TARJUMAN AL MUSTAFID: Khazanah Tafsir Berbahasa Melayu Pertama di Nusantara

Miftahuddin Miftahuddin

Abstract


Al-Sinkili menulis kitab tafsir Al-Qur'an dalam bahasa Melayu. Saat itu al-Sinkili menganggap bahwa Islam, dalam Al-Qur'an dan Hadits. Tujuan penulisan ini untuk melihat studi tour dan kondisi sosial politik era al-Sinkili di Aceh, yang lebih populer sebagai sufi dan pemimpin tarekat Syattariyah dari pada sebagai seorang mufassir, adakah ia secara intensif telah mempelajari al-Qur’an dan tafsirnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kepustakaan atau kajian literatur (literature review, literature research). mengkaji atau meninjau secara kritis pengetahuan, gagasan, atau temuan yang terdapat di dalam tubuh literatur berorientasi akademik (academic-oriented literature), serta merumuskan kontribusi teoritis dan metodologisnya untuk topik tertentu. Dalam hal ini penelitian ini merujuk pada pembahasan Tarjuman Al Mustafid: Khazanah Tafsir Berbahasa Melayu Pertama di Nusantara. Hasil menunjukkan bahwa mengkaji atau meninjau secara kritis pengetahuan, gagasan, atau temuan yang terdapat di dalam tubuh literatur berorientasi akademik (academic-oriented literature), serta merumuskan kontribusi teoritis dan metodologisnya untuk topik tertentu. Dalam hal ini penelitian ini merujuk pada pembahasan Tarjuman Al Mustafid: Khazanah Tafsir Berbahasa Melayu Pertama di Nusantara.


Keywords


Bahasa Melayu, Islam, Dakwah

Full Text:

PDF

References


Al-Suyuti, Jalal al-Din, and Jalal al-Din Al-Mahalli. 2008. Tafsir Al-Jalalayn. Fons Vitae.

Al-Zahabi, Muhammad Husain. 1976. “Al-Tafsir Wa Al-Mufassirun.” Kairo: Dar Al-Kutub Al-Haditsah.

Azra, Azyumardi. 1989. “Perspektif Islam Di Asia Tenggara.” Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

———. 2005. Islam in Southeast Asia: Tolerance and Radicalism. Centre for the Study of Contemporary Islam, Faculty of Law, University of ….

Azra, Azyumardi, and Renaisans Islam Asia Tenggara. 1999. “Sejarah Wacana & Kekuasaan.” Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bryman, Alan. 2003. Research Methods and Organization Studies. Routledge.

Donzel, Emeri Johannes van. 2022. Islamic Desk Reference: Compiled from the Encyclopaedia of Islam. Brill.

Harun, Jelani. 2013. “Mir’at Al-Tullab by Syeikh Abdul Rauf Singkel: A Preliminary Study of Manuscripts Kept in the Special Collections, Leiden University Library.” Malay Literature 26 (2): 119–38.

Hasymy, Ali. 1983. Syiʼah Dan Ahlussunnah, Saling Rebut Pengaruh Dan Kekuasaan Sejak Awal Sejarah Islam Di Kepulauan Nusantara. Bina Ilmu.

Jansen, Johannes J G. 1980. The Interpretation of the Koran in Modern Egypt. Brill Archive.

Johns, A H. 1989. “Islam Di Dunia Melayu: Sebuah Survey Penyelidikan Dengan Beberapa Referensi Kepada Tafsir Al-Quran.” Azyumardi Azra. Perspektif Islam Di Asia Tenggara. Jakarta: Obor.

Miftahuddin, Miftahuddin. 2017. “TARJUMAN AL MUSTAFID.” Al-Ihda’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 12 (1): 1–16.

Riddell, Peter. 1993. “Controversy in Qur’anic Exegesis and Its Relevance to the Malaya-Indonesian World”.” Anthony Reid, The Making of an Islamic Political Discourse in Southeast Asia, Clayton: Centre of Southeast Asian Studies-Monash University.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v11i2.16830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman
Kopertais Wilayah XII Riau - Kepri
email: madania@uin-suska.ac.id
 
 

Web Analytics

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.