Praktik Gatekeeping Berbasis Popularitas dalam Pemberitaan Persib di Instagram @radarbandung.id

Adinda Nurul Hikmi, Chotijah Fanaqi, Muhamad Erfan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik gatekeeping berbasis popularitas dalam pemberitaan klub sepak bola Persib di Instagram @radarbandung.id. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, dokumentasi, studi kepustakaan, dan wawancara kepada informan meliputi, pemimpin redaksi, editor berita, dan admin media sosial, serta dua narasumber dari kalangan praktisi dan akademisi jurnalistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses seleksi, penyuntingan, dan publikasi berita dipengaruhi oleh lima level Hierarchy of Influence teori Shoemaker dan Reese: individu, rutinitas media, organisasi, ekstramedia, dan sistem sosial. Popularitas Persib menjadi faktor dominan yang mendorong intensitas pemberitaan, mempengaruhi gaya penyajian, dan menciptakan ekspektasi tinggi dari audiens. Temuan ini menegaskan bahwa media digital dituntut tidak hanya cepat dan menarik perhatian publik, tetapi juga tetap menjaga akurasi, etika, dan keseimbangan informasi. Penelitian ini penting untuk memperkaya kajian tentang dinamika jurnalisme digital berbasis popularitas, serta memberikan kontribusi pada pengembangan literasi media dan profesionalisme pemberitaan olahraga di era media sosial. 


Keywords


Gatekeeping; Popularitas; Instagram; Persib Bandung; Shoemaker dan Reese

References


Abdul, A., Burhanudin, M., Suherdiana, D., & Aziz, A. (2021). Strategi Wartawan Foto Dalam Menentukan Sudut Pengambilan Foto Sepakbola. ANNABA : Jurnal Ilmu Jurnalistik, 6(April), 123–141. https://doi.org/https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/jurnalistik

Annur, C. M. (2023). Pengguna Instagram RI Tembus 100 Juta Orang per April 2023, Terbanyak ke-4 di Dunia. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Teknologi-Telekomunikasi/Statistik/66ea436ab12f2/Ini-Media-Sosial-Paling-Banyak-Digunakan-Di-Indonesia-Awal-2024.

Anwar, E. F., & Rozi, F. (2024). Motif Penggunaan Akun Pseudonim Instagram Penggemar K-Pop Dalam Pembentukan Online Disinhibition Effect. AVANT GARDE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(01), 124–136. https://doi.org/https://doi.org/10.36080/ag.v12i1.3006

Barasa, Pratama, Sitompul, D. (2024). Dinamika Kekerasan Penonton Olahraga : Pemicu , Dampak dan Solusi. Journal of Creative Student Research, 2(6), 2–5. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i6.4635

Belida, O. O., & Akib, S. (2023). Gatekeeping Kebijakan Redaksi Pemberitaan “ Tragedi Kanjuruhan ” Program Sea Morning Show. Jurnal Pustaka Komunikasi, 6(1), 44–55. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/pustakom.v6i1.2387

Fanani, F. (2020). Analisis Gatekeeping Pemberitaan Kampanye Politik Pada Kompas TV Jawa Tengah Menggunakan Model Gatekeeping Bass. Jurnal Dinamika Sosial Budaya Universitas Semarang, 22(1), 336–343. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/jdsb.v22i2.4498

Fanaqi, C., Zulhakim, M. A., Komalasari, F. N., Garut, U., Garut, U., & Garut, U. (2020). Efektivitas Media Instagram Dalam Branding Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Garut. Jurnal Digital Media & Relationship (JDMR), 2(1), 23–33. https://doi.org/https://doi.org/10.51977/jdigital.v2i1.176

Fatkhurohman, P., Permatasari, A. D., Alam, F. P., Magister, S., Komunikasi, I., Universitas, K., Magister, S., Komunikasi, I., & Universitas, P. (2022). Hirarki Pengaruh Dalam Kebijakan Redaksi ( Studi Kasus Konten Berita Perindo di Okezone . com ). Jurnal Publicuho, 5(4), 1186–1201. https://doi.org/https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i4.59

Irene, I., & Rusdi, F. (2021). Proses Gatekeeping Portal Media Daring (Studi Kasus pada Media Daring Okezone.com). Koneksi, 5(1), 16. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10123

Jannah, A. W. R. (2023). Peran Gatekeeper@ infocimahi. co dalam publikasi berita jurnalisme warga. ANNABA: Jurnal Ilmu Jurnalistik, 7(April), 143–162. https://doi.org/https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/annaba Peran

Kaharmudzakir, I., Ichlas, M., & Qudsi, E. (2022). Pengaruh Konten Instagram @ interstudiofficial dan Opini Mahasiswa terhadap Citra Perguruan Tinggi InterStudi. Jurnal Riset Komunikasi JURKOM, 5, 127–140. https://doi.org/https://doi.org/10.38194/jurkom.v5i1.455

Krisnawan, & Annas, F. (2024). Analisis Gatekeeping Dalam Produksi Berita Pada Media the Iconomics. Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(1), 74–89. https://doi.org/10.51353/kvg.v5i1.963

Lestari, R. D. (2020). Jurnalisme Digital dan Etika Jurnalisme Media Sosial : Studi pada Akun Instagram @ tempodotco dan @ tribunjogja Digital Journalism and The Ethics of Social Media Journalism : Study in the Instagram Account @ tempodotco and @ tribunjogja. Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komunikasi), 22(2), 159–174. https://doi.org/https://doi.org/10.17933/iptekkom.22.2.2020.159-174

Marheinis, H. (2021). Analisis Framing Pemberitaan Media Daring Perbedaan Pemberitaan Indosport dan Bolasport.com Tentang Kekalahan Timnas Indonesia. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jirk.v1i3.207

Melati Budi Srikandi, Putu Suparna, P. E. H. (2023). Audiens Sebagai Gatekeeper Pada Media Sosial. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 7(2), 179–192.

Nuraeni, R., & Sugandi, M. S. (2017). Peran Media Ssosial Dalam Tugas Jurnalistik ( Studi Kasus pada Kegiatan Jurnalis Kota Bandung ). Jurnal Liski, 3(1), 43–58.

Penerangan, S., Kurniasih, A., & Vera, N. (2017). Proses Gatekeeping Dalam Produksi Isi Website Kostard . MIL . ID ( Studi Deskriptif Kualitatif Pada Bagian Media Online. Universitas Budi Luhur. https://doi.org/jom.fikom.budiluhur.ac.id

Prasetya, R. C., & Junaidi, A. (2022). Strategi Jurnalis Olahraga dalam Meningkatkan Antusiasme Masyarakat terhadap Olahraga Sepak Bola di Indonesia. Jurnal Kiwari, 1(4), 621. https://journal.untar.ac.id/index.php/Kiwari/article/view/15901

Rahman, A., & , Harjanto Rudy, R. I. (2023). Pemberitaan TVRI Nasional Twitter ,. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 9(1), 37–46. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/dinamika.v9i1.4277

Rahmi, D., Yusuf, N., Suryana, C., & Durwahab, E. (2024). Proses Gatekeeping Berita Citizen Journalism. ANNABA : Jurnal Ilmu Jurnalistik, 9, 109–128. https://doi.org/https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/jurnalistik Proses

Reese, S. D., & Shoemaker, P. J. (2016). A Media Sociology for the Networked Public Sphere : The Hierarchy of Influences Model. Mass Communication and Society, 389–410. https://doi.org/10.1080/15205436.2016.1174268

Salsabila, G., Salamah, U., & Nurhadi, Z. F. (2024). Model Komunikasi Persuasif Pada Pengikut Akun Instagram @ infogarut Dalam Pemberitaan Citizen Journalism. Jurnal Pustaka Komunikasi, 7(2), 443–455. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/pustakom.v7i2.4021

Sapinatunajah, P., Herman, & Syah, T. (2022). Produksi Media Dan Dampaknya Pada Perubahan Sosial Dan Politik Di Masyarakat Studi Deskriptif Tayangan CNN Indonesia Pada Pemberitaan K-Pop Diantara Strategi Diplomasi Forum Dunia. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 2(1), 206–211. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i3.319

Sianturi, H. R. P. (2023). Proses Gatekeeping dalam Produksi Berita di Media Daring. Jurnal Politikom Indonesian: Kajian Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik, Dan Ilmu Komunikasi, 8(1), 24–45. https://doi.org/https://journal.unsika.ac.id/index.php/politikomindonesiana

Sinaga, M. K., & Lubis, G. Y. (2024). “ Analisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Persepsi Masyarakat Pada Olahraga Sepakbola “. Jurnal Ilmiah Kajian Multidispliner, 8(6), 834–837.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, P. (2023). Gatekeeping Pemberitaan Pembunuhan pada Harian poskota.co.id. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 9. https://doi.org/https://doi.org/10.36914/jikb.v9i1.998

Veronika. (2017). Proses Gatekeeping pada Tim Digital Kompas TV. Jurnal Ilmu Komunikasi ULTIMACOM, 9(2), 46–67. https://doi.org/http://ejournals.umn.ac.id.php/FIKOM

Widiastuti, N. (2019). Berita Viral di Media Sosial Sebagai Sumber Informasi Media Massa Konvensional. Jurnal Digital Media & Relationship (JDMR), 1(1), 23–30. https://doi.org/https://doi.org/10.51977/jdigital.v1i1.161

Wijaya, A. I., & Kurniadi, H. (2022). Impression Management : Identitas dan Harga Diri dalam Motivasi Penggunaan Instagram di Kalangan Mahasiswa. KOMUNIKASIANA Journal of Communication Studies, 4, 13–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v4i1.19055




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v7i1.37044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    

  

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id