Analisis Jaringan Komunikasi pada Hashtag #cekfakta Penanganan Penyebaran Hoax di Twitter

Endy Kharisma Ukpanur, Ismandianto Ismandianto

Abstract


Media sosial merupakan ruang interaksi orang banyak yang mentransmisikan berbagai pesan. Hashtag #cekfakta berkaitan erat dengan upaya penanganan penyebaran hoax. Penelitian bertujuan mengetahui bagaimana jaringan komunikasi yang terjalin antar pengguna akun Twitter yang menggunakan hashtag #cekfakta dan siapa saja aktor yang berpengaruh dalam penyebaran hashtag tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek yang digunakan penelitian ini ialah Twitter dan objek penelitian ini ialah pengguna Twitter yang menggunakan hasthag #cekfakta. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, observasi dan studi dokumentasi. Teknik Analisa data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis jaringan komunikasi ditemukan 12 aktor yang terlibat dalam persebaran hashtag #cekfakta di Twitter sejak tanggal 27 Juni hingga 6 Juli 2023, dan ditemukan 12 nodes dan 9 edges dalam jaringan tersebut. Dalam jaringan tersebut juga ditemukan akun @TurnBackHoax yang mendapatkan nilai tertinggi dalam perhitungan nilai sentralitas. Dapat disimpulkan bahwa akun @TurnBackHoax mempunyai peran dan pengaruh yang besar dalam proses persebaran hashtag #cekfakta.


Keywords


Analisis jaringan komunikasi; hoaks; #cekfakta; Twitter

Full Text:

PDF

References


Afifah, E. O., & Kusuma, T. (2019). Analisis Komunikasi Antar Penggemar Seventeen Sebagai Cyberfandom Di Twitter. Mediator: Jurnal Komunikasi, 12(1), 71–80. https://doi.org/10.29313/mediator.v12i1.4624

Agus Purwanto, E. dan D. R. S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Untuk Administrasi Publik, Dan Masalah-masalah Sosial. Metode Penelitian Kuantitatif, Untuk Administrasi Publik, Dan Masalah-masalah Sosial (Gaya Media).

Akmal, A. D., Permana, I., Fajri, H., & Yuliarti, Y. (2022). Opini Masyarakat Twitter terhadap Kandidat Bakal Calon Presiden Republik Indonesia Tahun 2024. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 4(4), 292–300. https://doi.org/10.24036/jmiap.v4i4.160

Burhan, B. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Raja Grafindo.

Fikri, M., Rahmanto, A., & Suparno, B. A. (2020). Jaringan Komunikasi tentang Isu Polemik Audisi Perkumpulan Bulutangkis Djarum tahun 2019 di Twitter. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(2), 194. https://doi.org/10.31315/jik.v18i2.3552

Inayah, D., & Purba, F. L. (2021). Implementasi Social Network Analysis Dalam Penyebaran Informasi Virus Corona (Covid-19) Di Twitter. Seminar Nasional Official Statistics, 2020(1), 292–299. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2020i1.573

Ismandianto, I., Suyanto, S., Latifah, K., & Muchid, M. (2022). Transformation of Radio Technology in The Digital Age. Nyimak: Journal of Communication, 6(1), 115. https://doi.org/10.31000/nyimak.v6i1.5547

Kurmia, N. (2005). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi terhadap Teori Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi. https://doi.org/10.29313/mediator.v6i2.1197

Lubis, L., Ridwan, R., Saleh, A., & Furbani, W. (2022). Literasi Komunikasi Warganet Generasi Milenial Di Media Sosial (Studi Kasus Warganet Di Kota Mataram). Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper), 4(1), 142–159. https://doi.org/10.31764/jiper.v4i1.8695

Moleong, L. J. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Sazali, H. (2023). Islamic Political Communication System Mapping Millennial Muslim Geopolitics on social media in Facing the 2024 Presidential Election. 15(1), 122–134.

Setyawan, I., & Sulistyawati, S. (2020). Pencegahan Penyebaran Hoax Melalui Media Sosial Pada Masyarakat Desa. Prossiding Seminar Hasil Penelitian 2019, 373–384. https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/563/556

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Utami, S. R., Safitri, R. N., & Kuncoroyakti, Y. A. (2021). Analisis Jaringan dan Aktor #BatalkanOmnibusLaw di Media Sosial Twitter Menggunakan Social Network Analysis (SNA). 4(3), 135–148.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v5i1.25594

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

  

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id