Urgensi Komunikasi Islam Dalam Bimbingan Untuk Mecegah Hedonisme Siswi

Alifah Alwani Lubis, Elfi Yanti Ritonga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencegah Hedonisme pada siswi yang berada di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakanpendekatan deskriptif.Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang siswi dan 1 guru Bimbingan Konseling di sekolah tersebut. Penelitian dilakukan di sekolah Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan.Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Gaya hedonisme siswi dipengaruhi berdasarkan factor internal dan ekternal. Dalam hal ini komunikasi sangat penting dalam bimbingan  yang dilaksanakan oleh guru Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan, karena proses bimbingan dapat mencegah siswi dari kehidupan hedonisme. Komunikasi dibutuhkan untuk mempermudah dan memperlancar proses bimbingan dengan tujuan untuk mewujudkan siswi yang aktif dalam pelaksanaan bimbingan. Implikasi penelitian ini secara teoritis, yaitu berguna untuk mengetahui urgensi komunikasi Islam untuk mencegah hedonisme pada siswi melalui proses bimbingan yang dilaksanakan oleh guru Bimbingan dan Konseling, sedangkan secara praktis, yaitu sebagai pembelajaran kepada pembaca agar bisa mengatur mindset dalam memandang sesuatu untuk menjadi produktif

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz, I., Ahmad Supendi, D., & Firdaus, A. (2020). Korelasi Makna Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar Dengan Qaulan Ma’rufa Dan Qaulan Sadida. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 105–111. Https://Doi.Org/10.22236/Imajeri.V3i1.5261

Akhmad Basuni, Aat Royhatudin, Ulmah Nurhayati, Maman, S. Maryam. (2021). Psikopedagogik Islam Dimensi Baru Teori Pendidikan (H. Naf’an Tarihoran (Ed.)). Deepublish.

Amaliah, & Saman, A. (2020). Student Hedonic Behavior And The Counseling Treatment. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 6(2), 77–85.

Anggraini, R. T., & Santhoso, F. H. (2017). Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja. Gadjah Mada Journal Of Psychology, 3(3), 131–140.

Auliya, R. U. (2018). Teori Behavioral Dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islam. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling ….

Bahri, S., & Wahyuni, I. (2021). Ragam Metode Komunikasi Dalam Al-Qur’an. TAFSE: Journal Of Qur’anic Studies, 6(1), 60. Https://Doi.Org/10.22373/Tafse.V6i1.9202

Cahyono, S. B. (2018). Refleksi & Tranformasi Diri. PT Gramedia.

Dapa, A. N., & Mangantes, M. L. (2021). Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus (1st Ed.). Deepublish Publisher CV Budi Utama.

Dzulhusna, N., Nurhasanah, N., & Suherman, Y. N. (2022). Qaulan Sadida, Qaulan Ma’rufa, Qaulan Baligha, Qaulan Maysura, Qaulan Layyina Dan Qaulan Karima Itu Sebagai Landasan Etika Komunikasi Dalam Dakwah. Jurnal Of Islamic Social Science And Communication, 1(2), 76–84.

Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Remaja Rosdakarya.

Farid Wajadi, S. K. L. (2021). Etika Profesi Hukum. Sinar Grafika.

Hasibuan, M. F. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dalam Mengurangi Sikap Siswa Terhadap Gaya Hidup Hedonisme. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 4(1), 1–10.

Hawari, R., Damanik, N. A., Linda, L., & Lesmana, G. (2023). Peran Bimbingan Konseling Terhadap Self Managemen Peserta Didik Dalam Belajar. Jurnal Edukasi Nonformal, 4(1), 494–502.

Herlina, Erna Rika. (2023). Pandangan Islam Terhadap Gaya Hidup Hedonisme Pada Generasi Z. Andragogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1), 1–10.

Ismaya, Elihami, Musdalifah, & Bando, U. D. M. A. (2021). Konsep Qaulan Dalam Al-Qur’an (Kajian Tentang Komunikasi Qurani). Maktabatun, 1(1), 26–40.

Joko Susanto. (2020). Etika Komunikasi Islami. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 24. Https://Doi.Org/10.51590/Waraqat.V1i1.28

Juniardi, V. (2022). HEDONISME DALAM AL-QUR’AN (Kajian Atas Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab). Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an Jakarta.

Khairunnisa, Y. P., & Indonesia, U. P. (2023). Kebiasaan Gaya Hidup Hedonisme Terhadap. 3, 31–44.

Kustadi Suhandang. (2013). Ilmu Dakwah Perspektif Komunikasi,. Remaja Rosdakarya.

Laurensius. (2018). Sakramen Tobat Di Tengah Globalisasi. Kanisius.

Lestari, A. A. (2023). Penerapan Komunikasi Islam Dalam Media Relations Masyarakat Relawan Indonesia Kabupaten Jepara.

Linton, J. D., & Klassen, Et Al. (2020). Komunikasi Islam : Konsep Dasar Dan Pinsip-Prinsipnya. Sustainability (Switzerland), 14(2), 1–4.

Mufidah, E. F., & Wulansari, P. S. D. (2018). Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Pascasarjana Di Media Sosial. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 3(2), 33–36. Https://Doi.Org/10.21067/Jki.V3i2.2468

Muhamad Afdoli Ramadoni, Edi Amin, W. P. R. (2023). Komunikasi Dakwah Ustadz Fadzlan Garamatan Dalam Pemberdayaan Masyarakat Islam Nuu Waar (Papua). Virtu: Jurnal Kajian Komunikasi, Budaya Dan Islam, 2(2). Https://Doi.Org/10.15408/Virtu.Vxxx.Xxxxx

Muljadi. (2019). Etika Dan Komunikasi Bisnis Islam (P. 53). Salemba Diniyah.

Munawaroh, M. (2022). Hedonisme Remaja Sosialita. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(2), 194–210. Https://Doi.Org/10.52166/Talim.V5i2.3026

Muslimin. (2021). Komunikasi Islam. Amzah.

Nazarullah. (2018). Teori - Teori Komunikasi Massa Dalam Perspektif Islam. Jurnal Peurawi : Media Komunikasi Islam, 1(1), 1–9.

Nur Azizah, F., & Sri Indrawati, E. (2015). Kontrol Diri Dan Gaya Hidup Hedonis Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 4(4), 156–162.

Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Budi Utama.

Rakhmat, J. (2021). Islam Aktual Refleksi Seorang Cendikiawan Muslim. Mizan Publish.

Rini Hayati Lubis, N. I. (2022). Faktor Penentu Gaya Hidup Halal Generasi Z Di Sumatera Utara. Bypass.

Septiningsih, D. S. (2019). Landasan Teori / Kerangka Teori. 217–226.

Sulaiman. (2021). Komunikasi Edukatif. Prosiding Fakultas Agama Islam, Universitas Dharmawangsa, 42–57.

Susanto, Y. B., Setiawan, J., & Ariyanto, S. (2022). Financial Planning For Millennials And Gen-Z (Study Of Millennials And Gen-Z Financial Behavior). Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen, 14(1), 156–168. Https://Doi.Org/10.31937/Manajemen.V14i1.2533

Swirti, E. (2022). Bimbingan Konseling Anak Usia Dini. Qiara Media.

Trimartati, N. (2014). Studi Kasus Tentang Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan. PSIKOPEDAGOGIA, 3(1), 20–28.

Tuasikal, P., & Laka, B. M. (2020). Penguatan Keidentitasan Kewarganegaraan Pada Kalangan Mahasiswa Dalam Mencegah Gaya Hidup Hedonisme. … Nasional Peningkatan Mutu …, 1, 62–67.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v14i1.30345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman
Kopertais Wilayah XII Riau - Kepri
email: madania@uin-suska.ac.id
 
 

Web Analytics

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.