Pembelajaran Siroh Nabawiyah Dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas Viii Smp It Al-Husnayain Panyabungan

sakban sakban, Nur Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Siroh Nabawiyah dalam membentuk Akhlak Siswa SMP IT Al-Husnayain. Kegunaan penelitian ini untuk memperkaya paradigma keilmuan di bidang Pendidikan Agama Islam. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data juga dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah SMP IT Al-Husnayain Panyabungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran siroh nabawiyah di SMP IT Al-Husnayain sudah berjalan dengan baik terbukti dengan dilaksanakannya sholat dhuha berjamaah dimushola, kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran di kelas. Dalam pelaksanaannya, guru menggunakan beberapa metode, media, dan evaluasiyang disesuaikan dengan materi bahasan untuk memperlancar proses belajar mengajar. Adapun pelaksanaan pembelajaran siroh nabawiyah yang bersifat nonformal, dilaksanakan pada hari sabtu. Dalam pembentukan Akhlak siswa SMP IT Al-Husnayain, berbagai upaya sekolah telah dilakukan melalui kegiatan ekstrakulikuler IMTAQ, peringatan hari besar Islam, infaq jum’at, pemakaian pakaian muslim pada hari jum’at, ibadah baik sholat sunnah dan wajib, serta pengadaan sarana prasarana ibadah. Pembelajaran siroh nabawiyah yang dilaksanakan di SMP IT Al-Husnayain  membawa dampak yang besar terhadap perubahan sikap siswa namunkurang berpengaruh terhadap perilaku ibadah dan pengetahuan keagamaan siswa.  

 


Keywords


Pembelajaran Siroh Nabawiyah dan Membentuk Akhlak Siswa

Full Text:

PDF

References


Anni, Catharina Tri, dkk. (2011) Psikologi Belajar. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Departemen Agama RI, (2010) Al-Qur’an dan Terjemahan, Bandung: Diponegoro.

Djamarah. S. B, Zain. A. (2011) Strategi Belajar Mengajar. Penelitian Pendidikan. UMS, Jakarta: Rineka Cipta Harsono.

Hamalik, Oemar. (2011) Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Lahmuddin Lubis, M.Ed, Dra.Elfiah mucchtar, Pendidikan Agama dalam Perspektif Islam, Bandung, Ctitapustaka Media printis, Bandung

Muhammad Sa,id Rhamadhan Al-Buthy, (1999) Sirah Nabawiyah, Jakarta,Robbani Press

Nana Syaodih, (2010) Metode Penelitian pendidikan , Remaja Rosdakarya.

Quraish Shihab, (2009) Tafsir al-Misbah: Pesan Kesan dan Keserasian al-Qur’an vol 11, Jakarta: Lentera Hati,

Sugiono, (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D, Bandung: alfa beta.

Tohirin, (2012) Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikandan Bimbingan Konseling, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wafiyah, (2013) Sirah Nabawiyah, yokyakarta : ombak.

Wina Sanjaya, (2013) Penelitian Pendidikan; Jenis, Metode dan Prosedur, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiik.v10i2.11335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman
Kopertais Wilayah XII Riau - Kepri
email: madania@uin-suska.ac.id
 
 

Web Analytics

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.