MITONI Tradisi Slametan Kehamilan pada Masyarakat Jawa di Kabupaten Kampar

Mia Ernanda, Hasbullah Hasbullah, Salmaini Yelly, Abd Wahid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan makna tradisi mitoni bagi masyarakat Jawa di Desa Bukit Kemuning Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, pengumpulan data digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data dianalisi dengan metode deskripif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tradisi mitoni yang dilakukan adalah sebagai ucapan syukur atas kehamilan yang sudah mencapai tujuh bulan dan harapan akan keselamatan ibu dan bayi sampai proses kelahiran tiba. Tradisi ini sebenarnya sudah mulai mengalami pergeseran dan pengurangan unsur-unsur tradisi, tetapi tidak meninggalkan inti dari tradisi. Pelaksanakan tradisi mitoni yaitu Pertama, menentukan hari, dalam menentukan hari pada tradisi mitoni sudah tidak lagi berpedoman pada kalender Jawa dan hanya menentukan harinya saja yaitu hari selasa atau hari sabtu. Kedua tahap persiapan seperti meyiapkan peralatan dan bahan dalam pembuatan makanan yang akan disajikan serta perlatan yang dibutuhkan pada pelaksanaan tradisi mitoni, mengundang para tamu, dan memasak. Ketiga adalah tahap pelaksanaan, pada tahap ini pelaksanannya sudah tidak lengkap lagi hanya terdiri dari siraman, membelah kelapa dan kenduri, dan ada juga yang hanya melakukan kenduri saja. Adapun makna yang terdapat pada tradisi mitoni adalah adanya upaya untuk menjadikan sang anak memiliki jiwa dan badan yang kuat.

Full Text:

PDF

References


Cliford Geertz, Abangan Santri Priyayai Dalam Masyarakat Jawa (Jakarta: Pustaka Jaya, 1983)

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), http://kbbi.web.id/tradisi

M. Dimyati Huda, Varian Masyarakat Islam Jawa dalam Perdukunan (Kediri: STAIN Kediri Press, 2011)

Mukti Ali, Alam Pikiran Modern di Indonesia (Yogyakarta: Yayasan Nida, 1969)

Nurul Fadhilah, Nilai-nilai Pendidikan Sosial Dalam Tradisi Sedekah Kematian di Dusun Pekodokan Desa Wlahar Kecamatan Wangon Banyumas (IAIN Purwokerto, 2016)

Piotr Sztompka, Sosiologi Perubahan Sosial (Jakarta: Prenada Media, 2007)

Simuh, Islam dan Pergumulan Budaya Jawa (Bandung:Teraju, 2003)

Suwardi Endraswara, Budi Pekerti Jawa dalam Budaya Jawa (Yogyakarta: Hanindita Graha Widya, 2003)

UU. Hamidy, Nilai-Nilai Suatu Kajian Awal (Pekanbaru: UI Press 1993)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/nusantara.v18i1.18475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  Nusantara; Journal for Southeast Asian Islamic Studies Indexed By:

   

Mailing Address:

Nusantara Journal for Southeast Asian Islamic Studies is published by Institute for Southeast Asian Islamic Studies (ISAIS) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Gedung Islamic Center Lt. I Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004.