Pola Asuh Orang Tua Terhadap Gangguan Emosi Anak Disabilitas Sensorik Dalam pandangan Islam

Desmy Suhartika, Mutiawati Mutiawati

Abstract


Anak  disabilitas sensorik memiliki emosi yang sulit dikotrol sebab memiliki kesulitan dalam panca indra dimana sulit menyampaikan apa yang mereka mau dan mereka tidak mau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua berkaitan dengan gangguan emosi pada anak penyandang disabilitas sensorik dalam padangan islam. Penelitian jenis ini diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pengasuhan demokratis dan permisif adalah yang diterapkan oleh orang tua dalam gaya pengasuhan mereka pada anak disabilitas sensorik, anak disabilitas sensorik  kecematan patumbak masuk pada kategori  tunarunggu dimana berkaitan dengan masalah pendengaran. Bentuk gangguan  emosi sensorik tunarunggu ditandai dengan sorot mata yang tajam, marah dengan melempar barang ketika menginginkan sesuatu atau berontak pada hal yag tidak dituruti hal yang berkaitan kesulitan dalam berkomunikasi serta mengalami kecewa atau marah apabila dikucilkan dari lingkungan pertemanannya.


Keywords


DisabilitasSensorik, Gangguan Emosi, Pola Asuh Orang Tua

Full Text:

PDF

References


Akhmad fandi, D. (2021). Karakteristik dan model bimbingan atau pendidikan islam bagi ABK tunawicara. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 156–163.

Azzahra Alma Amarthatia, D. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Mental Remaja. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3).

Budhiana Johan, Taufik Mu’zizat Nugroho, R. N. U. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Sosial Anak Penyandang Disabilitas Di SLBN Surade Kabupaten Sukabumi. Jurnal Kesehatan, 10(2), 44–52. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v11i1.421

Elan Elan, S. H. (2023). Pentingnya Peran Pola Asuh Orang Tua Untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3).

Fatkhul Khoiriyah. (2022). ANALISIS HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA ASUH ORANG TUAKEPADA ANAK PENYANDANG DISABILITAS DI DESA KEDUNGASRI KECAMATAN KEMBANGBAHU KABUPATEN LAMONGAN (ANALISIS HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA ASUH ORANG TUAKEPADA ANAK PENYANDANG DISABILITAS DI DESA KEDUNGASRI KECAMATAN KEMBANGBAHU KABUPATEN LAMONGAN SKRIPSI Oleh: Fatkhul Khoiriyah NIM. C91217106 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel). ANALISIS HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM TERHADAP POLA ASUH ORANG TUAKEPADA ANAK PENYANDANG DISABILITAS DI DESA KEDUNGASRI KECAMATAN KEMBANGBAHU KABUPATEN LAMONGAN SKRIPSI Oleh: Fatkhul Khoiriyah NIM. C91217106 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Retrieved from http://digilib.uinsa.ac.id/58577/2/Fatkhul Khoiriyah_C91217106 ok.pdf

Hikam, A. B. (2023). Kontruksi Taklif Penyandang Disabilitas Dalam Persfektif Al-Quran. jakarta: Madza Media.

Kusnadi, S. K., & Agustin, A. (2019). Parental Emotional Coaching untuk Meningkatkan Gaya Pengasuhan dan Penerimaan Orang Tua yang Memiliki Anak Tunarungu. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 9(2), 148. https://doi.org/10.26740/jptt.v9n2.p148-159

M.Ghufran. (2023). Ragam Disabilitas. Retrieved from Baktinews website: https://baktinews.bakti.or.id/artikel/ragam-disabilitas#:~:text=Penyandang disabilitas sensorik adalah terganggunya,%2C dan%2Fatau disabilitas wicara.

Marinu. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, pendekata kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (mixed Method). Jurnal Pendidikaan Tambusai, 7.

Mirza, R., Lubis, A. F., Siagian, S. F., Simamora, S. S., Sitohang, Y. J. E., & Claudia, C. (2021). Pelatihan Regulasi Emosi Untuk Meningkatkan Subjective Well-Being Pada Penyandang Tunarungu di Kota Binjai. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 21–30. https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.32009

Nafiah, U., Wijono, H. A., & Lailiyah, N. (2021). KONSEP POLA ASUH ORANG TUA PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(2), 155–174.

Nuraini. (2023). Pola Pengasuhan Anak Dalam Perspektif Islam. Bitkom Research, 63(2), 1–3. Retrieved from http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom

Pitaloka Asyharinur Ayuning Putriana, Safira Aura Fakhiratunnisa, T. K. N. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1).

Pratama, A., & Armaini, A. (2021). Pola Asuh Orang Tua Disabilitas Tunanetra dan Implementasinya Terhadap Pembentukkan Karakter Anak Awas. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9, 46–54. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/112278

Risal, A. F. (2018). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Stabilitas Anak Tunarungu (Studi Pada Siwa Tingkat SMP Di SLB Gedang Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(3), 487–491. Retrieved from http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

Sari, P.P., Sumardi,& Mulyadi, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 157–170.

Sari Chinta Wahyuni Puspita. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Bagi Kehidupan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1).

Sarry, S. M. (2018). Parental Emotional Coaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghadapi Emosi Negatif Anak Tunarungu. Journal of Psychological Science and Profession, 2(2), 16–22. https://doi.org/10.24198/jpsp.v2i2.21193

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Mishbah; Pesan Kesan dan Keserasian al-Quran. Jakarta: lentera hati jilid 5.

Subagia, N. (2021). Pola Asuh Orang Tua: faktor, implikasi terhadap perkembangan karakter anak. Nilacakra.

Tsou, Y. T., Li, B., Eichengreen, A., Frijns, J. H. M., & Rieffe, C. (2021). Emotions in Deaf and Hard-of-Hearing and Typically Hearing Children. Journal of Deaf Studies and Deaf Education, 26(4), 469–482. https://doi.org/10.1093/deafed/enab022

Ulwiyah, I., & Nurhadiyati, A. (2024). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Penerimaan Bahasa Reseptif Anak Tunarungu. Journal on Education, 6(2), 10899–10908. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4881

Utami, T. K. (2019). Model Perlindungan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Cianjur Dikaji Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia. Jurnal Ilmiah Living Law, 11(2), 131. https://doi.org/10.30997/jill.v11i2.2102

Wahyu, N. F. (2023). pengasuhan anak dengan disabilitas. semarang: Dinas perempuan dan anak provinsi jawa tengah.

Widadi, S. Y., & Rahman, R. (2019). Gambaran pola asuh orangtua pada anak berkebutuhan khusus di Slbn B Kabupaten Garut. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 24–31. Retrieved from https://www.jurnalskhg.ac.id/index.php/medika/article/view/52

Yuwono Imam, M. (2021). Aksesibilitas Bagi Penyandang Tuna Netra Di Lingkungan Lahan Basah. Yogyakarta: Penerbit Deepublish Cv Budi Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v14i1.30665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman
Kopertais Wilayah XII Riau - Kepri
email: madania@uin-suska.ac.id
 
 

Web Analytics

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.