Kompetensi Profesional Guru PPLK Geografi di SMP Negeri Kota Padang
Abstract
ABSTRAK. Kompetensi profesional adalah kemampuan atau keterampilan yang wajib dimiliki oleh seorang guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional guru PPLK geografi di SMP Negeri Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian adalah mahasiswa PPLK Pendidikan Geografi UNP dan guru pamong mahasiswa PPLK Pendidikan Geografi UNP. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan studi dokumentasi, wawancara dilakukan terhadap guru PPLK dan guru pamong guna memperoleh data lebih lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru PPLK belum sepenuhnya menguasai materi IPS Terpadu secara luas dan mendalam. Pada umumnya guru PPLK bisa menguasai materi geografi tapi pada materi sejarah, ekonomi dan sosiologi belum dikuasai secara mendalam. Dalam mengembangkan materi guru PPLK belum mampu mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif. Guru PPLK jarang mengaitkan materi pembelajaran dengan ilmu pengetahuan lain. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran sebagian guru PPLK jarang menggunakan media, karena keterbatasan proyektor. Untuk mensiasati hal tersebut, guru memanfaatkan papan tulis sebagai media untuk membuat poin-poin pembelajaran. Dengan demikian dapat dipahami bahwa kurangnya media pembelajaran akan menghambat pencapaian pemahaman materi pembelajaran oleh siswa, dan tentunya akan menimbulkan rasa jenuh pada diri siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2005. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14, Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen.
Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16, Tahun 2007. Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Depdiknas. 2008. Peraturan Pemerintah Nomor 74, Tahun 2008. Tentang Guru dan Dosen.
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Standar Nasional Pendidikan. Pasal 28 Ayat (3) Butir C
UPPL UNP. 2015. Pedoman Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan Kependidikan Mahasiswa.Padang : UNP Press
Usman, Moch Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Prayitno, Agus. 2020. Kompetensi Profesional Guru MA An-Nur Setupatok Kabupaten Cirebon. Cirebon. Jurnal Manajemen Pendidikan Jurnal Eduvis.
Hasanah, Aswatun. 2018. Kompetensi Profesional Guru dalam Penerapan Pembelajaran Tematik di SD Negeri Maguwohardjo 1 Yogyakarta. Yogyakarta. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta: Prenada Media Group).
Zainal, Arifin. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Cetakan 5. (Bandung: Remaja Rosda Karya).
Cut Fitriani, Murniati AR, Nasir Usman. “Kompetensi Profesional Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Mts Muhammadiyah Banda Aceh.” Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 2017.
Daryanto. Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Gava Media, 2013.
Dudung, Agus. “Kompetensi Profesional Guru.” Jurnal Kesejahteraan Dan Pendidikan Vol.50 No.(n.d.).
Nurtanto, Muhammad. “Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Menyiapkan Pembelajaran yang Bermutu.” JJrnal Pendidikan, 2014.
Rofa’ah. Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: DEEPPUBLISH, 2016.
Suprihatiningrum, Jamil. Guru Profesional (Pedoman Kinerja, Kualifikasi dan Kompetensi Guru). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Anwar, Muhammad. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenada Media Group.
Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jej.v2i1.15872
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
Published By:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.