Analisis Daya Dukung Potensi Wilayah Untuk Pengembangan Kota Sawahlunto Tahun 2018-2023

Vincensia Gita Stefani, Nefilinda Nefilinda, Rika Despica

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Daya Dukung Potensi Wilayah untuk Pengembangan Kota Sawahlunto Tahun 2018-2023. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian tersebut adalah seluruh kecamatan yang ada di Kota Sawahlunto. Sampel penelitian ini adalah total sampling. Teknik Analisa data menggunakan analisis Daya dukung ekonomi, daya dukung lahan, daya dukung pangan serta teknik analisis SWOT metode Kuantitatif. Hasil akhir dari penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Kondisi Daya Dukung Ekonomi Kota Sawahlunto masih dalam kategori tidak mendukung yang dimana sumber daya ekonomi yang dimiliki sudah tidak mampu mendukung kebutuhan ekonomi penduduk akibat kepadatan penduduk. 2) Kondisi lahan di wilayah Sawahlunto yang dipengaruhi kepadatan penduduk mengakibatkan bertambahnya lahan dan menambah segala fasilitas untuk memenuhi kebutuhan. 3) kondisi pangan selama 5 tahun terakhir di Kota Sawahlunto tergolong sebagai wilayah yang memiliki ketersediaan lebih tinggi dibanding dengan kebutuhan penduduk. 4) Arah pengembangan di wilayah tersebut adalah dengan meningkatkan jumlah lahan karena kondisi di wilayah tersebut masih dalam kategori yang butuh perkembangan. 


Keywords


Daya Dukung, Ekonomi; Lahan; Pangan; Arah Pengembangan; Wilayah

Full Text:

PDF

References


Despica, R., Zuriyani, E., & Indarti Agus, R. (2021). Analisis Spasial Dampak Pemekaran Wilayah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Wilayah Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. 2021(13), 114–120.

Lutfi Muta’ali. (2015). Teknik Analisis Regional Untuk Perencanaan Wilayah Tata Ruang Dan Lingkungan.

Moniaga, V. R. . (2011). Analisis Daya Dukung Lahan Pertanian Vicky R.B. Moniaga. 7, 61–68.

Nefilinda, S. rianto S. (2021). Rangkiang : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat UP3M STKIP PGRI Sumatera Barat Rangkiang : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 3(2), 111–117.

sabila, sabrina. (2020). DAya Dukung Pangan Dalam Mendukung Ketersediaan Pangan Provinsi Sumatera Selatan. Tanah Dan Sumber Daya Lahan, 7(1), 59–68.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v4i1.32215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

Published By:

Program Studi Pendidikan Geografi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jughrafia@uin-suska.ac.id
 
Peta Lokasi :
 

Journal Visitors

Flag Counter

 

Web Analytics
View My Stats

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.