Pengaruh Pelaksanaan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Bormindo Nusantara Duri

Muhammad Nur

Abstract


PT. Bormindo Nusantara Duri merupakan perusahaan yang telah menerapkan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).Tetapi, meskipun PT. Bormindo Nusantara ini telah melaksanakan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), tetap masih ada terjadi kecelakaan kerja yang disebabkan oleh beberapa faktor.Adanya fokus keselamatan dan kesehatan kerja (K3) zero accident diharapkan mampu meminimalisasikan resiko kecelakaan dan penyakit akibat kerja karena kondisi pekerja yang sehat berdampak pada produksi kerja yang baik dari pekerja itu sendiri.Oleh karena itu, dalam upaya meningkatkan produktivitas dengan memperhatikan aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada maintenance departement, perusahaan perlu evaluasi keselamatan dan kesehatan kerjanya terhadap produktivitas kerja karyawan. Berdasarkan permasalahan yang terdapat pada PT. Bormindo Nusantara Duri maka untuk mengetahui berapa jumlah jam kerja yang hilang akibat kecelakaan kerja digunakanlah perhitungan lost time injuryfrequency ratedan untuk mengetahui pengaruh variabel yang diteliti digunakanlah metode uji regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu keselamatan kerja (X1) dan kesehatan kerja (X2) sebagai variabel independent (X) dan produktivitas kerja karyawan sebagai variabel dependent (Y) dengan menggunakan softwareSPSS 16.00. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa keselamatan dan kesehatan kerja mempunyai hubungan yang positif terhadap produktivitas kerja karyawan, hal itu dapat dilihat dari nilai r sebesar 0,736. Selain itu dari hasil pengolahan data dapat diketahui bahwa 26,4% produktivitas kerja karyawan dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.

Full Text:

PDF

References


Agustina, I., Faktor-Faktor Motivasi yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan pada PT Gaya manunggal Kresitama, Jurnal Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Guna Darma, Jakarta, 2009.

Azwar, S., Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2012.

Hakim, A., Analisa Kepuasan Pelaku Transportasi Terhadap Kinerja Mobil Penumpang Umum Jurusan Bojonegoro-Babat, Institut Teknologi Surabaya, Surabaya, 2010.

Hendri, J., RisetPemasaran, MerancangKuesioner, UniversitasGunadarma, Depok, 2009.

Hutasoit, R. S., PengaruhPelaksanaan Program KeselamatandanKesehatanKerja (K3) TerhadapProduktivitasKerjaKaryawanpada PT. AdhiKarya (Persero) TbkDivisiAspalt Mixing Plant (AMP) Kawasan Medan, Skripsi, JurusanManajemen, Universitas Sumatera Utara, Medan, 2011.

Janti, S., AnalisisValiditasdanReliabilitasdenganSkalaLikertTerhadapPengembangan Si/Ti dalamPenentuanPengambilanKeputusanPenerapanStrategic PlanningpadaIndustriGarmen, Prosiding Seminar NasionalAplikasiSains&Teknologi (SNAST), AMIK BSI Jakarta, 2014.

Koster, M. M., dan Boediono., Teori dan Aplikasi Statistika dan Probabilitas, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2001.

Lestari, T.,HubunganKeselamatandanKesehatanKerja (K3) denganProduktivitasKerjaKaryawan (StudiKasus :BagianPengolahan PTPN VIII Gunung Mas, Bogor), Skripsi, JurusanManajemen, InstitutPertanian Bogor, Bogor, 2007.

Pangarso, W. P., PengaruhKesehatandanKeselamatanKerjauntukProduktivitasKerja (Study Kasus: CV. RigenSaranaMuktiKaranganyar, Surakarta), Skripsi, JurusanTeknikIndustri, Universitas Islam NegeriSunanKalijaga, Yogyakarta, 2014.

Perdana, P., Nasution, F., danSudirwan, J., AnalisisKecelakaanKerjaUntukPeningkatanProduktivitasdenganPenerapanSistemInformasipada PT ArtistikaKreasiMandiri, Diperolehdarihttp://thesis.binus.ac.id/doc /Lain-lain/2012-2-00244TISI%20WorkingPaper001.pdf pada 2 Maret 2017.

Riantiwi, A., HubunganPelaksanaan Program K3 DenganProduktivitasKerjaKaryawanPadaDivisiOperasional PT Surveyor Indonesia, Skripsi, JurusanIlmuAdministrasi, Univeritas Indonesia, Depok, 2012.

Sitania, F. D., danSoleman, A., PedomanKesehatandanKeselamatanKerjapadaIndustriKerajinanKerangMutiara, JurnalTeknikIndustriUniversitaspattimura, Vol. 05 IX, No. 2, Agustus, 2011, pp. 131.

Suma’mur., Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan, PT. Toko Gunung Agung, Jakarta, 1981.

Sungkawa, Iwa., Penerapan Analisis Regresi dan Korelasi dalam Menentukan Arah Hubungan Antara Dua Faktor Kualitatif Pada Tabel Kontingensi, Jurnal Mat Stat Vol. 13 No. 1 33-41, Departemen Statistika dan Matematika, Universitas Binus, Jakarta Barat, 2013.

Wulansari, D. D.,Pemakaian Alat Pelindung Diri Sebagai Upaya dalam Pencegahan Kecelakaan Kerja di Bagian Granule Di PT. Bina Guna Kimia Ungaran, Skripsi, Jurusan Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v3i2.5576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Muhammad Nur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.