PARADIGMA JALAN TENGAH: Reaktualisasi Nilai Moderasi Beragama dalam Bingkai Kebangsaan

Muhammad Soim, Duski Samad, Andri Ashadi

Abstract


Penelitian ini membahas moderasi beragama sebagai kerangka etika sosial dan fondasi kebangsaan dalam konteks masyarakat Indonesia yang plural. Melalui pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka, penelitian ini menganalisis relevansi moderasi beragama dengan teori pluralisme, integrasi sosial, nasionalisme inklusif, serta ekologi moral. Hasil kajian menunjukkan bahwa moderasi beragama tidak hanya memahami keberagamaan sebagai posisi tengah secara teologis, tetapi sebagai orientasi moral yang menuntun praktik sosial dalam mengelola perbedaan. Moderasi berperan menghubungkan identitas keagamaan dengan identitas kebangsaan, sehingga agama dapat berkontribusi secara konstruktif dalam ruang publik tanpa memaksakan klaim kebenaran yang eksklusif. Kajian ini menegaskan bahwa moderasi beragama merupakan syarat penting bagi stabilitas sosial dan integrasi bangsa, serta menjadi modal moral bagi pembangunan masyarakat Indonesia yang damai, inklusif, dan berkeadaban.

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. Z. (2021). Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Permendikbud No. 37 Tahun 2018. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(5). https://doi.org/10.47387/jira.v2i5.135

Agung, D. A. G. (2017). Keragaman Keberagaman (Sebuah Kodrati Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Berdasarkan Pancasila). Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 11(2), 151–159. https://doi.org/10.17977/um020v11i22017p151

Arbi, Herlina, & Hanafi, I. (2022). Membangun Dari Dalam; Penguatan Moderasi Beragama melaluiPendekatan Living Values Education (LVE) Bagi Mahasiswa Ma’hadAl-Jami’ah UIN Suska Riau. The 4th International Conference on University-Community Engagement (ICON-UCE).

Arif, D. B. (2013). Membingkai Ke-Bhinneka Tunggal Ika-an dalam Perspektif Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Prosiding Seminar Nasional Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dan Implementasi Kurikulum PKn 2013.

Bourdieu, P. (1989). Social Space and Symbolic Power. Sociological Theory, 7(1). https://doi.org/10.2307/202060

Brinkmann, S. (2004). The Topography of Moral Ecology. Theory & Psychology, 14(1). https://doi.org/10.1177/0959354304040198

Brinkmann, S. (2024). The power to promise and forgive: Stabilizers of action and the moral ecology. Theory and Psychology, 34(1). https://doi.org/10.1177/09593543231187653

Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2).

Galtung, J. (2001). After Violence, Reconstruction, Reconciliation, and Resolution: Coping with Visible and Invisible Efects of War and Violence. Reconciliation, Justice, and Coexistence: Theory and Practice.

Galtung, J. (2018). Violence, peace and peace research. Organicom, 15(28). https://doi.org/10.11606/issn.2238-2593.organicom.2018.150546

Glaeser, B., & Teherani-Krönner, P. (2020). Human ecology, cultural ecology, ethnoecology. Natur Und Landschaft, 95(9–10). https://doi.org/10.17433/9.2020.50153837.407-417

Hanafi, Y., Anam, F. K., Sultoni, A., Thoriquttyas, T., Saefi, M., Diyana, T. N., & Ikhsan, M. A. (2022). Integrasi sekolah berbasis peace culture education: program, refleksi, dan implikasi. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(1). https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i1.13127

Helmy, M. I., Kubro, A. D. J., & Ali, M. (2021). The Understanding of Islamic Moderation (wasaṭiyyah al-Islam) and the Hadiths on Inter-religious relations in the Javanese Pesantrens. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(2). https://doi.org/10.18326/ijims.v11i2.377-401

Herman. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Moderasi Beragama. Islam Universila, 2(2).

Hertzke, A. D. (1998). The theory of moral ecology. Review of Politics, 60(4). https://doi.org/10.1017/S003467050005083X

Husna, A., & Febriyanti, F. (2017). Sikap Keagamaan Moderat Nahdlatul Ulama (NU) dan Komitmennya dalam Mempertahankan Empat Pilar Kebangsaan. Seminar Nasional PKn UNNES, 1(1).

Ichwan, M. N., Burhani, A. N., Mujiburrahman, Wildan, M., & Bruinessen, M. Van. (2014). CONSERVATIVE TURN Islam Indonesia Dalam Ancaman Fundamentalisme.

Ikhsanudin, M. (2014). Pendekatan Fenomenologi untuk Riset Sosial, Budaya dan Agama. An-Nur, 6(1).

Jumadi, A. G. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan (Aik) Di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong. Jurnal PAIDA Vol. 1 No. 1 Februari 2022, 1(1).

Junaedi, E. (2019). Inilah Moderasi Beragama Perspektif Kemenag. Harmoni, 18(2). https://doi.org/10.32488/harmoni.v18i2.414

Junaedi, J., Dikrurohman, D., & Abdullah, A. (2023). Pergumulan Pemikiran Ideologi Negara Antara Islam dan Pancasila dalam NKRI. Edunity Kajian Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.57096/edunity.v2i2.66

Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Litbang Kemenag RI.

Light, D. W., Berger, P. L., & Luckmann, T. (1967). The Social Construction of Reality: A Treatise in the Sociology of Knowledge. Sociological Analysis, 28(1). https://doi.org/10.2307/3710424

Minarni, A., & Hasanuddin. (2021). Peran Guru Agama Islam dalam Menanamkan Moderasi Beragama. Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Mubarok, H., Jamil, M., Syahputera, A., & Usmani, A. A. (2023). The Law of Circumcision for Women According to The Syafi’i Mazhab, Maqosidus Sharia, and Constitution. JURNAL ILMIAH MIZANI: Wacana Hukum, Ekonomi, Dan Keagamaan, 10(1). https://doi.org/10.29300/mzn.v10i1.10088

Naamy, N., & Hariyanto, I. (2021). Moderasi Beragama Di Ruang Publik Dalam Bayang-Bayang Radikalisme. Sophist : Jurnal Sosial Politik Kajian Islam Dan Tafsir, 3(2). https://doi.org/10.20414/sophist.v3i2.51

Ng, I. Y. C. (2022). State approaches towards managing ethnic diversity in Myanmar and Malaysia: British legacies, postcolonial nationalism and contemporary issues. Asian Ethnicity, 23(1). https://doi.org/10.1080/14631369.2020.1739511

Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 18(1). https://doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525

PPIM UIN Jakarta. (2021). Potret Moderai Beragam di Kalangan Mahasiswa Muslim: Kasus Tiga Kampus Islam(Jakarta, Bandung, Yogyakarta). Pusat Pengkajian Islam Dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarra.

Rosyid, A. (2022). Moderasi Beragama di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan: Suatu Kajian Atas Alterasi Kebijakan Pendirian Rumah Moderasi Beragama. Tarbawi, 5(2).

Ruswana, E. (2022). Hidup Harmoni Dalam Keragaman Keyakinan Agama : Perspektif Penghayat Kepercayaan. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 24(3).

Samsuri, & Marzuki. (2016). Character building for multicultural citizenship within the curricular programs in madrasah aliyah, Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendidikan.

Susilo, A. M. P. (2017). Paradigma Metode Penelitian Kualitatif. UNY Press.

Taufik Ismail, Muhammad Umar, Ahyarudin, & Zulfi Mubaraq. (2023). Pendekatan Antropologi dalam Studi Islam. Qolamuna : Jurnal Studi Islam, 8(2). https://doi.org/10.55120/qolamuna.v8i2.729

Taufiq, F., & Alkholid, A. M. (2021). Peran Kementerian Agama dalam mempromosikan moderasi beragama di era digital. Jurnal Ilmu Dakwah, 41(2). https://doi.org/10.21580/jid.v41.2.9364

Taylor, C. (1994). Multiculturalism: Examining the Politics of Recognition. In Multiculturalism: Examining the Politics of Recognition.

Yusuf, I. (2017). Managing Religious and Ethnic Diversity for Peace And Harmony: Islam and Buddhism in The Malay World of South East Asia. Journal of Malay Islamic Studies, 1(2). https://doi.org/10.19109/jmis.v1i2.3835

Zikri, A. (2020). Indonesia Zamrud Keragaman; Upaya Penegelolaan Keragaman. TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, 12(1). https://doi.org/10.24014/trs.v12i1.10630




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/nusantara.v21i2.38648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  Nusantara; Journal for Southeast Asian Islamic Studies Indexed By:

   JMPID TELAH TERAKREDITASI SINTA 5 | Jurnal Manajemen Pendidikan Islam  Darussalam (JMPID)

Mailing Address:

Nusantara Journal for Southeast Asian Islamic Studies is published by Institute for Southeast Asian Islamic Studies (ISAIS) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Gedung Islamic Center Lt. I Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004.