AKTIVITAS HUMAS PENGADILAN AGAMA PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK

Devi Sundari, Toni Hartono

Abstract


Aktivitas yang dilakukan oleh Humas Pengadilan Agama Pekanbaru dalam meningkatkan pelayanan informasi publik kurang optimal dan terdapat kendala. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas Humas Pengadilan Agama Pekanbaru dalam meningkatkan pelayanan informasi publik. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari seluruh aktivitas Humas Pengadilan Agama Pekanbaru dalam memberikan pelayanan informasi publik meningkat. hal ini dapat dilihat dari aktivitas Humas yang dilakukan dengan memberikan pelayanan secara langsung (melalui meja informasi dan pengaduan), pelayanan tidak langsung (melalui website dan aplikasi berbasis smartphone yaitu Sigrasi PA Pekanbaru), menjalin hubungan kerjasama dengan Radio Republik Indonesia (RRI), Radio Indra, dan wartawan Koran Riau Pos, serta melakukan publikasi melalui website, media sosial, dan baliho.


Keywords


Aktivitas Humas, Pelayanan dan Informasi Publik

Full Text:

PDF

References


Anggoro, Linggar, (2002). Teori dan Profesi Humas Serta Aplikasi di Indonesia Jakarta: Bumi Aksara.

A.W, Widjaja. (1993). Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara.

Danang Sunyoto. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: CAPS.

Effendy, Onong Uchjana. (1993). Human Relations Dan Public Relations. Bandung: Mandar Maju.

Hermawan Kartajaya. (2009). Service Operation. Jakarta: Erlangga

Kusumastuti, Frida. (2002). Dasar-Dasar Humas. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mulyono, Anton M. (2001). Aktivitas Belajar. Bandung: Yrama

M.Romli, Asep Syamsul. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia

Poltak Sinambela, Lijan. 2008. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara

Ruslan, Rosady. (2016). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Konsepsi & Aplikasi. Jakarta:Rajawali Pers.

Ruslan, Rosady. (1999). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady. (1998). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Reza Mochammad Yanuar, “Inovasi Pelayanan Publik” Jurnal Imu Pemerintahan Vol . 04 No. 01, 01 Agustus 2019.

Wawan Wahyudi, “Strategi Humas Sekretariat Daerah Kabupaten Sambas Dalam Memberikan Informasi Kepada Masyarakat”, Vol. 5 No. 2, Malang: Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, 2016.

https://www.pa-pekanbaru.go.id/ (diakses pada 29 November 2019 Pukul 21:30 WIB)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i3.9907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id