TRADISI MABBACA-BACA PABBILANG PENNI Studi pada Masyarakat Suku Bugis Di Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir

Nur Kamalia

Abstract


Tradisi mabbaca-baca pabbilang penni merupakan tradisi membaca doa dalam peringatan arwah (orang yang sudah meninggal) yang dipimpin oleh seorang pabbaca (pendoa). Tulisan ini, merupakan hasil penelitian (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: mabbaca-baca pabbilang penni merupakan suatu usaha untuk memohon doa keselamatan dan mendoakan orang yang telah meninggal. Dupa atau kemenyan, kue-kue dan lauk pauk adalah simbol yang digunakan dalam tradisi mabbaca-baca pabbilang penni yang memiliki makna tersendiri. Hal ini didasarkan pada karakteristik dari simbol baik dari rasa maupun bentuknya. Adapun faktor yang menyebabkan masyarakat melaksanakan tradisi mabbaca-baca pabbilang penni, yaitu: faktor adat, faktor sosial dan faktor keyakinan yang didasrkan pada pengalaman masyarakat. Sedangkan nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi mabbaca-baca pabbilang penni yaitu nilai religius (agama), nilai sosial dan nilai moral

Full Text:

PDF

References


Rafael Raga Maran, Manusia dan Kebudayaan Dalam Perspektif Ilmu Budaya Dasar, Cet. I. Jakarta: PT. Rineka Cipta,2000.

Ayat al-Qur’an Dengan Terjemahan Dalam Skripsi ini di Kutip Dari Al-Qur’an Word Versi 2010

Albi Anggito Dan Johan Setiawan, Metode Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV.Jejak, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:ALFABETA,Cv. 2019.

Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Sosial Dan Ekonomi: Format-Format Kuantitatif Dan Kualitatif Untuk Studi Sosiologi, Kebijakan, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran Cet.1. Jakarta:Kencana Prenada Media Grup. 2013.

Bachtiar S. Bachri, “Meyakinkan Validitas Data Melalui Trianggulasi Pada Penelitian Kualitatif”, Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.10 No.1, April 2010

Muslimin, Perilaku Antropologi Sosial Budaya dan Kesehatan. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2019.

Moh.Suhardi, Pengantar Pendidikan. Jakarta Barat: PT. Indeks. 2012.

Dian Ibung, Mengembangkan Nilai Moral Pada Anak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/nusantara.v16i2.13636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  Nusantara; Journal for Southeast Asian Islamic Studies Indexed By:

   

Mailing Address:

Nusantara Journal for Southeast Asian Islamic Studies is published by Institute for Southeast Asian Islamic Studies (ISAIS) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Gedung Islamic Center Lt. I Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004.