Analisis Erodibilitas Tanah di DAS Kampar Bagian Hilir di Kabupaten Pelalawan

Chealsy anggraini, Dasrizal _, Elvi Zuriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui tingkat erodibilitas tanah di DAS Kampar Kabupaten Pelalawan. 2) Untuk mengetahui hubungan antara erodibilitas tanah DAS Kampar di Kabupatem Pelalawan dengan penggunaan lahan.

Jenis penelitian ini adalah dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, Penelitian kuantitatif, menurut Robert Donmoyer (dalam Given, 2008: 713), adalah pendekatan terhadap kajian empiris untuk mengumpulkan, menganalisa, dan menampilkan data dalam bentuk numerik daripada naratif. Berdasarkan pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan deskriptif kuantitatif dilakukan dengan cara mencari informasi berkaitan dengan gejala yang ada, dijelaskan dengan jelas tujuan yang akan diraih, merencanakan bagaimana melakukan pendekatannya, dan mengumpulkan berbagai macam data sebagai bahan untuk membuat laporan. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui erodibilitas tanah di DAS Kampar Kabupaten Pelalawan.

Hasil Penelitian Tingkat erodibilitas di daerah penelitian berkisar dari rendah hingga tinggi dengan nilai 0,19 – 0,43. Kelas erodibilitas tinggi berkisar 0,43 kelas erodibilitas sedang berkisar 0,28, dan kelas erodibilitas rendah 0,19. Agihan atau distribusi tingkat erodibilitas tanah sangat tinggi terdapat di titik koordinat 1. Titik koordinat yang mempunyai kelas erodibilitas sedang adalah adalah 3. Titik koordinat yang mempunyai tingkat erodibilitas yang rendah adalah 2.Titik koordinat yang mempunyai tingkat erodibilitas tinggi adalah titik koordinat yang mempunyai kandungan bahan organik yang rendah dan yang mempunyai kandungan pasir halus dan debu tinggi. Titik koordinat yang mempunyai tingkat erodibilitas rendah adalah titik koordinat yang mempunyai bahan organik tinggi dan kandungan pasir halus dan debu rendah.


Keywords


DAS, Erosi, Erodibilitas

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v3i2.19438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

Published By:

Program Studi Pendidikan Geografi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jughrafia@uin-suska.ac.id
 
Peta Lokasi :
 

Journal Visitors

Flag Counter

 

Web Analytics
View My Stats

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.