ADDITIONAL MENU
PENDIDIKAN AFEKTIF DALAM ADAT MELAYU RIAU: Struktur, Nilai, dan Pembentukan Identitas
Abstract
Penelitian ini menganalisis pendidikan afektif dalam adat Melayu Riau dengan menelaah struktur, nilai, dan perannya dalam pembentukan identitas generasi muda. Menggunakan pendekatan kualitatif-interpretatif melalui studi literatur, observasi, dan wawancara terbatas, penelitian menemukan bahwa adat Melayu mengintegrasikan dimensi emosional ke dalam praktik sosial melalui mekanisme yang menyerupai community-based social emotional learning. Nilai seperti budi, malu, tahu diri, marwah, dan hormat terhadap orang tua diwujudkan melalui ritual, simbol, bahasa budaya, serta relasi antarkeluarga. Temuan menunjukkan bahwa pendidikan afektif ini bersifat dinamis: ia tetap bertahan melalui proses survivance yang memungkinkan negosiasi nilai di tengah perubahan sosial dan teknologi. Dengan demikian, adat Melayu Riau berfungsi sebagai kurikulum afektif yang relevan untuk memperkuat identitas, sensitivitas emosional, dan etika relasional dalam kehidupan masyarakat kontemporer.
Full Text:
PDFReferences
Abdillah, N. (2019). Grand Design Pendidikan Karakter Menuju Kecerdasan Emosional Spiritual. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 12(1). https://doi.org/10.37812/fikroh.v12i1.39
Darmadji, A. (2011). Urgensi Ranah Afektif Dalam Evaluasi Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi. Unisia, 33(74). https://doi.org/10.20885/unisia.vol33.iss74.art7
Dobia, B., & Roffey, S. (2017). Respect for culture-social and emotional learning with aboriginal and torres strait islander youth. In Social and Emotional Learning in Australia and the Asia-Pacific: Perspectives, Programs and Approaches. https://doi.org/10.1007/978-981-10-3394-0_17
Efendy, T. (2004). Tunjuk Ajar Melayu Riau. ADICITA KARYA NUSA.
Fuadi, N. (2018). Urgensi ranah afektif dalam pendidikan. ITQAN, 9(1).
Geertz, H. (1974). The Vocabulary of Emotion: A Study of Javanese Socialization Processes. In Culture and Personality - Contemporary Readings.
Goleman, D. (1995). Daniel Goleman’s five components of emotional intelligence. In 2009.
Goleman, D. (1996). Kecerdasan Emosional. Gramedia Pustaka Utama.
Hafid Arofat, Moch., & Siti Kussuji Indrastuti, N. (2022). Pantun dan Mantra dalam Upacara Menumbai di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau: Kajian Komposisi, Transmisi, dan Fungsi. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.58344/jmi.v1i3.97
Hajar, I., Indriyanto, K., & Syahfitri, D. (2024). Representasi Nilai Kearifan Lokal pada Pantun Melayu Deli dan Pelestariannya Melalui Telangkai. GERAM, 12(2), 115–125. https://doi.org/10.25299/geram.2024.21286
Hall, S. (2021). Cultural identity and diaspora. In Contemporary Postcolonial Theory: A Reader. https://doi.org/10.4324/9781003135593-8
Made Saihu. (2019). “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (Studi Di Jembrana Bali). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).
Malik, A. (2019). Karya Raja Ali Haji sebagai sumber pendidikan karakter. Prosiding Seminar Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1).
Mulyadi. (2019). TUNJUK AJAR MELAYU; Warisan Nilai Pada Bait-Bait Syair Gurindam Dua Belas Raja Ali Haji. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 8(2). https://doi.org/10.24014/jiik.v8i2.6139
Natuna, U. (2013). Restorasi Tamadun Melayu: Suatu Upaya Membangun Karakter dan Kenunggulan PTAIS. Jurnal Madania, 3(1).
Noddings, N. (2012). The language of care ethics. Knowledge Quest, 40(4).
Rai, I. G. A., & Mahadian, A. B. (2017). Representasi Ahok Dalam Kasus Penistaan Agama Pada Surat Kabar Berdasarkan Analisis Semiotika Roland Barthes. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1).
Rizni Ramadhani, Lady Shania Wulandari, & Hawa Ihsani. (2024). Pendidikan Hati Bagi Anak. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(4), 219–224. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i4.1972
Rubilar, Y., Cachón, J., & Castro, M. (2023). Impacto de un programa de aprendizaje socioemocional en la autoestima de los escolares pertenecientes a comunidades educativas interculturales Mapuches en la región de la Araucanía-Chile. Revista Ibero-Americana de Estudos Em Educação, e023013. https://doi.org/10.21723/riaee.v18i00.17689
Safiqo, T. (2020). Pendidikan Afektif Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 27(2). https://doi.org/10.52166/tasyri.v27i2.99
Sahar, S. (2019). Kebudayaan Simbolik Etnografi Religi Victor Turner. Sosioreligius, 2(4).
Salhe Ntasia Sitorus, Putri Cahyati, Dwi Rosalinda, Lola Novia Ayuni, Refazatun Nafisa, Chelia Bestari Manik, Ely Kusuma, Aulia Indri Putri Anggraini, & Nadine Alya Putri. (2025). Sosialisasi Kearifan Lokal Budaya Melayu Lewat Pantun dan Kegiatan Mewarnai Rumah Adat Melayu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 4(1), 2159–2165. https://doi.org/10.31004/jerkin.v4i1.1872
Setyami, I. (2021). Pendidikan Karakter dalam Sastra Lisan Betawol. Deiksis, 13(3). https://doi.org/10.30998/deiksis.v13i3.8334
Sun, J., Goforth, A. N., Nichols, L. M., Violante, A., Christopher, K., Howlett, R., Hogenson, D., & Graham, N. (2022). Building a space to dream: Supporting indigenous children’s survivance through community‐engaged social and emotional learning. Child Development, 93(3), 699–716. https://doi.org/10.1111/cdev.13786
Taqiyah, N. A., & Yasri, H. L. (2021). The Effect of Social Studies Learning to the Empathy of Class VIII Students. Proceedings of the International Conference on Engineering, Technology and Social Science (ICONETOS 2020), 529. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210421.076
Vygotsky, L. S. (2019). Interaction between Learning and Development. In Mind in Society. https://doi.org/10.2307/j.ctvjf9vz4.11
Wijayanti, C. M., & Fauzi, F. (2024). Dampak Positif Kurikulum Emosional Pada Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 74–82. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.15629
Wulandari, R. A. (2015). Sastra dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Edukasi Kultura, 2(2).
Yusuf, M., Utama, F., & Rachmad, Y. E. (2025). Revitalizing Positive Behavior through the Dolanan Village Concept: An Alternative for Early Childhood Socio-emotional Development in the Alpha Generation Era. Journal of Childhood Development, 5(1), 22–40. https://doi.org/10.25217/jcd.v5i1.5189
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/nusantara.v21i2.38563
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Nusantara; Journal for Southeast Asian Islamic Studies Indexed By:
Mailing Address:
Nusantara Journal for Southeast Asian Islamic Studies is published by Institute for Southeast Asian Islamic Studies (ISAIS) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Gedung Islamic Center Lt. I Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004.








