Proses Adaptasi Mahasiswa Asal Alor Nusa Tenggara Timur di Lingkungan Pendidikan Universitas Kebangsaan Republik Indonesia

Nurhadia Jafar Djonu, Diny Fitriawati, Gilang Bintang

Abstract


Bandung setiap tahunnya menjadi daerah yang dipilih oleh mahasiswa daerah untuk menimba ilmu. Alasannya karena masyarakatnya yang ramah dan biaya hidup yang relatif murah. Mahasiswa asal Kabupaten Alor yang menjadi salah satu mahasiswa yang merantau ke Kota Bandung. Selama merantau dan berinteraksi dengan mahasiswa lokal, mereka merasakan beberapa hambatan yang disebabkan adanya perbedaan budaya antara Alor dengan Bandung seperti dari bahasa, kebiasaan, cita rasa makanan, dan gaya pergaulannya. Hambatan tersebut menjadi faktor timbulnya proses adaptasi yang ketidakmampuan mereka dalam menerima perbedaan yang ada. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui proses fase perencanaan, fase honeymoon dan fase frustasi pada proses adaptasi di Universitas Kebangsaan Republik Indonesia. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses adaptasi yang dialami oleh mahasiswa asal Alor Nusa Tenggara Timur terdiri dari empat fase yaitu; fase perencanaan, fase honeymoon, fase frustasi, dan yang terakhir fase readjustment. Fase perencanaan di mana fase ini  dialami oleh mahasiswa asal Alor untuk mempersiapkan secara material maupun mental. Fase honeymoon ini para mahasiswa asal Alor memiliki perasaan semangat untuk memulai kehidupan di lingkungan baru. Fase frustasi yang dialami oleh mahasiswa asal Alor diakibatkan ketidaksesuaian ekspektasi mereka dengan realita yang ada. Fase yang terakhir yaitu fase readjustment, di mana seseorang menyelesaikan masa krisisnya yang dialami difase frustasi dengan cara mengatasi masalah mereka masing-masing dengan cara mengubah perilaku dengan mengikuti organisasi yang ada di kampus, dengan begitu akan mendapat perhatian lebih dari teman-teman kampus dan tidak merasa terasingkan oleh kelompok-kelompok pertemanan yang ada di lingkungan kampus.


Keywords


Proses adaptasi; akomodasi komunikasi; interaksi sosial

Full Text:

PDF

References


Blumer, H. (2016) Symbolic Interactionism: Perspective and Method. Los Angeles: University Of Califronia Press.

Falimu. (2017). Etika Komunikasi Pegawai terhadap Pelayanan Penerbitan Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Luwuk Kabupaten Banggai. Komunikator, 9(1). https://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/2573.

Faradyba, R. P,. Sembada, W. Y,. Nathanael, G. K. (2022). Proses Adaptasi Mahasiswa Rantau Dari Batam Dalam Menghadapi Komunikasi Antarbudaya Di UPNVJ. Communications, 4(1), 94-113. https://doi.org/10.21009/ communications4.1.5.

Firmansyah, M., A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Katarzyna, T. (2018). Empathy, Resilience, and Gratitude-Does Gender Make a Difference. Annals of Psychology.

Liliweri, A. (2007). Makna Budaya Dalam Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: LkiS Pelangi Aksara.

Littlejohn, S. W., Foss, K. A.,& Oetzel, J. G. (2017). Theories of Human Communication (11th). USA: Waveland Press.

Mulyana, D & Rakhmat, J. (2006). Komunikasi Antarbudaya: Panduan Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurdiana, E. E. P., Gucci, Y. C., Rachmat, A. P., & Safitri, D. (2020). Akomodasi Komunikasi Mahasiswa Pendatang. Jurnal Komunikasi Global, 9(2), 266–281. https://doi.org/10.24815/JKG.V9I2.17359.

Oriza,.V. (2016). Proses Adaptasi Dalam Menghadapi “Culture Shock” (Studi Deskriptif Terhadap Mahasiswa Perantau di Universitas Telkom).

Ridwan, A. (2016). Komunikasi Antar Budaya: Mengubah Persepsi dan Sikap Dalam Meningkatkan Kreativitas Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Ruben, B. D., Stewart, L. P. (2013). Komunikasi dan Perilaku Manusia. PT. Raja Grafindo Persada.

Samovar, L. A., Porter, R. E., McDaniel, E. R. (2010). Komunikasi Lintas Budaya, Edisi 7. Jakarta: Salemba Humanika.

Sani, R. A. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke19. Bandung: Alfabeta.

Wardah, W., & Sahbani, U. D. (2020). Adaptasi Mahasiswa Terhadap Culture Shock. Jurnal Komunikasi Dan Organisasi (J-KO), 2(2), 120–124. https://doi.org/10.26644/JKO.V2I2.8077.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v5i1.26475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

  

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id