PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LSLC UNTUK MENDUKUNG LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Dina Agustina, Heppy Okmarisa

Abstract


Literasi sains merupakan keterampilan yang dibutuhkan di abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD sebagai bahan ajar literasi sains pada pelajaran Kesetimbangan Kimia. Desain Borg & Gall digunakan dalam prosedur Penelitian dan Pengembangan ini, dan penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. validator ahli media dan materi terdiri dari  2 orang dosen, seorang guru mata pelajaran Kimia, dan 10 orang mahasiswa sebagai subjek penelitian ini. Data dikumpulkan melalui studi literatur, wawancara, dan kuesioner. Instrumen pengumpulan data berupa angket validitas, angket kepraktisan, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menginformasikan bahwa e LKPD yang dikembangkan teruji sangat valid dengan persentase 85,63% oleh ahli media dan materi, penilaian kepraktisan 98,71% oleh guru mata pelajaran kimia, dan siswa merespon dengan baik. Menindaklanjuti temuan penelitian, perlu dilakukan uji coba ke bidang yang lebih luas untuk mengetahui keefektifannya.

 

Kata kunci: Pengembangan, E-LKPD, LSLC, Literasi Sains, Kesetimbangan Kimia


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/konfigurasi.v7i1.21599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan



Indexing

Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan (P-ISSN: 2549-1679; E-ISSN 2807-8241) was indexed in :

 

             

 

 

Published By:

Department of Chemistry Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sultan Syarif Kasim State Islamic University, Riau 

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau

 

email : konfigurasi.pka@uin-suska.ac.id