Analisa 5S pada Lantai Produksi PT. Sutra Benta Perkasa

Merry Siska

Abstract


             PT. Sutra Benta Perkasa merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang percetakan dan penerbitan dimana hasil dari produksi tersebut berupa buku melayu, buletin teladan, dan majalah dinamis. Motivasi dan kenyaman para pekerja merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan agar kegiatan produksi berjalan dengan efektif dan efisien. Agar meningkatnya motivasi para pekerja, tentunya pabrik ini menciptakan suasana lingkungan kerja yang aman, nyaman, efektif, dan efisien sehingga mampu bertahan dan bersaing dengan perusahaan pengolahan kelapa sawit lainnya. Oleh karena itu, dalam upaya meningkatkan produktivitas dengan memperhatikan aspek lingkungan kerja pada setiap stasiun kerja, perusahaan perlu evaluasi lingkungan kerja dari aspek 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke). Dengan tujuan untuk memberikan usulan perbaikan berdasarkan aspek 5S pada lantai produksi, tempat pembungan limbah, dan tempat penyimpanan peralatan.

Penelitian ini adalah berjenis deskriptif murni, karena dalam penelitian ini tidak dilakukan perancangan dan penerapan pada perusahaan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke). Sumber data yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi dan wawancara kepada pihak perusahaan baik pimpinan dan karyawan. Analisis yang dilakukan pada PT. Sutra Benta Perkasa berdasarkan aktivitas Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada lantai produksi, tempat pembuangan limbah, dan tempat penyusunan peralatan belum sesuai dengan aktivitas 5S secara optimal, dan diberikan usulan perbaikan yang harus diimplementasikan oleh pihak perusahaan agar pencapaian 5S dapat dioptimalkan.


Full Text:

PDF

References


Agustin, Nina dan Hari Purnomo. 2013. “Implementasi 5S pada CV.Valasindo menggunakan Pendekatan Ergonomi Partisipatori”. Yogyakarta: Jurusan Teknik Industri Universitas Islam Indonesia.

Ariani, F. 2010. Analisis Postur Kerja dalam Sistem Manusia Mesin untuk Mengurangi Fatigue Akibat Kerja pada Bagian Air Traffic Control (ACT) di PT. Angkasa Pura II Polonia Medan.Jurnal Dinamis Vol. II, No, 6, Januari 2010.Medan: Universitas Sumatera Utara.

Husein,Torikdan Ari Sarsono. 2009. “Perancangan Sistem Kerja Ergonomis untuk Mengurangi Tingkat Kelelahan”. Universitas Mercu Buana.

Kurniawan, Henri S. 2013. Studi Deskriptif Manajemen Kualitas dengan Metode 5S di Gudang Hypermarket X Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol. 2 No.2 (2013). Surabaya: Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika.

Muchtiar, Yesmizarti, NoviyarsidanAdriansyah. 2007. Implementasi Metode 5s Pada Lean Six Sigma dalam Proses Pembuatan Mur Baut Versing (Studi Kasus Di Cv. Desra Teknik Padang).Jurnal Teknik Industri Vol.9, No. 1, Juni 2007: 63-74. Padang: Teknik Industri Universitas Bung Hatta.

Mustain. 2008. Pengaruh Kesesuaian Ukuran Meja Praktikum Anatomi dengan Ukuran Antropometri Mahasiswa FK UNDIP Terhadap Munculnya Keluhan Kesehatan. Semarang: Universitas Dipenegoro.

Rimawan,ErrydanEkoSutowo. 2015. Analisa Penerapan 5s+Safety Pada Areawarehouse di PT. Multifilling Mitra Indonesia.Jurnal Ilmiah PASTI Volume VI Edisi 1- ISSN 2085-5869. Jakarta: Teknik Industri Universitas Mercubuana.

Simanjuntak, Risma dan Dian Hernita. 2008. Usulan Perbaikan Metode Kerja Berdasarkan Micromotion Study dan Penerapan Metode 5S untuk Meningkatkan Produktifitas.Jurnal Teknologi, Volume 1 Nomor 2, Desember 2008, 191-203. Yogyakarta: Institut Sains dan Teknologi AKPRIND.

Siska, Merry dan Hendriadi. 2012. Perancangan Fasilitas Pabrik Tahu untuk Meminimalisasi Material Handling.Jurnal Teknik Industri, Vol. 13, No.2, Agustus 2012: 133-141. Pekanbaru: Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Supriyanto, Firman dan ArifRahman. 2011. “Perancangan Sistem Pengukuran Antropometri Badan dan Pembuatan Pola dalam Industri Konveksi dengan Menggunakan Image Processing”.Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Sutalaksana. 1979. Teknik Tata Cara Kerja. Bandung: Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung.

Wignjosoebroto, dkk. 2010. Perancangan Lingkungan Kerja dan Alat Bantu yang Ergonomis untuk Mengurangi Masalah Back Injury dan Tingkat Kecelakaan Kerja pada Departemen Mesin Bubut. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.

Wignjosoebroto,. 2008. Ergonomi Studi Gerak dan Waktu. Surabaya: Guna Widya.

Zuwandi dkk. 2010. AnalisisErgonomi Terhadap Rancangan Fasilitas Kerja Pada Stasiun Kerja di Bagian Skiving dengan Antropometri Orang Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v4i2.5342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Merry Siska

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 WA admin : +62 812-9167-0899

Indexed by:

      

      

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.