Efektivitas VR Dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Konsep Geografi Dibandingkan Dengan Metode Pembelajaran Konvensional
Abstract
ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan Virtual Reality (VR) dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep geografi dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya inovasi pembelajaran di era digital, khususnya untuk memperkuat pemahaman spasial dan konseptual dalam pendidikan geografi. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Mataram yang dibagi ke dalam dua kelompok: eksperimen (VR) dan kontrol (konvensional). Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep, angket motivasi, dan observasi keterlibatan belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan pemahaman yang lebih signifikan dibandingkan kelompok kontrol, dengan effect size sebesar 0,82. Selain itu, penggunaan VR terbukti meningkatkan motivasi dan keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa VR merupakan media pembelajaran yang efektif dan relevan dalam mendukung capaian pembelajaran geografi. Oleh karena itu, integrasi VR ke dalam kurikulum pendidikan tinggi perlu dipertimbangkan secara serius guna meningkatkan kualitas dan daya saing pendidikan geografi di era transformasi digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Adolph, R. (2016). geografi sumberdaya. 1–23.
Adriadi, A. S., Yunita, N., Marlina, S., Bina, U., & Informatika, S. (2025). Sistem informasi e-library pada smk yadika 4 ciledug. 15(1), 41–53.
Aisyah, S., Sholeh, M., Lestari, I. B., Yanti, L. D., Nuraini, N., Mayangsari, P., & Mukti, R. A. (2024). Peran Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Era Digital. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 44–52. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.382
Al-Ansi, A. M., Jaboob, M., Garad, A., & Al-Ansi, A. (2023). Analyzing augmented reality (AR) and virtual reality (VR) recent development in education. Social Sciences & Humanities Open, 8(1), 100532. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100532
Butler, M. G., Church, K. S., & Spencer, A. W. (2019). Do, reflect, think, apply: Experiential education in accounting. Journal of Accounting Education, 48, 12–21. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2019.05.001
Caesar, M. I. M., Jawawi, R., Matzin, R., Shahrill, M., Jaidin, J. H., & Mundia, L. (2016). The Benefits of Adopting a Problem-Based Learning Approach on Students’ Learning Developments in Secondary Geography Lessons. International Education Studies, 9(2), 51. https://doi.org/10.5539/ies.v9n2p51
Christie, M., & de Graaff, E. (2017). The philosophical and pedagogical underpinnings of Active Learning in Engineering Education. European Journal of Engineering Education, 42(1), 5–16. https://doi.org/10.1080/03043797.2016.1254160
Dubovi, I. (2022). Cognitive and emotional engagement while learning with VR: The perspective of multimodal methodology. Computers & Education, 183, 104495. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104495
Havenith, H.-B., Cerfontaine, P., & Mreyen, A.-S. (2019). How virtual reality can help visualise and assess geohazards. International Journal of Digital Earth, 12(2), 173–189. https://doi.org/10.1080/17538947.2017.1365960
Hutauruk, A. J. B., Gultom, S. P., Sihite, R. S. V., & Gaol, I. R. L. (2024). Pengaruh kegiatan praktisi mengajar terhadap capaian mata kuliah KPMI di prodi pendidikan matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(1), 35–48. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i1.21157
Ilahi, D. S. K., Zaini, F. M., Muhammad, B., Humaidi, H., Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Penilaian Pembelajaran PAI Berbasis Google Forms, Quizizz, dan Grade Scope: Indonesian Research Journal on Education, 5(2). https://doi.org/10.31004/irje.v5i2.2308
Kajian, J., & Purba, C. T. (2025). Teknologi melalui pembuatan peta digital dengan microsoft excel untuk meningkatkan kemampuan berpikir spasial siswa kelas x sma negeri 1 gondanglegi. 13(1), 74–87.
Keterlibatan, M., Berpikir, D. A. N., & Siswa, K. (2025). 1 , 2 1,2. 11.
Nurmalasari, Q., & Taqwa, A. (2021). Teknologi Virtual Reality Sebagai Media Pembelajaran Praktikum Elektronika Telekomunikasi. Jurnal Ilmiah Komputasi, 20(3), 375–384. https://doi.org/10.32409/jikstik.20.3.2795
Pembelajaran, P., Proyek, B., & Kemampuan, T. (2025). Jurnal Pesona Indonesia. 2(1), 28–33.
Putera, Z. F., Shofiah, N., Ramadhani, R. P., & Maulidina, A. (2024). Readiness Dosen dalam Mengintegrasikan Kecerdasan Buatan untuk Pengajaran Menulis Teks Akademik di Perguruan Tinggi. 9(2), 170–181.
Putra, R. (2024). Mengatasi Tantangan Beban Kerja Guru di Era Digital: Optimalisasi Kurikulum Merdeka PAI dan Pemanfaatan Teknologi. SURAU : Journal of Islamic Education, 2(1), 89–104. https://doi.org/10.30983/surau.v3i1.8591
Setiawan, I. (2016a). Peran Sistem Informasi Geografis (Sig) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial (Spatial Thinking). Jurnal Geografi Gea, 15(1), 83–89. https://doi.org/10.17509/gea.v15i1.4187
Setiawan, I. (2016b). Peran Sistem Informasi Geografis (Sig) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial (Spatial Thinking). Jurnal Geografi Gea, 15(1). https://doi.org/10.17509/gea.v15i1.4187
Siti Fatimah, Sigit Prasetyo, & Erni Munastiwi. (2024). Inovasi dalam pengajaran ipa di sekolah dasar melalui penggunaan teknologi digital. Mubtadi: jurnal pendidikan ibtidaiyah, 6(1), 15–27. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v6i1.14271
Solissa, E. M. (2024). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Pear Deck. Journal of Social Science Research, 4, 7273–7280.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Topan Bahari, G., Heryana, N., & Ali Ridha, A. (2023). Pemanfaatan teknologi virtual reality untuk pembelajaran dalam kelas virtual di fasilkom unsika menggunakan metode multimedia development life cycle (mdlc). JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1378–1386. https://doi.org/10.36040/jati.v7i2.6769
Ulimaz, A., Sembiring, D., Amahoru, A., & Ahyani, E. (2024). Analisis Kesiapan Perguruan Tinggi di Indonesia dalam Mengadaptasi Potensi Teknologi Metaverse dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. 4, 8531–8539.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v5i2.37465
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
![]() | ![]() ![]() | ![]() ![]() | ![]() |
![]() ![]() | ![]() ![]() | ![]() ![]() | ![]() |
![]() ![]() | ![]() ![]() | ![]() |
Published By:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.