Pengaruh Kualitas Penyiaran Program English Premier League di Vidio terhadap Kepuasan Menonton pada Followers Akun X @idextratime
Abstract
Menjaga kualitas penyiaran menjadi sesuatu yang penting untuk meningkatkan kepuasan penonton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas penyiaran program English Premier League di Vidio terhadap kepuasan menonton pada followers akun X @idextratime. Landasan teori penelitian adalah Uses and Gratification. Dengan paradigma positivistik dan metodologi kuantitatif menggunakan survei berbentuk angket terhadap 104 sampel dari populasi penelitian yaitu followers akun media sosial X @idextratime. Metode analisis adalah statistik deskriptif dan eksplantif berbentuk persentase dan uji korelasi Spearman's rho. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas penyiaran program English Premier League di Vidio terhadap kepuasan menonton pada followers akun X @idextratime, dan besar pengaruh 34,4%. Hal ini bermakna bahwa semakin baik kualitas penyiaran program English Premeir League akan semakin baik pula tingkat kepuasan menonton followers akun X @idxtratime.
Keywords
References
Alhothali, G. T., & Aljefree, N. M. (2023). Young adults’ sought gratifications from, and perceptions of food advertising by, social media influencers: a qualitative approach. Journal of Health, Population and Nutrition, 42(1), 103.
Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.
Ariani, S. A., & Nurmariati, A. H. (2022). Motif Subscriber Menonton Vlog Odgj di Rian Tv youtube Channel Terhadap Kepuasan Menonton. Inter Script: Journal of Creative Communication, 4(1), 1–14.
Arikunto. (2005). Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka D.Cipta.
Atmaja, J. (2017). Hubungan Daya Tarik Dan Pola Menonton Pada Program X-Factor Rcti Terhadap Kepuasan Menonton. Jurnal Komunikasi, 8(3).
Barata, A. A. (2004). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. PT Elex Media Komputindo.
Cahyadi, R. (2016). Inovasi kualitas pelayanan publik pemerintah daerah. Fiat Justicia Jurnal Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Lampung, 10(3), 569–586.
Camilleri, M. A., & Falzon, L. (2021). Understanding motivations to use online streaming services: integrating the technology acceptance model (TAM) and the uses and gratifications theory (UGT). Spanish Journal of Marketing-ESIC, 25(2), 217–238.
Daga, R. (2017). Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Global Research and Consulting Institute.
Djamal, H., & Fachruddin, A. (2011). Dasar-dasar Penyiaran: Sejarah Organisasi, Operasional, dan Regulasi. Kencana.
Eastman, S. T. (1984). Broadcast/ Cable Programming, Strategies & Practices (2nd ed.). Wadsworth Publishing Company.
Ermalina, E. (2019). Pengaruh service quality terhadap kepuasan pendengar media lembaga penyiaran publik radio XYZ. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 2(1), 31–38.
Firmansyah, D. (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian: Literature review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.
Fiske, J. (2018). Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawaki Pers.
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Giantika, G. G. (2015). Pengaruh Kualitas Penyiaran dan Kemasan Program Terhadap Kepuasan Menonton Program Musik Inbox SCTV (Studi Kasus Mahasiswa BSI Pemuda Rawamangun). Komunikasi: Jurnal Komunikasi, 6(2).
Gunawan, L. (2016). Motif dan Kepuasan Masyarakat Surabaya dalam Menonton Program Dialog “Titik Tengah” di Metro TV Jawa Timur. Jurnal E-Komunikasi, 4(2).
Harriman, P. L. (1995). Kamus Psikologi. Restu Agung.
Intan, D. R., Ginting, L. N., Purba, K. F., & Pirngadi, R. S. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Atmosfir Toko Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 20(1), 7–15.
Katiandagho, L., Lapian, J., & Soegoto, A. S. (2015). Pengaruh Kualitas Siaran, Promosi dan Penetapan Harga Terhadap Penggunaan Iklan Di RRI Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3).
Kennedy, H., & Funk, D. C. (2023). Habitually scrolling: An examination into how sport consumers use social media. International Journal of Sport Communication, 16(2), 187–201.
Kombaitan, Y. (2013). Implementasi Kebijakan TVRI Dalam Meningkatkan Kualitas Penyiaran Program. Jurnal Eksekutif, 2(1).
Morissan. (2011). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Kencana Prenanda Media Group.
Morissan. (2013). Teori Komunikasi : Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Nugroho, I. (2016). Positivisme Auguste Comte: analisa epistemologis dan nilai etisnya terhadap sains. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(2), 167–177.
Okamgba, U. C., Nwaorisara, O. F., & Chael, M. (2025). Influence of Information and Communication Technology ( ICT ) Broadcasting at the Nigerian Television Authority ( NTA ). 3(4), 243–264.
Oktavianti, P. R. M. (2022). Strategi Kemasan dan Kualitas Penyiaran, Terhadap Loyalitas Pemirsa TV One Dan Metro TV. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 7(2), 163–172.
Philip, K., & Amstrong, G. (2007). Marketing An Introduction (8th ed.).
Philip, K., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Prasetio, A. (2012). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 1(1).
Rahmayanty, N. (2013). Manajemen Pelayanan Prima. Graha Ilmu.
Raji, R. A., Arikewuyo, O. A., Oladimeji Adeyemi, A. S., & Pahore, M. R. (2020). Unveiling Social Gratifications Sought and Obtained from Social Media Utilization. Jurnal The Messenger, 12(2), 168–179. https://doi.org/10.26623/themessenger.v12i2.1818
Rhee, L., Bayer, J. B., Lee, D. S., & Kuru, O. (2021). Social by definition: How users define social platforms and why it matters. Telematics and Informatics, 59, 101538.
Ridwan, R. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Kartu GSM (Global System For Mobile) Pada Mahasiswa STIE Nobel Indonesia Makassar. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 8(1).
Rochim, M. R., Fahmi, I., & Jahroh, S. (2021). Factors that Affect the Satisfaction of Viewers Watching TVRI. International Journal of Research and Review, 8(6), 99.
Sangadji, Mamang, E., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Andi Offset.
Sari, R. T. P., & Rani, N. L. R. M. (2021). Efektivitas penggunaan digital marketing untuk promosi pada masa pandemi covid-19 di Petoss Mbok Sarinten Wonosobo. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 3(2), 109–122.
Serra, F., Peralta, V., Marotta, A., & Marcel, P. (2024). Use of context in data quality management: a systematic literature review. ACM Journal of Data and Information Quality, 16(3), 1–41.
Setiawan, H. A. (2024). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Aplikasi Shopee. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2), 1360–1366.
Shahab, M. H., Ghazali, E. M., & Mohtar, M. (2022). A systematic literature review and future research agenda for the gratification discrepancies approach. Contemporary Management Research, 18(1), 1–33.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Alfabeta.
Trisdianto, A., PS, C. W., Nastain, M., & Fariha, N. F. (2024). Pengaruh Kualitas Siaran MPL Indonesia Terhadap Loyalitas Penonton Di RRQ Kingdom Yogyakarta. Kohesi: Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 11–20.
Umulisa, S. R., & Kurniadi, H. (2023). Integrated Marketing Communication: Implementasi Portofolio dan Giveaway dalam Pemasaran Produk Icloth di Instagram. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 5(2), 60–74.
Utomo, S. B., Laksmono, R., Kurniawan, R., & Judijanto, L. (2024). Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(1), 507–513.
Wahu, A. D. (2004). Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif Dalam Manajemen Kualitas). Andi Offset.
Wibowo, M. N. T., & Irwansyah, I. (2023). A Systematic Literature Review of Uses and Gratifications of Media During the COVID-19 Pandemic. Ministrate: Jurnal Birokrasi Dan Pemerintahan Daerah, 5(3), 442–450.
Zhu, Z., Sun, W., Jia, J., Wu, W., Deng, S., Li, K., Chen, Y., Min, X., Wang, J., & Zhai, G. (2024). Subjective and Objective Quality-of-Experience Evaluation Study for Live Video Streaming. ArXiv Preprint ArXiv:2409.17596.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v7i1.36623
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id