Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Aqidah Akhlak

Nur’aini Nur’aini

Abstract


Pendidikan dalam kehidupan manusia, memupunyai peranan yang sangat penting yang dapat membantu kepribadian seseorang melalui pembelajaran, Islam menempatkan pendidikan pada kedudukan yang tinggi, karena pendidikan agama Islam pada dasarnya membina akidah akhlak sebagai suatu keyakinan yang tumbuh dan berakar dalam hati, bukan pada lisan atau pikiran sesorang, akan tetapi sebagai pondasi bagi seseorang untuk berpikir dan bertingkah laku, dengan tujuan mengantarkan dan membentuk manusia seutuhnya yang beriman dan bertakwa serta berakhlah muliah, sehingga menjadi manusia cerdas, terampai, berbudi luhur, bertangung jawab terhadap diri sendiri dan masyarakat,  guna tercapai kebahagiaan dunia dan akhirat

 


Keywords


Pemuda hijrah, Kesalehan, Gaya hidup

Full Text:

PDF

References


Agung Suprijono, Comeraive Learning tweri dan Alikas aikem Yogjakarta: ustaka Pelajar, 2011

Ahmad Jayadi & Abdul Majid, Tadzikirah Pembelajaran endidikan Agama Islam (PT. Raja Grajindo Persada, 2005

Ahmad Sabri, Strategi Belajar Mengajar Ciputat: Pres, Cet.II, 2007

Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam (Banding: PT. Remaja Rosdakarya, 2003

Depertemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Indonesia Pusat Bahasa Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008

Enang Hidayat, Pendidikan Agama IslamIntegrasi Nilai-Nilai Aqidah Alkhkan Bandung: PT. Ramaja Rodaksrys 2018

Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat Jakarta: Pranemedia Group, 2014

Hasan Basri, Ilmu Pendidikan Agama Islam Bandung: Pustaka Setia, 2010

Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat Jakarta: Pranemedia Group, 2014

Muhibbin, Psikologi Pendidikan (Bandung: PT. Rosda Karya, 2010

Mahmud, Metode penelitian pendidik an,(Bandung: pustaka setia, 2011

Muhammad Nasib Ar-Rifai, Kemudahan darib Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 4 Jakarta: Gema Insani, 2006

Nanang Syaodih Sukmadinata, Pengembagan kurikulum teori dan pelaksnaan Bandung: Remaja Reedakarya, 2002

Peraturan Pemerintah RI No 19 Tahun 2009, Tentang Standar Nasional Pendidikan Jakarta: Bp. Cipta Jaya, 2005

Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam (Jakarta: Kalam Mulia, Cet. III, 2001

Samsul Munir Amin, Ilmu Akhlak Jakarta: Bumi Akrasa, 2016

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan Islam, aplikasi, Strategi, dan Aplikasih Yogyakarta : Teras 2009

Saifuddin Azwar, Metode Penelitian,(Yogyakarta: PustakaPelajar, 2009

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, (Bandung: Alfabeta, 2007

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1996

W.S Winkel, Psikologi Pengajaran Jakarta Grasindo, 1996

Wina Sanjaya, Stategi embelajaran Berorintasi Standar Pendidikan Jakarta: Kencana renada Media Group, 2014

Wina Sanjaya , Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2008

Yazid Bin Abdul Qarir Jawas, Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah Bandung: Pustaka At-Taqwa, 2004

Zekiah Derajat, Metode Khussus Pengajaran Agama Islam Jakarta: Bumi Aksara, 2004




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v9i1.8370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman
Kopertais Wilayah XII Riau - Kepri
email: madania@uin-suska.ac.id
 
 

Web Analytics

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.