10/hambatan-dan-solusi-saat-belajar-daring-dari-rumah/

Kountul, Y. P. D., Kolibu, F. K., & Korompis, G. E. C. (2018). Hubungan Jenis Kelamin dan Pengaruh Teman Sebaya dengan Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal KESMAS, 7(5).

Kumar, V., & Nanda, P. (2019). Social Media in Higher Education: A Framework for Continuous Engagement. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 15(1). Retrieved from www.igi-global.com/article/social-media-in-higher-education/217471

Kusnayat, A., Muis, Moh. H., Sumarni, N., Mansyur, A. S., & Zaqiah, Q. Y. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online di Era Covid-19 dan Dampaknya terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2).

Marmi. (2014). Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maryama, H. (2015). Pengaruh Character Strengths dan Gender terhadap Stres Akademik Mahasiswa UIN Jakarta yang Kuliah Sambil Bekerja (Skripsi). UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? The Internet and Higher Education, 14(2), 129–135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Nizam. (2020, Mei). Optimalisasi Pembelajaran Daring untuk merdeka belajar. Presented at the Webinar, Padang, Sumatra barat.

Ph, L., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). “Tugas Pembelajaran” penyebab Stress Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. 3(2), 6.

Potter, & Perry. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses, dan Praktik (4th ed., Vol. 1). Jakarta: EGC.

Sarita, & Sonia. (2015). Academic Stress among Students: Role and Responsibilities of Parents. International Journal of Applied Research, 1(10), 385–388.

Taylor, S. E. (2003). Health Psychology. New York: Mc Graw-Hill.Inc.

Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19 periode April-Mei 2020. TERAPUTIK Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), 8.

Wang, C., & Zhao, H. (2020). The Impact of COVID-19 on Anxiety in Chinese University Students. Frontiers in Psychology, 11, 1168. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.01168

Watnaya, A. kusnayat, Muiz, M. hifzul, Nani Sumarni, Mansyur, A. salim, & Zaqiah, Q. yulianti. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online di Era Covid-19 dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1987

WHO. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) pandemic.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


REDAKSI : JURNAL PSIKOLOGI

Jl. H.R. Soebrantas Km. 15.5 No. 155 Gedung Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau Kel. Tuahmadani Kec. Tampan Pekanbaru - Riau 28293. 

E-mail : jurnal.psikologi@uin-suska.ac.id / Website : http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/psikologi

 

 

Lisensi Creative Commons


Jurnal Psikologi oleh Fakultas Psikologi disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.