Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta didik Pada Materi Mitigasi Bencana di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Jakarta
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfin, Jauharoti. (2013). Analisis Karakteristik Siswa pada Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Halaqoh Nasional & Seminar Internasional Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. https://core.ac.uk/display/195392993?utm_source=pdf&utm_medium=banner&utm_campaign=pdf-decoration-v1
Aprianti, H. (2014). Pengaruh Penggunaan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik terhadap Hasil belajar kognitif Kognitif Peserta didik Mata Pelajaran IPS Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Pringsewu Tahun Pelajaran 2013/2014. Universitas Lampung. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4804
Ardhina, D., & Mukminan, M. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Geografi Berbentuk Majalah Elektronik Dengan Materi Hidrosfer Untuk Peserta didik SMA Kelas X. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(1). https://doi.org/10.21831/socia.v14i1.19667
Committee of College and University Examiners. (1956). Taxonomy of Educational Objective. (B. S. Bloom, Ed.) London: David M-Kay Company, Inc. https://eclass.uoa.gr/modules/document/file.php/PPP242/Benjamin%20S.%20Bloom%20-%20Taxonomy%20of%20Educational%20Objectives%2C%20Handbook%201_%20Cognitive%20Domain-Addison%20Wesley%20Publishing%20Company%20%281956%29.pdf
Cuevas, Josh. (2017). Visual and auditori learning: Differentiating instruction via sensory modality and its effects on memory. Nova Science Publishers. https://www.researchgate.net/publication/319531896_Visual_and_auditory_learning_Differentiating_instruction_via_sensory_modality_and_its_effects_on_memory
DePorter, B., & Hernacki, M. (1992). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. New York: Dell Publishing.
Harahap, Z. H., Sugiharto, & Syarifah. (2021). The Effects of Visual and Auditory Learning Styles on Students’ Learning Outcomes in Historical Social Studies. International Journal of Research and Review, 8(1), 72–76. https://doi.org/10.52403/ijrr.20210109
Keefe, J. W. (1979). Learning style: an overview. U.S National Association of Secondary Principals, Student learning styles: Diagnosing and prescribing programs (p. 137). Reston, Virginia: National Association of Secondary School Principals. https://eric.ed.gov/?id=ED182859
Noor, Djauhari. (2014). Pengantar Mitigasi Bencana Geologi. Yogyakarta. CV Budi Utama.
Nor Asiah, Asiah. (2018). Perbandingan Hasil belajar kognitif Menggunakan Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) Berbantu Software Wingeom Dan Alat Peraga Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Peserta didik Kelas IX MTS Raudhatusysyubban Sungai Lulut Kabupaten Banjar Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, UIN Antasari Banjarmasin.
Nurellah, A., Panjaitan, Regina., & Maulana. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Visual,Auditorial, Dan Kinestetik Untuk Meningkatkan hasil belajar kognitif Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 431–440.
Purnamawati, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Vak (Visual, Auditori, Kinestetik) Untuk Meningkatkan Hasil belajar kognitif Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. S1 Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Shinta, F. Dwi (2016). Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, Kinestetic) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Himpunan Kelas Vii Smp Negeri 3 Kedungwaru Tahun Ajaran 2015/2016. S1 Thesis, UIN SATU Tulungagung.
Sudjana, N. (2002). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo. http://repo.uinsatu.ac.id/3953/
Suryadin, Merta, I. W., & Kusmiyati. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditorrial Kinestetik (VAK) Terhadap Motivasi dan Hasil belajar kognitif IPA Biologi Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 3 Gunungsari Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pijar Mipa, 12(1):19-24. https://doi.org/10.29303/jpm.v12i1.330
Syofyan, R., & Siwi, M. K. (2018). The Impact of Visual, Auditory, and Kinesthetic Learning Styles on Economics Education Teaching. 57(Piceeba), 642–649. https://doi.org/10.2991/piceeba-18.2018.1
Waluya, B. (2009). Memahami Geografi. Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v4i1.23948
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
Published By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.