MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Analisis Isi Konten Pada Akun @kpopers.hijrah)
Abstract
Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk melihat seperti apa penyusunan pesan dakwah yang terdapat pada konten akun instagram @kpopers.hijrah dengan melakukan analisa terhadap konten. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk penelitan kepustakaan, yang mana penelitian ini nantinya akan menjelaskan tentang penyusunan pesan dakwah yang terdapat pada konten akun instagram @kpopers.hijrah. Hasil penelitian ini berupa analisa beberapa konten yang terdapat pada konten akun instagram @kpopers.hijrah yang berfokus pada penyusunan pesan dakwah. Penyusunan pesan dakwah tersebut terbagi menjadi 3 poin utama yang disusun berdasarkan teori Logika Penyusunan Pesan oleh Barbara O’Keefe. Dengan mengetahui seperti apa penyusunan pesan dakwah yang dilakukan oleh tim kpopers.hijrah, maka para pendakwah pemula diharapkan dapat menjadikannya sebagai acuan dalam berdakwah agar dakwah yang disampaikan tidak bersifat menggurui dan kasar, sehingga sasaran dakwah yang mendengarkan maupun melihat konten dakwah tersebut merasa nyaman dan tidak terpojokkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhim, M. F. (2020, September 1). Diantara Dosa Paling Besar Disisi Allah, Ketika Diingatkan untuk Bertaqwa, Dijawab "Urus saja dirimu sendiri". Diambil kembali dari Portal Islam: https://www.portal-islam.id/2020/09/diantara-dosa-paling-besar-disisi-allah.html
Akbar, C. (2015, Juli 27). Ikut Hingga Lubang Biawak. Retrieved from Hidayatullah.com: https://www.hidayatullah.com/kajian/hadits-harian/read/2015/07/27/74651/ikut-hingga-lubang-biawak.html
Al-Qur’an Surat Al-Qiyamah (75) ayat 36. Al-Qur’an dan Terjemahan. Cetakan ke 7: Al-Mizan Publishing House
Al-Qur’an Surat Al-An’am (6) ayat 38. Al-Qur’an dan Terjemahan. Cetakan ke 7: Al-Mizan Publishing House
Analisis 2021. Pada KBBI Daring. Diambil 04 Jul 2021, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/analisis
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Awanda, Varien. (2021). Logika desain pesan dakwah pada konten akun instagram @saridezra. Skripsi. Jakarta. Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Aziz, J. (2015). Fiqih Dakwah. Solo: PT Era Adicitra Intermedia
Azwar, W., & Muliono. (2020). Sosiologi Dakwah. Jakarta: Kencana
Gusniati, Shera Maulidia. (2020). Analisis Isi Pada Akun Dakwah @Hijabalila. Skripsi. Jakarta. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
hijrah, k. (2021, februari 20). -. Retrieved from instagram.kpopers.hijrah: https://www.instagram.com/kpopers.hijrah/
Khatibah, K. (2011). Penelitian kepustakaan. Iqra': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 5(01), 36-39.
Krisyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana
Mianoki, A. (2021, Juli 14). Pengaruh Teman Bergaul. Retrieved from Muslim.Or: https://muslim.or.id/8879-pengaruh-teman-bergaul.html
Morrisan, (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana
Ratri, C. (2020). Panduan Instagram Bisnis: Membuat Konten, Foto, dan Memanfaatkan Sebagai PR Bisnis. Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera
Somad, Abdul. (2020), from https://www.youtube.com/watch?v=InNYZDvd2qQ
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v11i1.13999
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.