Hubungan Adiwiyata dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa pada Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang

Alfiah Alfiah, Nuranggraini Syafitri, roswati roswati, Muslim Muslim, Akmal Akmal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan adiwiyata dengan sikap peduli lingkungan siswa pada materi pengelolaan sumber daya alam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap peduli lingkungan siswa seperti siswa tidak memisahkan sampah organik dan anorganik, tidak menjaga kebersihan kelas, membuang dan membiarkan sampah di dalam kelas, serta kurangnya tanaman obat sebagai apotik hidup padahal sebelumnya sudah adanya penerapan adiwiyata di lingkungan pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IIS. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah hubungan adiwiyata dan sikap peduli lingkungan siswa, dengan populasi penelitian berjumlah 60 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling seluruh kelas XI yaitu 60 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sigifikan antara adiwiyata dengan sikap peduli lingkungan siswa, hal ini ditunjukkan dari uji hipotesis yaitu nilai rhitung lebih besar dibandingkan dengan rtabel pada taraf signifikan 1% (0,734>0,330) maupun taraf signifikan 5% (0,734>0,254). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa besarnya kontribusi antara adiwiyata dan sikap peduli lingkungan siswa mencapai 53,8% sedangkan 46,2% dapat dipengaruhi variabel lain seperti faktor internal ataupun faktor eksternal

Keywords


Adiwiyata, Sikap Peduli Lingkungan Siswa.

Full Text:

PDF

References


Alfiah, M. A. 2015. Hadist Tarbawi. Pekanbaru : Kreasi Edukasi.

Amos, Neolaka. 2008. Kesadaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta.

Andi Makkasau. 2020. Pengaruh penerapan program adiwiyata terhadap sikap peduli lingkungan siswa kelas IV dan V SD Inpres BTN IKIP I Kecamatan Rappocini Kota Makasar. Jurnal Publikasi Pendidikan. Volume 10, Nomor 3.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT Rinerka Cipta.

, 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: PT Rinerka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2016. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Darwis, Amri. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Islam, Paradigma Ilmu Berparadigma Islami. Jakarta: Raja Grafindo.

Dewi Irfianti, Mustia. 2016. Perkembangan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Experiential Learning. UPEJ 5 (3). ISSN. 2252. 6935.

Indriani, R., & Guslinda, G. (2020. Relationship Between Students'perceptions Of Adiwiyata Programs With Environmental Care Attitudes In Primary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1).

Kaligis, JRE, dkk. 2008. Pendidikan Lingkungan Hidup. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kemdikbud dan KLH. 2012. Panduan Adiwiyata: Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Bapedal Provinsi Jawa Timur.

Kementerian Lingkungan Hidup. 2012. Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berwawasan Lingkungan. Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Badan Lingkungan Hidup.

Muhammad Fadlillah dan Lilif Mualifatu Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: konsep dan aplikasinya dalam PAUD, Jogjakarta: Ae- Ruzz Media.

Muslim, M., Almegi, A., Alfiah, A., Akmal, A., & Amelia, H. R. (2021). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di MAS Al-Islam Petala Bumi. El-Jughrafiyah, 1(1), 53. https://doi.org/10.24014/jej.v1i1.14042.

N. Daldjoeni. 1982. .Pengantar Geografi. Bandung : Alumni.

Nur Kholis. 2014. Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-Undang Sisdiknas 2003. Jurnal Kependidikan, Vol. II No. 1 Mei.

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Jenis Rencana Usaha dan/atau Kegiatan yang Wajib Memiliki Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Tahun 2013 Tentang Pedoman Pelaksanaan Adiwiyata. 2009: pasal 1 ayat 2.

Pudji Mujiono, Djaali. 2008, Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Riduwan. 2015. Dasar-dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Rizky Afrianda. Pengaruh Program Adiwiyata Terhadap Literasi Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Bioterdidik, Januari 2019, Vol. 7 No.1.

Salim, Emil. 1986. Pembangunan Berwawasan Lingkungan, LP3ES, Jakarta.

Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Supardi, Imam. Lingkungan Hidup dan Kelestariannya. Bandung: PT. Alumni. Jimly Asshiddiqie.

Syukri,Hamzah.2013. Pendidikan Lingkungan. Bandung : Refika Aditama.

Taluke, D., Lakat, R. S. M., Sembel, A., Mangrove, E., & Bahwa, M. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Spasial, 6(2), 531–540.

Tamara, R. M. (2016). Peranan lingkungan sosial terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan peserta didik di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Geografi Gea, 16(1).

Undang – Undang Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 23 Tahun 2006. Standar Kompetesi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Undang – Undang Republik Indonesia No. 32 Tahun 2009. Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Undang-undang RI. 2009. Nomor. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,Jakarta: Sinar Grafika.

Widyaningrum, Lisdiana, Purwantoyo E. 2015 Evaluasi Partisipasi Siswa Dalam Pengelolaan Sampah Untuk Mendukung Program Sekolah Adiwiyata, ijc, Volume 04, No1.

Wiryono. 2013. Pengantar Ilmu Lingkungan. Bengkulu : Pertelon Media.

Zaini, Gunawan. 2016. Pengembangan Program Adiwiyata dalam Mewujudkan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jurnal Pendidikan Vol.3.No.2.

Zulkifli, Arif. 2014. Dasar – Dasar Ilmu Lingkungan Jakarta : Salemba Teknika.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v2i2.18729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

     

Published By:

Program Studi Pendidikan Geografi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jughrafia@uin-suska.ac.id
 
Peta Lokasi :
 

Journal Visitors

Flag Counter

 

Web Analytics
View My Stats

 

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.