Perencanaan Komunikasi Kolaboratif PT Arara Abadi dengan Stakeholder dalam Program Desa Makmur Peduli Api

Nurhayati Nurhayati, Yasir Yasir

Abstract


Perusahaan memiliki peran penting dalam menyelesaikan masalah sosial dan lingkungan melalui program corporate social responsibility (CSR). PT Arara Abadi menerapkan program CSR, melalui Desa Makmur Peduli Api (DMPA) untuk mengatasi masalah lingkungan. Penelitian ini bertujuan mengetahui komunikasi kolaboratif PT Arara Abadi dengan stakeholder dalam melaksanakan program DMPA. Penelitian ini menggunakan teori communicative planning dan teori stakeholder. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan komunikasi CSR PT Arara Abadi dalam program pemberdayaan masyarakat menggunakan pendekatan kolaboratif dengan beberapa stakeholder. Keterlibatan stakeholder dalam perencanaan mulai dari tahapan analisis masalah dan riset dengan pemetaan sosial digunakan untuk merumuskan kebijakan komunikasi yang digunakan. Kemudian dalam tahapan pelaksanaan program, praktisi CSR memberdayakan kelompok tani Mutiara Indah untuk menyukseskan program DMPA. Kegiatan komunikasi juga dilakukan dengan memfasilitasi masyarakat. Program DMPA didukung dengan event-event untuk mendukung program tersebut dan dipromosikan melalui media online dan website. Tahapan berikutnya evaluasi yang dilakukan dengan melihat efek perubahan perilaku masyarakat dan juga dengan melakukan FGD dengan stakeholder.


Keywords


Corporate social responsibility; perencanaan komunikasi; kolaboratif; pemberdayaan masyarakat

Full Text:

PDF

References


Affan, I. (2021). Urgensi Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukum, 6(1), 127–138.

Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Dewi, S. C. K & Davianti, A. (2019). Stakeholder Engagement Sebagai Praktik CSR Pengungkapannya Pada Kelompok Usaha Lippo Group. International Journal of Social Science and Business, 444-455.

Dewi, S. C. K & Davianti, A. (2019). Stakeholder Engagement Sebagai Praktik CSR Pengungkapannya Pada Kelompok Usaha Lippo Group. International Journal of Social Science and Business, 444-455.

Endah, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat: Menggali Potensi Lokal Desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135–143.

Gunawan, W., & Sutrisno, B. (2021). Pemetaan sosial untuk perencanaan pembangunan masyarakat. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 2(2), 94–105.

Kriyantono, R. (2020). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif. Prenamedia Group.

Leksono, R. B., Kombaitan, B., Putro, H. P. H., Winarso, H., & Sutriadi, R. (2019). Pembangunan Konsensus: Solusi Perencanaan Di Bawah Tekanan? Tataloka, 21(3), 497. https://doi.org/10.14710/tataloka.21.3.497-520

Moelong, L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Muazzin, M. (2014). Hak Masyarakat Adat (Indigeneous Peoples) atas Sumber Daya Alam : Perspektif Hukum Internasional. Padjajaran; Jurnal Ilmu Hukum (Journal of Law) , 1(2), 322–345. https://doi.org/10.22304/pjih.v1n2.a7

Nizam, R. M., & Yasir, Y. (2022). Perencanaan Komunikasi Corporate Social Responsibility Pertamina RU II Sei Pakning dalam Pengembangan Ekowisata Arboretum Gambut. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 1. https://doi.org/10.33021/exp.v5i1.1617

Putri, W. (2023). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Risiko Bank. AKUNESA: Jurnal Akuntansi Unesa, 11(3), 269–278.

Stefani Christina Kurnia Dewi, A. D. (2019). Stakeholder Engagement Sebagai Praktik CSR Pengungkapannya Pada Kelompok Usaha Lippo Group. International Journal of Social Science and Business, 444-455.

Subekti, P., Setianti, Y., & Hafiar, H. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Lingkungan Hidup Di Desa Margalaksana Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Kawistara, 8(2), 148. https://doi.org/10.22146/kawistara.30379

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Alfabeta.

Wang, J. C. (2021). Communicating Environmental CSR towards Consumers: The Impact of Message Content, Message Style and Praise Tactics. Sustainability (Switzerland), 1-17.

Wibowo, N. F. S., & Nasvian, M. F. (2022). Strategi Komunikasi Lembaga Konservasi Alam Dalam Menjalankan Program Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Sosial Politik, 8(1), 109–122. https://doi.org/10.22219/jurnalsospol.v8i1.20538

Wedayanti, M. D., & Susanti, H. (2019). Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat (CBT) Menggunakan Kontribusi Corporate Social Responsibility (CSR) di Pekanbaru Provinsi Riau. Wedana, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.25299

Yasir, Y. (2020). Enviromental Communication Model of Framer Community in Peatlands Ecotourism Development. Journaql of Physics: Conference Series, 1665(1). https://doi.org 10.1088/1742-6596/1655/1/012133

Yasir, Y., Nurjanah, N., & Samsir, S. (2023). Enviromental Communication of Corporate Social Responsibility (CSR) in Fire Disaster Mitigation on Peatlands. Anuario Do Instituto de Geociencias, 46. https://doi.org/10.11137/1982- 3908_2023_46_49559

Yohana, N., Yasir, Y., Evawani, & Nurjanah. (2021). Model Manajemen Komunikasi Program Corporate Social Responsibility (Csr) Kampung Gambut Berdikari Pt. Pertamina Ru Ii Sungai Pakning Kabupaten Bengkalis. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 5(2), 170–187. https://doi.org/10.33884/commed.v5i2.2387




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v6i1.30387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

  

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id