Determinasi Fisiografi dan Sumber Daya Wilayah Terhadap Pola Persebaran dan Keterjangkauan Spasial Pelayanan Pendidikan dan Kesehatan

Hendra Saputra, Uleva Diyah Wikanti, Dewi Andini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menganalisis pola persebaran fasilitas pendidikan dan kesehatan; 2) keterjangkauan pelayanan pendidikan dan kesehatan; dan 3) Hubungan fisiografi dan sumber daya wilayah dengan persebaran dan keterjangkauan fasilitas pendidikan dan kesehatan. Penelitian menggunakan statistik spasial analisis tetangga terdekat, analisis buffer zone, serta matching point dan matching polygon. Penelitian dilakukan di Kabupaten Bengkalis, Riau, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola persebaran fasilitas pendidikan dan kesehatan cenderung mengelompok atau clustered dengan nilai z-score -6,31 untuk fasilitas pendidikan dan -2,58 untuk fasilitas kesehatan. Secara keseluruhan meski fasilitas pendidikan dan kesehatan tidak tersebar merata dan cenderung mengelompok, namun memiliki keterjangkauan yang baik dan dapat dijangkau pada radius yang ditentukkan berdasarkan SNI 03-1733-2004, karena penyebaran fasilitas pendidikan dan kesehatan semuanya berada pada radius pemukiman yang berarti dapat dijangkau oleh penduduk. Pola persebaran dan keterjangkauan fasilitas pendidikan sangat mengikuti pola persebaran pendudukan

Keywords


Determinasi Fisiografi, Pusat Pelayanan, Pendidikan, Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Aqli, W. (2010). Analisa Buffer dalam Sistem Informasi Geografis untuk Perencanaan Ruang Kawasan. Jurnal Inersia, 6(2), 192–201.

Avila, A.A. (2018). Analisis Pola Spasial Persebaran dan Aksesibilitas Area Pelayanan Prasarana Kesehatan di Kota Makassar. Skripsi Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Kota Makassar.

Bamba, G. (2018). Jangkauan Pelayanan Kesehatan Persalinan Rumah Sakit Swasta Bunda Margonda dan Tugu Ibu di Kota Depok. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 9, 506–517.

Budiman, R. (2017). Analisis Spasial Fasilitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Terhadap Permukiman di Kota Blitar. Tesis Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Dewantara, S. J. A., & Urufi, Z. (2021). Pola Persebaran Spasial, Aksesibilitas, dan Arahan Lokasi Sarana Pelayanan Umum (SPU) Rumah Sakit di Kawasan Perkotaan Jember. In FTSP Series 2: Seminar Nasional dan Diseminasi Tugas Akhir 2021 (pp. 948–959).

Dian Rizqi Khusnul Khotimah, S.Tr.Stat. (2021). Spatial Analysis: Pendekatan Metropolitan Statistical Area Untuk Perencanaan Pembangunan Manusia Di Provinsi Jawa Tengah. In Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah (Vol. 19, Issue 1, pp. 105–114). https://doi.org/10.36762/jurnaljateng.v19i1.872

ESRI (Environmental Systems Research Institute). (2020). ArcGIS Network Analyst. ESRI. Cited in https://www.esri.com/id-id/store/extensions/arcgis-network-analyst.

ESRI. (2022). How Average Nearest Neighbor works—ArcGIS Pro | Documentation.

Fhitri, A. H. (2022). Analisis Pola Persebaran Dan Aksesibilitas Pelayanan Fasilitas Kesehatan Di Kota Tanjungpinang. https://repository.uir.ac.id/11142

Hakim, I. (2017). Konsep Geografi: 10 Konsep Penjelasan dan Contohnya

Kementerian Kimpraswil (Kementerian Permukiman dan Prasarana Wilayah). (2001).Keputusan Menteri

Permukiman dan Prasarana Wilayah No. 534/KPTS/M/2001. Sekretariat Negara. Jakarta

Silalahi, F.E.S., Hidayat, F., Dewi, R.S., Purwono, N., & Oktaviani, N. (2020). GIS-based approaches on the accessibility of referral hospital using network analysis and the spatial distribution model of the spreading case of COVID-19 in Jakarta, Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v4i1.31913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

Published By:

Program Studi Pendidikan Geografi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jughrafia@uin-suska.ac.id
 
Peta Lokasi :
 

Journal Visitors

Flag Counter

 

Web Analytics
View My Stats

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.