Joget Prabowo dan Filter Bubble: Tinjauan terhadap Respon Masyarakat Pasca Pemilu di YouTube CNN Indonesia
Abstract
Algoritma media sosial menciptakan "filter bubble", yang mengekspos pengguna hanya pada konten yang sesuai dengan preferensi mereka, yang mengarah pada polarisasi masyarakat dan memengaruhi persepsi terhadap peristiwa politik, seperti jogetan Prabowo Subianto setelah pidato kemenangannya. Penelitian ini menganalisis dampak filter bubble terhadap persepsi publik atas video joget Prabowo di kanal YouTube CNN Indonesia. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mencakup wawancara mendalam dengan mahasiswa yang memiliki pandangan pro dan kontra terhadap Prabowo dan menganalisis konten media sosial terkait. Temuan menunjukkan bahwa gelembung filter dapat membentuk persepsi dan mengekspos pengguna terutama pada konten yang menyenangkan. Keberadaan filter buble juga dapat membentuk opini publik yang terpolarisasi. Ada responden yang merasa terhibur dalam aksi joget Prabowo tersebut, namun ada juga yang tidak menyukainya dan menganggap joget tersebut tidak pantas. Polarisasi menyebabkan ada respon yang pro dan kontra di masyarakat. Untuk beberapa hal filter bubble dapat memperluas polarisasi dan mempersulit terjadinya konsensus pada masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfifa, A.N., Batubara, V.F.R., Sakinah, K., Manik, J., Yoes, R.A. (2025). Media Sosial dan Pembentukan Opini Publik (Analisis Studi Kasus Echo Chamber Pada Interaksi Komentar di Akun Instagram @Turnbackhoaxid Dalam Konteks Post- Truht). Socius Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial 2(6), 162-169
Ali, D. J., & Eriyanto. (2021). Political polarization and selective exposure of social media users in indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 24(3), 268–283. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jsp.58199
Anspach, N. (2017). The New Personal Influence: How Our Facebook Friend Influnece the News we Read. Political Communication 34, 590606. https://doi.org/10.1080/10584609.2017.1316329
Aryantini, P.T., Pramana, G.I., Erviantono, T., Duarte, E.F.B. (2024). Peran Media Sosial dalam Pembentukan Opini Publik Politik: Studi Kasus Kampanye Pemilu 2024. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial 5(5), 1-11
Borgesius, F.J.Z., Triling, D., Moller, J., Bodo, B., De Vresse, C.H., Helberger, N. (2016). Should we wory about filter bubbles? Internet Policy Review. Journal on Internet Regulation 5(1). https:doi.org/10.14763/2016.1.401
Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., … Walker, K. (2020). Purposive sampling: complex or simple? Research case examples. JRN: Journal of Research in Nursing, 25(8), 652–661. https://doi.org/10.1177/1744987120927206
Dania, R., Nisa, P.K. (2023). Peran dan Pengaruh Media Sosial dalam kampanye Pemilihan Presidan 2024. Virtu: Jurnal kajian Komunikasi, Budaya dan Islam 3(2), 103-109.
Dwiyanti, D.A., Nurani, I., Alfarizi, M.N., Hubbah, R.D. (2023). Media Sosial terhadap Partisipasi Politik Warga Negara: Dampak Positif dan Negatif. Jurnal Advances in Social Humanities 1 (4), 298-306
Elizamiharti, & Nelfira. (2023). Demokrasi di era digital: tantangan dan peluang dalam partisipasi politik. Jurnal Riset Multidisiplin dan Inovasi Teknologi, 2(01), 61–72. https://doi.org/https://doi.org/10.59653/jimat.v2i01.342
Fadhillah, D., Sari, D., Aulia, N.A., Safiri, D. (2023). Analisis Fenomenologi Tagar#AnalogSwitchOff terhdap Polarisasi Media Sosial Twitter pada Generasi Z. Calathu: jurnal Ilmu Komunikasi 5(2), 92-101
Fata, M. K. (2018). Membaca polarisasi santri dalam kontestasi pilpres 2019. Jurnal Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 18(2), 325–346.
Feezell, J., Wagner, J., Conroy, M. (2011). Exploring the effects of algoritm-driven news sources on political bahavior and polirization. Computer Human Bahavior 116, 106626. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106626
Flaxman, S., Goel, S., Rao, j.M. (2016). Filter bubbles, echo chambers, and online news consumption. Public Opinion Quarterly 80 (1), 298-320.
Geschke, D., Lorenz, J., Holtz, P. (2019). The Triple-Filter Buble: Using Agent-based Modelling to Test a Meta-theoretical Framework for the Emergence of Filter Bubbles and Echo Chambers. British Journal of Social Psychology 58(1), 129-149
Haim, M., Graefe, A., Brosius, H.B. (2018). Burst of the Filter Bubble?: Effect of personalization on the diversity of Google News. Digital Journalism 6(3), 330-343.
Hannak, A., Sapiezynski, P., Molavi, K.A., Krishnamurthy, B., Lazer, D., Mislove, A., Wilson, C. (2013). Measuring personalization of web search. Proceedings of the 22nd Inernational Conferernce on Wolrd Wide Web, p. 527-538
H.W, J. K., Rizkyawan, K. F., Haris, M. Z., Muzaqi, R. K., & Afifah, Y. N. (2022). Fenomena echo chamber di media sosial dan dampaknya terhadap polarisasi politik bagi mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(2), 121–130.
Levy, R. (2020). Social Media, News Consumption and Polarization: Evidence from afield Experiment. Mass Commnication eJournal. https://ssrn.com/abstract=3653388
Lomboan, M. V, Rumayar, A. A., & Mandagi, C. K. F. (2020). Gambaran persepsi masyarakat tentang pencegahan covid-19 di kelurahan Talikuran Utara kecamatan Kawangkoan Utara. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 9(4), 111–117.
Lusi, R. M. E. (2024). Komunikasi digital dan keterlibatan politik: menilai pengaruh platform online terhadap opini publik. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(3), 782–788. https://doi.org/https://doi.org/10.56799/jceki.v3i3.3386
Nazma, A. A., & KN, J. (2024). Kampanye kreatif calon presiden Anis Baswedan pada media sosial tiktok. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(3), 86–93. https://doi.org/https://doi.org/10.56799/jim.v3i3.2938
Nuraliza, V., Rahmadi, A. N., Mubaroq, A., Kristiyono, Melani, A. P., & Ifana, A. (2024). Peran komunikasi politik dalam membentuk opini publik menghadapi pemilu 2024. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 4(1), 245–261. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i1
Pariser, E. (2011). Beware online “filter bubbles”. USA: YouTube TED. https:://www.youtube.com/watch?v=B8ofWFx525s
Perwita, A. I., Nuryanti, & Setiansah, M. (2023). Interpretasi khalayak terhadap humor sexist dalam tayangan komedi lapor pak! trans 7. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 20(2), 185–206. https://doi.org/10.24002/jik.v20i2.5882
Putri, A.S., Nurhayati, S. (2024). Pengaruh Algoritma TikTok dan Konten Kreatif pada TikTok Shop Terhadap Keputusan Pembelian. JBMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen dan Akuntansi XI (1), 10-15
Riendani,C.R., S, I.R.A., Abhinaya, A., Abdillah, A.R. & Mufadhol, B.D. (2024). Pengaruh Algoritma Media Sosial Terhadap Selektivitas Konsumsi Berita Politik Pada Generasi Z Di Indonesia. Jurnal Pustaka Cendekia Hukum Dan Ilmu Sosial, 2(3), 224–228. https://doi.org/10.70292/pchukumsosial.v2i3.68
Safitri, D., Ridwan, D.P., Wijaya, H., Rheta, N.A. (2024). Pengaruh Algoritma Filter Buble terhadap minat beli produk di Aplikasi TikTok oleh Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNJ angkatan 2020-2022. Komunikasi, Teknologi dan Budaya. Jawa Tengah: Rayaz Media
Sweinstani, M. K. D. (2018). Mitos dan realita perempuan dalam pemilu: sebuah pelajaran dari situasi politik Amerika di era polarisasi. Jurnal Penelitian Politik, 15(2), 307–317. https://doi.org/10.14203/JPP.V15I2.756
Werner, G. (2023). “Bagaimana Cara Kerja Algoritma TikTok?” How Does the TikTok Algorithm Work?
Widayanti, C., & Fridiyanti, Y. N. (2023). Analisis pengaruh debat calon presiden 2024 pertama terhadap elektabilitas calon presiden perspektif pandangan masyarakat. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 1720–1731. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.259
Wulandari, V., Rullyana, G., & Ardiansah, A. (2021). Pengaruh algoritma filter bubble dan echo chamber
terhadap perilaku penggunaan internet. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 17(1). https://doi.org/10.22146/bip.v17i1.423
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v6i2.33856
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id