PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERORIENTASI CHEMOENTREPRENEURSHIP PADA MATERI POLIMER KELAS XII SMA/ MA
arif rahman, Jimmi Copriady, R. Usman Rery
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia berorientasi chemoentrepreneurship (CEP) pada materi polimer di kelas XII SMA/MA. Penelitian ini dilakukan di Kampus Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau. Waktu penelitian dimulai pada bulan September-Desember 2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan model penelitian 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Dalam penelitian ini, peneliti hanya sampai pada tahap pengembangan. Instrumen pengumpulan data berupa validasi dan lembar responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan evaluasi tingkat validitas, tingkat kepraktisan oleh guru dan tingkat daya tarik menurut siswa.Hasil chemoentrepreneurship oriented chemistry learning module (CEP) pada materi polimer mendapatkan nilai sebesar 92,35%. dengan kriteria valid, respon guru sebagai pengguna terhadap kepraktisan modul mendapat nilai 91,67% dan respon siswa sebagai pengguna terhadap daya tarik modul mendapat nilai 90,67% dengan kriteria menarik. Dengan demikian, modul pembelajaran kimia berorientasi chemoentrepreneurship (CEP) pada materi polimer kelas XII SMA/MA telah berkembang dengan baik dan siap untuk diimplementasikan dalam skala yang lebih luas. 67% dengan Kriteria menarik. Dengan demikian, modul pembelajaran kimia berorientasi chemoentrepreneurship (CEP) pada materi polimer kelas XII SMA/MA telah berkembang dengan baik dan siap untuk diimplementasikan dalam skala yang lebih luas.67% dengan Kriteria menarik. Dengan demikian, modul pembelajaran kimia berorientasi chemoentrepreneurship (CEP) pada materi polimer kelas XII SMA/MA telah berkembang dengan baik dan siap untuk diimplementasikan dalam skala yang lebih luas.