Kecerdasan Intelektual Dalam Perspektif Al-Qur’an
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ansoriy, Z., & Gontor, U. (2021). Kebiasaan Membaca Al Qur’an dan Implikasinya Terhadap Kecerdasan Intelektualitas Mahasiswa. Osf Preprints.
Drajat, H. A. (2017). Ulumul Qur’an: Pengantar Ilmu-ilmu Al-Qur’an. Prenada Media.
Ekowati, S., Finthariasari, M., Yulinda, A. T., & Sonitra, S. (2020). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA GURU SDN KECAMATAN PINO BENGKULU SELATAN. (JEMS) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 1(1), 10–19.
Gultom, E. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual dan Kecerdasan Intelektual terhadap Kinerja Perawat pada Masa Pandemi COVID-19 di Rumah Sakit Surya Insani Pasir Pangaraian Rokan Hulu. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 33–41.
Hakim, N. (2018). Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual dalam Perspektif Bidayatul Hidayah. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 1(2), 218–233.
Hanafi, I. (2018). Perkembangan Manusia Dalam Tinjauan Psikologi Dan Al-Quran. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(01), 84–99.
Handriani, N., & Subhan, M. (2020). Hubungan Kecerdasan Intelektual Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Prestasi Belajar Fisika. GRAVITY EDU: Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 3(1), 1–4.
Hanum, S. (2020). Pendidikan Kecerdasan Intelektual Berbasis Al-Qur’an. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 2(1), 98–107.
Hendriani, S., & Garnasih, R. L. (2013). Pengaruh Kecerdasan Intelektual dan kecerdasan Emosional terhadap Kinerja Guru SMAN 8 Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, 21(04).
Hofur, H. (2020). Konsep Multiple Intelligences Perspektif Al-Quran/Hadis dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2).
Huda, A. M. (2020). Otak dan Akal dalam Kajian Al-Quran dan Neurosains. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 67–79.
Jailani, M., & Djubaedi, D. (2021). Menelusuri Jejak Otak dan ‘Aql Dalam Alquran Perspektif Neurosains dan Pendidikan Islam di Era Pandemi Covid-19. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 1–19.
Khoiruddin, H., & Kustiani, A. W. (2020). Manajemen Pembelajaran Tahsin Al-Quran Berbasis Metode Tilawati. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 55–68.
Maksum, I. (2020). Konsep Kecerdasan Menurut Al-Quran. AL-IFKAR: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 14(02), 4–24.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Munandar, J. (2019). Etika Menuntut Ilmu Menurut Syekh Az Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al Muta’allim. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Munthe, A. K. (2021). Perkembangan Jiwa Agama pada Masa Al-Murahiqah (Remaja). ITTIHAD, 4(2).
Nahdati, Q. A., & Amrulloh, A. (2022). KECERDASAN NABI YUSUF DALAM AL-QURAN PERSPEKTIF TAFSIR MAQASIDI IBNU’ASHUR. Ushuly: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 1(2), 135–149.
Noor, T. R. (2021). Religiositas Lansia Muslim di UPTD Griya Werdha Surabaya. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 6(1), 1–22.
NurJannah, N., & Suyadi, S. (2022). Akal dan Qalb dalam Perspektif Al Quran dan Neurosains. MANAZHIM, 4(1), 53–65.
Nurrohmah, M. R., & Syahid, A. (2020). Tujuan Pendidikan Perspektif Al-Quran dan Pendidikan Barat. Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 34–44.
Pasek, N. S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelektual pada pemahaman akuntansi dengan kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual sebagai variabel pemoderasi. JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi), 1(1).
Sarnoto, A. Z., & Ulfa, S. M. (2021). Kecerdasan Sosial Dalam Pembelajaran Kooperatif Perspektif Al-Qur’an. Academy of Education Journal, 12(2), 294–302.
Suwendra, I. W. (2018). Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan. Nilacakra.
Turham, A. G. (2021). Konsep dan Teori Belajar: Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Konseling. Ta’dib, 11(1), 14–22.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v12i2.19989
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.