Pengawasan Siaran Iklan Kampanye Pemilihan Umum 2024 di Lembaga Penyiaran oleh Komisi Penyiaraan Indonesia Daerah Riau

Mustafa Mustafa, Rohayati Rohayati, Nur Alhidayatillah

Abstract


Artikel ini ingin melihat bagaimana Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau melakukan pemantauan dan pengawasan sesuai Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengawasan Pemberitaan, Penyiaran dan Iklan Kampanye Pemilihan Umum pada Lembaga Penyiaran , dalam masa kampanye, pemungutan suara, dan penghitungan suara Pemilu 2024. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan Teknik pengumpulan dokumentasi dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan sebelum pengawasan KPID Riau melakukan beberapa hal yakni pembentukan tim, sosialisasi, dan diskusi. Dalam rangka pengawasan penyiaran Pemilu 2024 KPID Riau melakukan beberapa hal yakni pemantauan langsung melalui ruang pemantauan, kedua pengawasan langsung ke lapangan yakni datang ke lembaga penyiaran di daerah kabupaten/kota, kemudian menerima pengaduan dari masyarakat. KPID Riau melihat bahwa lembaga penyiaran sudah sangat mematuhi regulasi terkait dengan penyiaran dan iklan kampanye Pemilu 2024, jumlah lembaga penyiaran yang menayangkan iklan kampanye di Provinsi Riau masih sedikit yakni hanya tujuh radio dan satu televisi yang tersebar di empat kabupaten/kota. Adapun Kendala yang dihadapi dalam pengawasan ini yakni anggaran yang terbatas, tim pemantau yang sedikit, sekretariat belum bisa mengakses secara langsung siaran di lembaga penyiaran di luar Pekanbaru sehingga diawasi pasca tayang.  Dari hasil evaluasi juga tidak banyak lembaga penyiaran yang menayangkan iklan layanan masyarakat khususnya pemilu seperti mengajak masyarakat datang ke Tempat Pemungutan Suara.


Keywords


Pemilu 2024; Penyiaran; Pengawasan

Full Text:

PDF

References


Alnofrizal, Setiawan, H., & Yasir, I. M. (2024, January 18). Keputusan Bersama Nomor Badan Pengawas Pemilu Riau, KPID Riau, dan KPU Riau: 1/HK.02/K.RA/01/2024 TENTANG tentang Pengawasan dan Pemantauan Kampanye Pemilu Melalui Media Massa Cetak, Media Massa Elektronik dan Internet Pada Pemilihan Umum Tahun 2024 di Provinsi Riau.

Ardianto, R. (2023). Bawaslu Bersama KPU, KPI, dan Dewan Pers Bentuk Gugus Tugas Pengawasan Pemberitaan. Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia. https://bawaslu.go.id/id/berita/bawaslu-bersama-kpu-kpi-dan-dewan-pers-bentuk-gugus-tugas-pengawasan-pemberitaan

Bagja, R., Assyari, H., Ubaidillah, & Rahayu, N. (2023, February 9). Keputusan Bersama antara , Badan Pengawas Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum, Komisi Penyiaran Indonesia, Dewan Pers Nomor: 0221.1/PM.04/K1/02/2023 Nomor 12/PR.07-NK/01/2023 Nomor: 01/KPI/HK.01.10/02/2023 Nomor: 02/DP/MoU/II/2023 tentang Gugus Tugas Pengawasan dan Pemantauan Pemberitaan, dan Penyiaran Iklan Kampanye dalam Penyelenggaran Pemilu 2024. Bawaslu, KPU, KPI, Dewan Pers.

Bagja, R., Ubaidillah, Asy’ari, H., & Rahayu, N. (2023, September 6). Petunjuk Teknis Nomor 3561.1/PM.04 KI/11/2023 Nomor: 01/KPI/ HK 02.01/11/2023 Nomor: 1615 Tahun 2023 Nomor: 01/DP/PKS/XI/2023 tentang Tata Cara Pengawasan dan Pemantauan Pemberitaan, Penyiaran, dan Iklan pada Masa Sosialisasi Peserta Pemilu dan Tahapan Kampanye Pemilihan Umum 2024 Melalui Lembaga Penyiaran dan Perusahaan Pers. Bawaslu, KPU, KPI, Dewan Pers.

Bennett, W. L., & Iyengar, S. (2008). A New Era of Minimal Effects? The Changing Foundations of Political Communication. Journal of Communication, 58(4), 707–731.

Blais, A., & Massicotte, L. (2002). Electoral systems. In J. H. L. R. K. E. J. L. S. R (Ed.), Comparing democracies 2: Elections and voting in global perspective (pp. 49–81). Sage Publications.

Boulianne, S. (2011). Stimulating or Reinforcing Political Interest: Using Panel Data to Examine Reciprocal. Effects Between News Media and Political Interest. Political Communication, 28(2), 147–162.

Boydstun, A. E. (2013). Making the News: Politics, the Media, and Agenda Setting. University of Chicago Press.

Chadwick, A. (2013). The Hybrid Media System: Politics and Power. Oxford University Press.

D’Alessio, D., & Allen, M. (2000). Media Bias in Presidential Elections: A Meta-Analysis. Journal of Communication, 50(4), 133–156.

Denton, R. E. (2000). The 1996 Presidential Campaign: A Communication Perspective. Praeger.

Editorial. (2024). KPI Reminds Broadcasting Institutions To Maintain Neutrality During Voting. VOI - Waktunya Merevolusi Pemberitaan. https://voi.id/en/news/356794

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fajar, J. (2023, August 7). Bawaslu Bersama Stakeholder Susun Juknis Pengawasan dan Pemantauan Pemberitaan, Penyiaran dan Iklan Kampanye. Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia. https://bawaslu.go.id/id/berita/bawaslu-bersama-stakeholder-susun-juknis-pengawasan-dan-pemantauan-pemberitaan-penyiaran-dan

Forrest, J., & Marks, G. N. (1999). The Mass Media, Election Campaigning and Voter Response: The Australian Experience. Party Politics, 5(1), 99–114. https://doi.org/10.1177/1354068899005001006

Friedman, J. (2015). Independent election commissions and their role in electoral integrity. Electoral Studies, 39, 220–228. https://doi.org/10.1016/j.electstud.2015.05.003

Gentzkow, M., & Shapiro, J. M. (2004). Media Bias and Reputation. Journal of Political Economy, 114(2), 280–316.

Glavaš, D. (2017). Political advertising and media campaign during the pre-election period: A Comparative Study. OSCE.

Gonzalez, M. (2017). Ensuring electoral integrity: The role of watchdog organizations. International Journal of Public Administration, 40(3), 210–219. https://doi.org/10.1080/01900692.2016.1155053

Gunawan, H. (2023). KPID Riau Gelar Diskusi Publik. Rri.Co.Id - Portal Berita Terpercaya. https://www.rri.co.id/daerah/480033/kpid-riau-gelar-diskusi-publik

Hollander, B. A. (2005). The Primacy of Communication in the Study of Election Campaigns. Political Communication, 22(4), 437–444.

Humas KPID Sumbar. (2023). KPID Sumbar Gelar FGD Dalam Memaksimalkan Pengawasan Terhadap Siaran dan Iklan Kampanye Pemilu 2024. https://kpid.sumbarprov.go.id/details/news/293-kpid-sumbar-gelar-fgd-dalam-memaksimalkan-pengawasan-terhadap-siaran-dan-iklan-kampanye-pemilu-2024.html

Iyengar, S., & Simon, A. (2000). New Perspectives and Evidence on Political Communication and Campaign Effects. Annual Review of Psychology, 51(1), 149–169.

Jamieson, K. H. (1992). Dirty Politics: Deception, Distraction, and Democracy. Oxford University Press.

Kim. (2023). KPID Riau Bakal Gelar Diskusi Publik Pengawasan Pemilu 2024, Ini yang Dibahas. Kiblatriaucom. https://kiblatriau.com/news/detail/22196/kpid-riau-bakal-gelar-diskusi-publik-pengawasan-pemilu-2024-ini-yang-dibahas

Laksono, M. S., Setyarini, D., Stefano, H., & Rodiyah, N. (2019). Mengawal Demokrasi: Dinamika Pengawasan Penyiaran Pemilu 2019 (1st ed.). Komisi Penyiaran Indonesia.

Luntz, F. (1996). Words that Work: It’s Not What You Say, It’s What People Hear. Hyperion.

Magar, E. (2018). The impact of electoral financing laws on campaign strategies. Electoral Studies, 55, 57–65. https://doi.org/10.1016/j.electstud.2018.03.003

McCombs, M., & Shaw, D. L. (1972). The Agenda-Setting Function of Mass Media. Public Opinion Quarterly, 36(2), 176–187.

Mendel, T. (2012). Regulation of Paid Political Advertising: A Survey. Center For Law and Democracy. https://www.law-democracy.org/wp-content/uploads/2012/03/Elections-and-Broadcasting-Final.pdf

Norris, P. (2004). Electoral Engineering: Voting Rules and Political Behavior. Cambridge University Press.

Ojekwe, G. I. (2016). Political advert campaigns and voting behaviour: Akinwunmi Ambode’s 2015 Election Campaign in Lagos State. Journal of African Elections, 15(2), 13–27. https://doi.org/10.20940/JAE/2016/v15i2a1

Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum, Pub. L. No. 15 (2023).

Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengawasan Pemberitaan, Penyiaran, dan Iklan Kampanye Pemilihan Umum pada Lembaga Penyiaran, Pub. L. No. 887, 14 Tahun 2023 (2023).

RIAUTV (Director). (2023, December 13). KPID Gelar Publik Bersama KPU Terkait Pengawasan Iklan dan Kampanye Pemilu 2024 [Video recording]. https://www.youtube.com/watch?v=wY_4EM2NM0M

Setiawan, I., & Wahid, U. (2019). Peran Kpi Dalam Mengawasi Netralitas Isi Siaran Berita Pilpres 2019 Di Televisi. PANTAREI, 3(04), 04.

Sides, J., Vavreck, L., & Warshaw, C. (2022). The Effect of Television Advertising in United States Elections. American Political Science Review, 116(2), 702–718. https://doi.org/10.1017/S000305542100112X

Siregar, T. (2024). Bawaslu dan KPU serta KPID di Riau Bentuk Gugus Tugas Pengawasan. Rri.Co.Id - Portal Berita Terpercaya. https://rri.co.id/pemilu/521255/bawaslu-dan-kpu-serta-kpid-di-riau-bentuk-gugus-tugas-pengawasan

Strömbäck, J. (2005). In Search of a Standard: Four Models of Democracy and. Their Normative Implications for Journalism. Journalism Studies, 6(3), 331–345.

Sulthoni. (2023, August 14). Isi PKPU Nomor 15 Tahun 2023 soal Kampanye Pemilu dan Link PDF. tirto.id. https://tirto.id/isi-pkpu-nomor-15-tahun-2023-soal-kampanye-pemilu-dan-link-pdf-gNVl

Surahman, F. (2023, October 30). Surat Keputusan Ketua KPID Nomor: Kpts.001/KPID Riau/PP/2023 Tentang Pengangkatan Kelompok Kerja Pengawasan dan Pemantauan Pemberitaan, Penyiaran dan Iklan Kampanye dalam Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Riau [Personal communication].

Ubaidillah. (2023, May 3). PKPI Nomor 4 tahun 2023 Tentang: Pengawasan Pemberitaan, Penyiaran dan Iklan Kampanye Pemilihan Umum Pada Lembaga Penyiaran. Komisi Penyiaran Indonesia. https://www.kpi.go.id/index.php/id/regulasi/peraturan-kpi?detail3=21324&detail5=23358

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017. (2017). Sekretariat Negara. http://peraturan.bpk.go.id/Details/37644/uu-no-7-tahun-2017

Warsito. (2024, March 20). Wawancara tentang Pengawasan Penyiaran Pemilu 2024 di Provinsi Riau oleh KPID Riau [Personal communication].

Warsito, Setiawan, H., Qodri, A. R., Surahman, F., & Khair, M. A. (2024). Eskpos Hasil Pemantauan dan Pengawasan Pemberitaan dan Siaran Iklan Pemilu 2024 di Lembaga Penyiaran Provinsi Riau oleh KPID Provinsi Riau. Coffe Morning, Pekanbaru.

Wolfinger, R. E., & Rosenstone, S. J. (1980). Who Votes? Yale University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v6i1.29416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

  

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id