Analisis Spasial Kerusakan Lahan dan Air di Batang Palangki Kabupaten Sijunjung

Wirna Halimi Putri, Dasrizal Dasrizal, Arie Zella Putra Ulni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data,mengolah,menganalisis, dan membahas Analisis Spasial Kerusakan Lahan dan Air Batang Palangki Kabupaten Sijunjung dilihat dari : 1) Kerusakan lahan Batang Palangki Kabupaten Sijunjung 2) Kerusakan Air Batang Palangki Kabupaten Sijunjung dan 3) Analisis Spasial Kerusakan Lahan dan Air Btang Palangki Kabupaten Sijunjung.Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini Daerah Aliran Sungai Batang Palangki yang mengalami kerusakan lahan dan kerusakan air akibat tambang emas. Sampel penelitian ini adalah Batang Palangki bagian hilir karena daerah ini yang masih mengalami kerusakan lahan dan kerusakan air akibat tambang emas.Hasil akhir penelitian ini yang ditemukan bahwa : 1) Kerusakan lahan yang terjadi di daerah aliran sungai Batang Palangki disebabkan oleh penambangan emas oleh rakyat, dalam penelitian ini terdapat 5 (lima) titik kerusakan lahan yang dapat dilihat sesuai dengan indikator kerusakan lahan yaitu erosi,tutupan vegetasi,dan pembukaan lahan. 2) Kerusakan air yang terjadi didaerah aliran sungai Batang palangki yang disebabkan oleh penambang emas. Dalam penelitian ini dilakukan uji labolatorium fisika dan kimia. Fisika yaitu suhu 27,0°C aliran lurus dan 27,1°C aliran berbelok dengan baku mutu deviasi 3 dan kekeruhan 0,06 aliran lurus dan 0,03 aliran berbelok. Sedangkan kimia yaitu BOD 2,20 Mg/L aliran lurus dan 2,88 Mg/L aliran berbelok dengan baku mutu 3 dan COD <9,91 Mg/L aliran lurus dan berbelok dengan baku mutu 25 terdapat pada kelas 2 (dua). 3) Analisis spasial kerusakan lahan dan air batang palangki kabupaten sijunjung yaitu peta kerusaka lahan dan peta kerusakan air.


Keywords


Kerusakan Lahan,Kerusakan Air, dan Analisis Spasial

Full Text:

PDF

References


Abarca, R. M. (2021). Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2013–2015.

Kondisi, G. D. A. N. (n.d.). Gambaran dan kondisi wilayah kabupaten sijunjung 2.1. 1–20.

Wolfman, L. S. B. A. (2013). Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Mengatasi Dampak Pencemaran Lingkungan Pada Pertambangan Emas Rakyat (Studi Kasus Di Daerah Kabupaten Buru). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Yummama Karmaita dan Taufiq Hidaya. (n.d.). Rehabilitasi Tanah Bekas Tambang Emas Dengan Pemberian Fungi Mikoriza Arbuskular (FMA) Terhadap Pertumbuhan Bibit Tanaman Naga Di Kabupaten Sijunjung. 65–69.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v2i2.18774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

Published By:

Program Studi Pendidikan Geografi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jughrafia@uin-suska.ac.id
 
Peta Lokasi :
 

Journal Visitors

Flag Counter

 

Web Analytics
View My Stats

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.