Analisis Penerapan Konsep 5S di Bagian Proses Maintenance PT. Traktor Nusantara

Vera Devani

Abstract


Tujuan dari penelitian iniadalah untuk mengetahui persentase tanggapan positif dan negatif karyawan terhadap implementasi 5S, mengetahui masalah–masalah dalam penerapan 5S pada bagian proses maintenance, serta untuk menentukan proses pengendalian dan tindak lanjut penerapan 5S pada bagian proses maintenance di PT. Traktor Nusantara Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode 5S. 5S adalah teknik untuk menjaga mutu lingkungan sebuah perusahaan atau institusi dengan cara mengembangkan keterorganisirannya, perlunya tempat kerja yang aman dan nyaman, pengelolaan tempat kerja, dan pentingnya peningkatan efisiensi dan produktifitas. Responden pada penelitian ini adalah seluruh mekanik yang bekerja pada bagian maintenance PT. Traktor Nusantara Pekanbaru. Hasil pengolahan data terhadap konsep 5S secara keseluruhan indikator, dapat diketahui bahwa rata-rata yaitu sebanyak 84,91% responden memberikan tanggapan positif. Hal ini mengindikasikan bahwa pada umumnya mekanik PT. Traktor Nusantara sudah baik dalam memahami dan mengaplikasikan konsep 5S. Namun masih terdapat sekelompok mekanik yang memiliki respon negatif yaitu sebesar 15,08%. Masalah-masalah dalam penerapan 5S, mekanik kurang optimal dalam hal menerapkan prinsip-prinsip Seiketsu (pemantapan). Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan pengkodean peralatan dan mengaruskan setiap karyawan untuk mengembalikan perlengkapan kerja yang sudah digunakan ketempat asal.

Full Text:

PDF

References


Listiani, T. Penerapan Konsep 5S dalam Upaya Menciptakan Lingkungan Kerja yang Ergonomis di STIA LAN Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi. Vol. 7 No. 3 Hal 2014-2014, September 2010.

Osada T. 2004. Sikap Kerja 5S. Jakarta: PPM.

Priyatno, D. 2010. Paham Analisa Statistika Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Purwanggono, dkk. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Karyawan dalam Menerapkan Budaya Kerja 5S. Prosiding SNATIF Ke -1. 2014

Simanjuntak, R. A. dan Dian Hernita. Usulan Perbaikan Metode Kerja Berdasarkan Micromotion Study dan Penerapan Metode 5S untuk Meningkatkan Produktifitas. Jurnal Teknologi, Vol. 1 No 2 Hal. 191-203. Desember 2008.

Suwondo, C. Penerapan Budaya Kerja Unggulan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) di Indonesia. Jurnal Magister Manajemen. Vol. 1 No. 1 Hal. 29-48. April 2012.

Widianti, T., dkk. Implementasi 5S untuk Optimalisasi Keselamatan, Kesehatan, dan Performa Kerja. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pengelolaan Limbah XIII. 30 Desember 2015.

Wiratmani, E. Implementasi Metode 5S pada Divisi Gudang Barang Jadi. Jurnal Ilmiah Faktor Exacta. Vol. 3 No. 3 Hal. 268-286. September 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jti.v2i2.5095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Vera Devani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                                                                                                                                                                                                                                     

Jurnal Teknik Industri

P-ISSN 2460-898X | E-ISSN 2714-6235

Published by:

Industrial Engineering Department

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Office Address:

H.R. Soebrantas KM 15.5, Tampan, Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293

email: jti.fst@uin-suska.ac.id

 

Indexed by:

      

       

 

Creative Commons License

 

JTI : Jurnal Teknik Industri under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.