ORIENTASI HUMANISME PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Dehumanisasi pendidikan saat ini, mengarah pada kekerasan dan degradasi moral. Anak didik tidak diajari memecahkan problem yang dihadapi dalam kehidupan masyarakat, namun meraka hanya dikenakan soal-soal teks untuk menghadapi ujian nasional. Hal inilah yang menyebabkan anak-anak tidak pandai menyikapi perbedaan, tidak pandai menyikapi persamaan, sehingga seringnya terjadi konflik ditengah masyarakat. Oleh karena itu, penciptaan iklim humanis dalam pendidikan mutlak dilakukan, dan harus melibatkan semua komponen pendidikan, mulai dari sistem, para birokrasi pendidikan, guru, kurikulum hingga peran masyarakat. semoga wajah pendidikan di Indonesia lebih humanis, merata, memperhatikan hak-hak peserta didik, mengarahkan potensi peserta didik dengan kesiapan menghadapi tantangan masa depan.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v2i1.4693
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman
Kopertais Wilayah XII Riau - Kepri
email: madania@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.