Konstruksi Etis Gaya Berpakaian Pada Selebgram Perempuan Berhijab Dimedia Instagram Dalam Perspektif islam

Rizqi Ramadhani Siregar, Nashrillah Nashrillah

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan supaya mengetahui arah selebgram wanita berhijab menunjukkan style berpakaian nya serta bagaimana selebgram berhijab mengkonstruksikan Kerutinan nya dalam menunjukkan style berpakaian nya. Metode riset yang digunakan merupakan kualitatif jenis pendekatan studi kasus. Kulitatif digunakan untutk penelitian yang berusaha menggali serta menemukan pengalaman hidup manusia terhadap diri dan hidupnya guna merinci dan menjelaskan fenomena perihal yang menyimpang pada selebgram wanita berhijab dengan sedalam-dalamnya. Metode pengumpulan data bentuk observasi, wawancara in depth dan dokumentasi. Penentuan informan dan subjek secara purposive, diperoleh 5 informan sesuai dengan kriteria informan. Hasil riset menampilkan kalau Konstruksi Etis Gaya Berpakaian Selebgram Perempuan Berhijab di Media Instagram Dalam Perspektif Islam belum seluruhnya mengikuti etika ajaran agama islam. Selebgram beranggapan dengan mengenakan jilbab yang tidak mengikuti trendy, modis, dan fashionable merupakan orang yang terbelakang serta menilai itu tidak bisa merubah style mereka, sehingga mereka memilih mengenakan pakaian yang mengikuti trend masa saat ini dari pada mengikuti etika yang diajarkan agama islam. Perihal ini di karenakan pengaruh lingkungan serta berkembangnya teknologi menjadikan selebgram berhijab mencoba hal- hal baru serta membiasakan dunia yang ada di sekitarnya. Berlandaskan riset gaya berpakaian selebgram berhijab masih belum mengikuti syariat islam namun mereka ingin memperbaiki diri dengan mencoba mengikuti gaya berpakaian sesuai ketentuan agama islam

Full Text:

PDF

References


Abdurahman, A. I., & Aulia, R. (2020). Fenomena Mikro-Selebriti Di Media Sosial (Studi Etnografi Virtual Video Viral Akun @Helenjunet Tanggal 22 Maret 2019 Pada Pengguna Instagram). DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.33592/dk.v7i1.578

Anbiya, L. (2021). Konstruksi Identitas Komunitas Hijabers Kelas Menengah Solo dalam Media Sosial Instagram.

AS. (2015). Asbabun Nuzul (Sebab Turunnya Ayat-Ayat Al Qur’an) : Surat An-Nuur Ayat 31. Syahida.Com. https://www.syahida.com/2015/02/20/2043/asbabun-nuzul-sebab-turunnya-ayat-ayat-al-quran-surat-an-nuur-ayat-31/#axzz8cqeYmcOl

Ayu, A. N. (2019). Penampilan Sebagai Komunikasi Non- Verbal Perempuan Dalam Dunia Pekerjaan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 28.

Az Zahra, F. (2018). Fenomena Hijab Modis dan Hijab Syar’i (Studi Fenomenologi di Kalangan Mahasiswi Universitas Muslim Indonesia Makassar). Repositori, 145. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/12360

Bungin, B. (2008). Konstruksi Sosial Media Massa (Pertama). Prenadamedia Group.

Damayanti, M. L. (2023). KONSTRUKSI ETIS “TUBUH BERGOYANG” PADA TIKTOKERS BERHIJAB GENERASI MILLENIAL DI KABUPATEN GRESIK. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://digilib.uinkhas.ac.id/27525/

Darti Busni, Betria Zarpina Yanti, & Witro, D. (2021). THE STYLE OF USING VEIL IN THE AGE OF GLOBALIZATION: Overview of Concepts and Practices. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 8(2), 161–178. https://doi.org/10.19105/islamuna.v8i2.4753

Hadiwijaya, A. S. (2023). Sintesa Teori Konstruksi Sosial Realitas Dan Konstruksi Sosial Media Massa. DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 11(1), 75–89. https://doi.org/10.33592/dk.v11i1.3498

Hayah, N. F. Z., & Halwati, U. (2023). Potret Dakwah Rasulullah Potret Dakwah Rasulullah (Dakwah Bil Hal, Bil Lisan dan Bil Qolam). Al-Hikmah Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2(2), 69–77. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alhikmah

Indin, R. (2021). Surat Al Ahzab Ayat 59: Perintah Menutup Aurat bagi Wanita. Detiknews. https://news.detik.com/berita/d-5716649/surat-al-ahzab-ayat-59-perintah-menutup-aurat-bagi-wanita

Kustanto, M. (2018). Konstruksi Sosial Tentang Perencanaan Pembangunan Pada Kalangan Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(2), 126–135. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISH/article/view/14590

Kustanto, M. (2019). Konstruksi Sosial Tentang Pendidikan Pada Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan Di Kabupaten Sidoarjo Social Construction of Education Among the Family Hope Program Beneficiary Family in Sidoarjo Regency. Sosia Konsepsia, 8(Vol. 8. No. 03: Jurnal Sosial Konsepsia), 267–286. file:///D:/SOSIOLOGI UNESA 20202021/smtr 1/Pengantar Metode Penelitian sosiologi/jurnal pmps/1675-6433-1-PB.pdf

Mahmud, R., & Rahmah, A. S. (2023). Relevansi Berhijab Terhadap Pembentukan Perilaku Muslimah. Studia Quranika, 7(2), 257–284. https://doi.org/10.21111/studiquran.v7i2.9670

Muttaqin, A. (2020). Women’s identity in the digital islam age: Social media, new religious authority, and gender bias. Qudus International Journal of Islamic Studies, 8(2), 353–388. https://doi.org/10.21043/qijis.v8i2.7095

Nursalam, N., & Arifin, J. (2017). Konstruksi Sosial Media Komunikasi Instagram Terhadap Pola Pikir Perilaku Mahasiswa Pendidikan Sosiologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(2), 233–242. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.505

Radhiya, B., & Abdullah Hakam Shah. (2014). Motivasi Berjilbab Mahasiswi Universitas Al Azhar Indonesia (UAI). Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 3, 164–176.

Riani, A. (2023). Modest Fashion Indonesia Bertengger di Peringkat ke-3 Laporan SGIE 2023/2024. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5492179/modest-fashion-indonesia-bertengger-di-peringkat-ke-3-laporan-sgie-20232024

Toyyib, M. (2018). KAJIAN TAFSIR AL-QUR’AN SURAH AL-AHZAB AYAT 59 (Studi Komparatif Tafsir Al Misbah dan Tafsir – Tafsir Terdahulu. 59.

Veranita, M., Susilowati, R., & Yusuf, R. (2021). Pemanfaatan Platform Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Akun @kolakcampurkolaku). Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 17(3), 279–290. https://doi.org/10.31940/jbk.v17i3.279-290

Wijayanti, R. (2017). Jilbab Sebagai Etika Busana Muslimah dalam Perspektif Al-Qur’an. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 12(2), 151–170. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v12i2.1842

Yuliansyah, Y., & Supriadi. (2022). Dampak Penggunaan Instagram Terhadap Etika Berbusana Pada Remaja Putri Di Desa Jotang Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa Tahun 2022. Jurnal Ilmu Sosial, 1(1), 29–30.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v14i1.30726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman
Kopertais Wilayah XII Riau - Kepri
email: madania@uin-suska.ac.id
 
 

Web Analytics

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.