Strategi Komunikasi Pemasaran Paguyuban Batik Tulis Giriloyo Menghadapi Pandemi COVID-19

Nurhalisa Sy Goma, Mufid Salim, Rustono Farady Marta

Abstract


PPaguyuban Batik Tulis Giriloyo adalah salah satu UMKM yang bergerak pada bidang pelestarian kebudayaan batik tulis khas Yogyakarta serta menaungi seluruh pengrajin batik yang ada di kawasan kelurahan Wukirsari. Pandemi COVID-19 membawa dampak yang sangat besar bagi Paguyuban Batik Giriloyo. Para pengrajin Paguyuban Batik Tulis Giriloyo mengandalkan penjualan batik dari kunjungan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Paguyuban Batik Tulis Giriloyo di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui obeservasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Paguyuban Batik Tulis Giriloyo adalah segmentasi, targeting, positioning, dan bauran pemasaran. Dalam langkah awal Paguyuban Batik Tulis Giriloyo memetakkan terlebih dahulu dari strategi komunikasi dengan menjadikan wisatawan lokal dan pelajar sebagai pasar sasaran dalam menghadapi COVID-19. Paguyuban Batik Giriloyo juga menerapkan bauran pemasaran yang memiliki tujuh elemen, yaitu produk, harga, tempat, sarana fisik, orang, proses dan promosi.


Keywords


Strategi komunikasi; bauran pemasaran; batik tulis

Full Text:

PDF

References


Aditya, W. R. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Pada Event Tupperware Home Party Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen PT. Riau Cahaya Utami Di Kota Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4(1), 1–15.

Agung, H., Marta, R. F., & Christanti, C. (2021). Dampak Strategi Pemasaran Digital Shopee terhadap Pembelian Impulsif Produk Kesehatan selama Pandemi di Indonesia. Communication, 12(2), 122–131. https://doi.org/10.36080/COMM.V12I2.1500.G1003

Anggraheni, P., Setyowati, N. T., & Harry, H. (2021). SOCIAL MEDIA AND POLITICAL PARTICIPATION IN INDONESIA: RESTRICTIONS ACCESS AT ANNOUNCEMENT RESULTS OF 2019 PRESIDENTIAL ELECTION. ASPIRATION Journal, 2(2), 99–128. https://doi.org/https://doi.org/10.56353/aspiration.v2i1.23

Angreani, N., Marta, R. F., Kertamukti, R., Kartono, M. M., & Cong, P. K. (2021). Zenius Stimulation during a Pandemic: Framing of Republika.co.id and Liputan6.com on Distance Learning Issues in the Pandemic Era. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 15(1), 83–96. https://doi.org/10.24090/KOMUNIKA.V15I1.4474

Ariyanto, A., Wongso, F., Wijoyo, H., Indrawan, I., Musnaini, Akbar, M. F., Anggraini, N., Suherman, Suryanti, & Devi, W. S. G. R. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi (H. Wijoyo, D. Sunarsi, & I. Indrawan (Eds.)). PENERBIT INSAN CENDEKIA MANDIRI.

Azzahrani, M. (2018). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KEMENTERIAN PARIWISATA INDONESIA DALAM PESONA INDONESIA MELALUI YOUTUBE. Jurnal Manajemen Komunikasi, 2(2), 144–161. https://doi.org/10.24198/JMK.V2I2.12925

Batik Giriloyo. (2020). Mengenal Paguyuban Batik Giriloyo. https://batikgiriloyo.co.id/batik-giriloyo/

Chinmi, M., & Marta, R. F. (2020). RuangGuru as an Ideation of Interaction and Education Revolution during COVID-19 Pandemic in Indonesia. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 12(2Sup1 SE-), 118–129. https://doi.org/10.18662/rrem/12.2Sup1/297

Christina, S., Sitinah, S., Kuniawati, L. S. M. W., Sandi, F., & Marta, R. F. (2021). Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawan PT Antavaya Melalui Program Acara Celebrity on Vacation Trans TV. Tuturlogi: Journal of Southeast Asian Communication, 2(1), 25–38. https://doi.org/10.21776/UB.TUTURLOGI.2020.002.01.2

CNN Indonesia. (2021). Penyebab Pertumbuhan Ekonomi RI Minus 2,07 Persen pada 2020. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210206080350-532-603013/penyebab-pertumbuhan-ekonomi-ri-minus-207-persen-pada-2020

David, F. R. (2011). Strategic Management Manajemen Strategis Konsep (12th ed.). Salemba Empat.

Fenti, F., & Eddyono, A. S. (2021). Analisis Wacana Kritis tentang Perempuan di Masa Pandemi Covid-19 pada Media Alternatif Magdalene.co. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 3(2), 123–137. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/komunikasiana/article/view/16415

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran. CV. Penerbit Qiara Media.

Harry, H., Marta, R. F., & Briandana, R. (2021). Memetakan tautan budaya Lasem melalui dokumenter Net. biro Jawa Tengah dan MetroTVNews. ProTVF, 5(2), 227–246. https://doi.org/10.24198/PTVF.V5I2.33411

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.

Irawan, I. D. (2020). UPNVY Bantu Promoso Batik Tulis Giriloyo, Bantul Lewat Digital Strorytelling. TribunJogja.Com. https://jogja.tribunnews.com/2020/08/04/upnvy-bantu-promoso-batik-tulis-giriloyo-bantul-lewat-digital-strorytelling

Ismail, I. H., Salim, M., & Chang, J. (2022). Ledok Sambi Tourism Village Marketing Mix Strategy in the New Normal Era. Proceeding Youth Communication Day 2021 International Conference and Workshop “Communication Challenges in the Age of Hybrid, 532–550.

Katadata Insight Center. (2020). Digitalisasi, Strategi UMKM Selamat dari Krisis. Kata Data. https://katadata.co.id/katadatainsightscenter/analisisdata/5f03cf11e0198/digitalisasi-strategi-umkm-selamat-dari-krisis

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13th, Jilid ed.). Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. PT. Macananjaya Cemerlang.

Kusniadji, S. (2016). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM KEGIATAN PEMASARAN PRODUK CONSUMER GOODS (Studi kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang. Jurnal Komunikasi, 8(1), 83–98. https://doi.org/10.24912/JK.V8I1.49

Lang, J. C. F., Marta, R. F., & Menayang, A. P. (2020). TRANSFORMASI IDENTITAS KOTA BITUNG DITINJAU DARI CITRA PARIWISATA HEKSAGONAL ANHOLT. Jurnal Riset Komunikasi, 3(2), 120–139. https://doi.org/10.38194/JURKOM.V3I2.160

Marta, R. F., Fernando, J., Sampurna, A., Boado Jarata, J. R., & Syarnubi, K. L. (2021). Interactivity in E-Sport Future Learning from the Choices and Attributes Perspectives of Online News. Review of International Geographical Education Online, 11(4).

Menayang, A. P., & Marta, R. F. (2020). Branding of North Sulawesi tourism through the hexagon of competitive identity. Jurnal Studi Komunikasi, 4(2), 410–434. https://doi.org/10.25139/JSK.V4I2.2474

Miswar, R. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN POKDARWIS WUKIRSARI DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN BATIK TULIS GIRILOYO DESA WISATA WUKIRSARI IMOGIRI [Universitas Muhammadiyah Yogyakarta]. http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/15952

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana Prenada Media Group.

Riduan. (2004). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta.

Safitra, R., Salim, M., Marta, R. F., & Hariyanti, N. (2022). Peningkatkan Wisatawan Masa New Normal: Telaah Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar . Jurnal Politikom Indonesiana, 7(1 SE-Jurnal Politikom Indonesiana), 40–64. https://doi.org/10.35706/jpi.v7i1.6701

Salim, M., Rosdian, E. D. S., & Marta, R. F. (2021). DIGITAL MARKETING COMMUNICATION TO INCREASE CRSL STORE BRAND AWARENESS. Medium, 9(2), 242–262. https://doi.org/10.25299/MEDIUM.2021.VOL9(2).8800

Saputra, N., & Marta, R. F. (2020). Optimalisasi Model Strategi Public Relations Museum Penerangan dalam Membentuk Citra Publik. Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 20–31. https://doi.org/10.37715/CALATHU.V2I1.1257

Sarastuti, D. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE PRODUK BUSANA MUSLIM QUEENOVA. Jurnal Visi Komunikasi, 16(1), 71–90. https://doi.org/10.22441/VISIKOM.V16I1.1645

Sari, R. T. P., & Rani, N. L. R. M. (2021). Efektivitas Penggunaan Digital Marketing untuk Promosi pada Masa Pandemi Covid-19 di Petoss Mbok Sarinten Wonosobo. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 3(2), 109–122. https://doi.org/10.24014/KJCS.V0I0.14180

Setiawan, J. H., Caroline, C., & Muharman, D. (2021). CONTENT ANALYSIS OF READERS’COMMENTS ON MEDIA AGGREGATOR AS FEEDBACK AND FORM OF PUBLIC OPINION ABOUT COVID-19. ASPIRATION Journal, 2(1), 50–69. https://doi.org/10.56353/ASPIRATION.V2I1.22

Setyanto, A. R., Samudro, B. R., & Pratama, Y. P. (2015). KAJIAN POLA PENGEMBANGAN UMKM DI KAMPUNG BATIK LAWEYAN MELALUI MODAL SOSIAL DALAM MENGHADAPI PERDAGANGAN BEBAS KAWASAN ASEAN. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Pembangunan, 15(2). https://doi.org/10.20961/jiep.v15i2.9910

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sya, M., Marta, R. F., & Hadi, I. P. (2020). REFLEKSI PLURALISME MELALUI FILM ANIMASI SI ENTONG SEBAGAI IDENTITAS BUDAYA INDONESIA. Jurnal Riset Komunikasi, 3(1), 18–33. https://doi.org/10.24329/JURKOM.V3I1.102

Tuwu, D., & Tuwu, D. (2020). KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENANGANAN PANDEMI COVID-19. Journal Publicuho, 3(2), 267–278. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i2.12535

Wijaya, S. (2021). Penjualan Batik Giriloyo Imogiri Anjlok. Koran Bernas. https://koranbernas.id/penjualan-batik-giriloyo-imogiri-anjlok




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v4i1.17963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

  

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id