Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis)
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Metode ini untuk mendapatkan dan mengevaluasi berbagai literatur akademik yang tepat dan fokus pada topik tertentu dengan menghimpun data dari artikel-artikel yang berkaitan dengan Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Urgensi kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari kebijakan publik dipandang perlu dilakukan saat ini dimana sudah mulai tergerusnya nilai-nilai keislaman pada setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah terutama pada kebijakan Pendidikan. Pengambilan sebuah kebijakan publik yang berlandaskan pendidikan Islam akan mampu melahirkan sebuah kebijakan yang memberikan kemasalahatan untuk seluruh umat manusia dan lingkungan sekitar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akib, H. (2012). Implementasi Kebijakan: Apa, Mengapa dan Bagaimana. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.26858/JIAP.V1I1.289
Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Al-Abyadh, 4(2), 116–125. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.385
Anwar Us, K., & Kompri. (2017). Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia (Dahulu, Kini dan Masa Depan). PUSAKA.
Arwildayanto, Suking, A., & Sumar, W. T. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoritik, Eksploratif, dan Aplikasi. CV. Cendikia Press.
Bakry, A. (2010). Kebijakan Pedidikan Sebagai Kebijakan Publik. Jurnal MEDTEK, 2(1).
Daulay, M. (2018). Urgensi Bimbingan Konseling Islam Dalam Membentuk Mental Yang Sehat. Hikmah, 12(1), 146–159. https://scholar.archive.org/work/vlfyjmwjkjgchorq4ijkvzcp4q/access/wayback/http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id:80/index.php/Hik/article/download/859/pdf_8
Dewantara, K. H. (2011). Karya Ki Hajar Dewantara. In Pendidikan (Pendidikan). Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Dunn, W. N. (2004). Pengantar Analisis Kebijakan Publik (2nd ed.). Gajah Mada University Press.
Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan) (N. Yanti (ed.)). LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.
Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778–786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.446
Juniardi, W. (2020). Belajar Sejarah Kurikulum Indonesia Sampai Saat Ini dari Masa ke Masa. Quipper Blog. https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/school-life/sejarah-kurikulum-indonesia/
Kamalia, N. (2016). Konsep Ilmu Pendidikan Menurut Imam Al-Ghazali. At-Ta’dib, 10(1), 187–201. https://doi.org/10.21111/AT-TADIB.V10I1.335
KBBI. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa (Pusat Bahasa). https://kbbi.web.id/teliti
Khairuddin, K. (2020). HUKUM BERMAIN GAME ONLINE PLAYER UNKNOWN’S BATTLEGROUNDS (PUBG) MENURUT FATWA MPU ACEH NOMOR 3 TAHUN 2019. DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum, 18(1), 17–32. https://doi.org/10.35905/diktum.v18i1.1357
Kifli, Z. (2019). Konsep Pendidikan Dalam Islam. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(2). https://doi.org/10.31000/rf.v15i2.1805
Kitamura, Y., Omomo, T., & Katsuno, M. (2019). Education in Japan A Comprehensive Analysis of Education Reforms and Practices. In Unevoc Network Member (Vol. 47). Education in the Asia-Pacific Region: Issues, Concerns and Prospects. https://doi.org/10.1007/978-981-13-2632-5_6
Langgulung, H. (1984). Dayacipta dalam kurikulum pendidikan guru - Hasan Langgulung - Google Buku. Universiti Kebangsaan Malaysia. https://books.google.co.id/books?id=7_eoGwAACAAJ
Lorente, L. M. L., Arrabal, A. A., & Pulido-Montes, C. (2020). The Right to Education and ICT during COVID-19: An International Perspective. Sustainability, 12(21), 9091. https://doi.org/10.3390/su12219091
Madjid, A. (2018). Analisis Kebijakan Pendidikan (A. Cahyanti (ed.)). Samudra Biru.
Mathar, R. (2015). A whole school approach to sustainable development: Elements of education for sustainable development and students’ competencies for sustainable development. In Schooling for Sustainable Development in Europe: Concepts, Policies and Educational Experiences at the End of the UN Decade of Education for Sustainable Development. Springer International Publishing Switzerland. https://doi.org/10.1007/978-3-319-09549-3_2
Mendikbud. (2021). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 tahun 2021. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Mulyadi, A. W. E. (2017). Policy of Inclusive Education for Education for All in Indonesia. Policy & Governance Review, 1(3), 201. https://doi.org/10.30589/PGR.V1I3.57
Muniroh, A. (2016). Urgensi Logoterapi Dalam Pendidikan Islam Pada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Urwatul Wutsqo, 5(1), 28–39. https://core.ac.uk/download/pdf/231313623.pdf
Prasetya, J. (2019). Konsep Pendidikan Islam Muhammad Abduh Serta Implikasinya Terhadap Islam Modern. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 18(2), 439–465. https://doi.org/10.15408/kordinat.v18i2.11499
Priyanto, A. (2020). Pendidikan Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 80–89. https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9072
RD, A. H., Subiyantoro, & Putra, R. S. (2021). Kebijakan Pendidikan Sebagai Suatu Kebijakan Publik: Suatu Analisis Terhadap Kekhususan Kebijakan Pendidikan di Aceh. Bidayah, 12(1), 103–125. http://www.ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/bidayah/article/view/499
Sari, I. F., Supriatna, U., & Ma’rufah, A. (2021). Memaknai Ulang Konsep Pendidikan Islam (Telaah Kritis Epistemologi Hasan Langgulung dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19). Qalamuna-Jurnal Pendidikan, 13(2), 159–170. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.868
Suwarno. (2016). Pendekatan Kebijakan Publik dalam Politik Pendidikan Islam. Jurnal As-Salam, 1(1), 62–72. https://www.jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/45
Syar’i, A. (2020). Filsafat Pendidikan Islam. CV. Narasi Nara.
Tilaar, H. A. ., & Nugroho, R. (2008). Kebijakan Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Winahyu, A. I. (2020). Begini Kebijakan Pendidikan Masing-Masing Negara Hadapi Covid-19. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/humaniora/308485/begini-kebijakan-pendidikan-masing-masing-negara-hadapi-covid-19
Yanti, S. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan. Lentera: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 1(1), 11–26. https://doi.org/10.32505/lentera.v1i1.1662
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v11i2.15773
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.