JEJAK ISLAM DAN KEKUASAAN DI INDONESIA DALAM KONTEKS POLITIK ASIA TENGGARA

Yan Nurcahya, Rian Ananda Putra, Fitria Eka Dewi Murni, Teddiansyah Nata Negara, Deri Sugiarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan hubungan Islam dan kekuasaan dalam sejarah politik Indonesia melalui pendekatan historis dan teori-teori politik kontemporer. Dengan menggunakan metode penelitian historis yang melalui tahapan heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi, penelitian ini menelusuri transformasi peran Islam dari basis legitimasi kekuasaan kerajaan pra-kolonial, kekuatan resistensi sosial pada masa kolonial, hingga aktor moral dalam negara demokratis modern. Analisis mengintegrasikan perspektif political theology, legitimacy theory, civil religion, public sphere, serta paradigma post-Islamism dan deliberative democracy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan politik Islam di Indonesia bersifat evolutif dan dialogis, bukan revolutif, dan menghasilkan model Islam moderat yang menekankan etika publik dan kemaslahatan umum. Pengalaman Indonesia memperlihatkan sintesis antara Islam, demokrasi, dan pluralisme yang membedakannya dari negara Muslim lain di Asia Tenggara seperti Malaysia dan Brunei. Penelitian ini menegaskan bahwa Islam di Indonesia berperan sebagai kekuatan moral dan civil society, bukan instrumen perebutan kekuasaan formal, dan menawarkan model signifikan bagi dunia Islam global dalam membangun tatanan politik yang adil, inklusif, dan demokratis.

Kata Kunci: Islam; Politik; Kekuasaan; Asia Tenggara; Indonesia; Sejarah


Full Text:

PDF

References


Abdillah, M. (2021). Aktualisasi Islam dan Keindonesiaan Dalam Koteks Ideologi Negara Pancasila. Himmah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 4(1). https://doi.org/10.47313/jkik.v4i1.1100

Akbar, A. (2020). Fazlur Rahman’s Influence on Contemporary Islamic Thought. Muslim World, 110(2). https://doi.org/10.1111/muwo.12334

Al-Fatih, M., Tri Puspita, M., Pratiwi, T., & Tarigan, M. (2023). Peradaban Islam Di Kerajaan Samudera Pasai. Journal of Teaching and Science Education (JOTASE), 1(1).

al-Māwardī, A. al-Ḥasan ‘Ali ibn M. ibn Ḥabīb. (1991). al-Aḥkām al- Sulṭaniyah. Dār al-Ḥadīṡ.

Al Qurtuby, S. (2012). Catholics, Muslims, and Global Politics in Southeast Asia. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 50(2). https://doi.org/10.14421/ajis.2012.502.391-430

Arshad, I. S. M. R. @, Rozali, E. A., & Kamaruzzaman, A. F. (2012). The Importance of Learning Islamic History and Civilization of Malaysia in the Building of Human Capital and Identity of the Muslim Society in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.313

Asad, T. (1981). Ideology, class and the origin of the Islamic state. Economy and Society, 10(4). https://doi.org/10.1080/03085148100000013

Bayat, A. (2005). What is Post-Islamism? ISIM Review, 16(1).

Bayat, A. (2013). Post-Islamism: The Many Faces of Political Islam. In Post-Islamism: The Changing Faces of Political Islam Faces of Political Islam.

Bellah, R. N. (2015). Religion and The Civil Sphere. In Solidarity, Justice, and Incorporation. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780199811908.003.0002

Bellah, R. N. (2024). Can We Imagine a Global Civil Religion? In Confucianism, A Habit of the Heart. https://doi.org/10.1515/9781438460147-012

Brennan, C. (2020). Max Weber on Power and Social Stratification. In Max Weber on Power and Social Stratification. https://doi.org/10.4324/9780429450396

Esposito, J. L. (2000). Political Islam and the West. JFQ.

Faiz, P. M. (2017). Teori Keadilan John Rawls (John Rawls’ Theory of Justice). SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2847573

Faslah, R., & Yanti, N. (2020). KERAJAAN ISLAM : SEJARAH POLITIK ISLAM KLASIK DI INDONESIA. Mau’izhah, 10(2). https://doi.org/10.55936/mauizhah.v10i2.41

Griffioen, S. (2022). The Political Theology of Carl Schmitt. In Contesting Modernity in the German Secularization Debate. https://doi.org/10.1163/9789004504523_004

Habermas, J. (1991). Civil Society and Political LifeThe Structural Transformation of the Public Sphere: An Inquiry into a Category of Bourgeois Society. In Contemporary Sociology (Vol. 19, Issue 2).

Habermas, J. (2019). Struggles for Recognition in the Democratic Constitutional State. In Multiculturalism. https://doi.org/10.1515/9781400821402-008

Hefner, R. W. (2010). Introduction: The culture, politics, and future of Muslim education. In Schooling Islam: The Culture and Politics of Modern Muslim Education.

Hefner, R. W. (2011). Civil Islam: Muslims and democratization in Indonesia. In Civil Islam: Muslims and Democratization in Indonesia. https://doi.org/10.2307/3557788

Herrero, M. (2023). Carl Schmitt’s Political Theology of Revolution. Open Theology, 9(1). https://doi.org/10.1515/opth-2022-0223

Idris, A. R., & Muhammad, S. J. N. (2020). Pengaruh Islam dalam Hikayat Raja-Raja Pasai. Jurnal Pertanika MAHAWANGSA, 7(2).

Khairiyah, N., & Abdillah, A. (2023). Peradaban Islam Nusantara Mewarnai Corak Keislaman di Asia Tenggara. Alhamra Jurnal Studi Islam, 4(2).

Khaldun, I. (1958). The Muqaddimah, An Introduction to History (Vol. 3).

Madjid, N. (1983). Cita-Cita Politik Kita. Aspirasi Umat Islam Di Indonesia. Jakarta: Leppenas.

Madjid, N. (1992). Universalisme Islam dan Kosmopolitanisme Kebudayaan Islam. In Islam, Doktrin dan Peradaban. Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina.

Madjid, N. (1998). Dialog Keterbukaan: Artikulasi Nilai Islam dalam Wacana Sosial Politik Kontemporer. In Jakarta: Paramadina.

Madjid, N. (2008). Islam Doktrin dan Peradaban. Paramadina.

Mas’oed, M. (1991). Politik dan Pemerintahan di Asia Tenggara. Program Pascasarjana UGM.

Mercier, T. C. (2016). Resisting legitimacy: Weber, Derrida, and the fallibility of sovereign power. Global Discourse, 6(3). https://doi.org/10.1080/23269995.2016.1151729

Muhajir, M. (2023). Pemikiran Politik Islam Imam Al-Mawardi dan Relevansinya di Indonesia. Politica: Jurnal Hukum Tata Negara Dan Politik Islam, 10(1). https://doi.org/10.32505/politica.v10i1.6265

Nurdin, N. (2018). Wawasan Kebangsaan, Komitmen Negara, dan Nasionalisme dalam Pandangan Prof. Dr. KH Ali Mustafa Yaqub, MA. Jurnal Bimas Islam, 11(1).

Putra, B. A. (2016). Histiografi Melayu: Islam dalam Sejarah dan Kebudayaan Melayu. Tsaqofah Dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan Dan Sejarah Islam, 1(1). https://doi.org/10.29300/ttjksi.v1i1.866

Rawls, J. (1955). Two Concepts of Rules. The Philosophical Review, 64(1). https://doi.org/10.2307/2182230

Turner, B. S. (2011). The Religious and the Political: A Comparative Sociology of Religion. In The Religious and the Political: A Comparative Sociology of Religion. https://doi.org/10.1017/CBO9780511842900

Wahid, A. (2009). Ilusi Negara Islam: Ekspansi Gerakan Islam Transnasional di Indonesia. Gerakan Bhinneka Tunggal Ika,The Wahid Institute, dan Maarif Institute.

Warid, A. (2009). Fiqih Politik NU: Studi Pergeseran dari Politik Kebangsaan ke Politik Kekuasaan. Jurnal Asy-Syir’ah, 43(I).

Weber, M. (1946). Max Weber: Politics as vocation. Max Weber: Essays in Sociology.

Widyantoro, H. (2019). Global Islamic Liberation Theology in the Local Context of Transgendered Indonesian Muslims. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 19(2). https://doi.org/10.21154/altahrir.v19i2.1677




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/nusantara.v21i2.38496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  Nusantara; Journal for Southeast Asian Islamic Studies Indexed By:

   JMPID TELAH TERAKREDITASI SINTA 5 | Jurnal Manajemen Pendidikan Islam  Darussalam (JMPID)

Mailing Address:

Nusantara Journal for Southeast Asian Islamic Studies is published by Institute for Southeast Asian Islamic Studies (ISAIS) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Gedung Islamic Center Lt. I Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004.