STRATEGI HUMAS DAN KAITANNYA DENGAN PENINGKATAN MUTU LAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN ROKAN HULU

Rika Nofriani, Hayatullah Kurniadi

Abstract


Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Rokan Hulu merupakan salah satu dari empat rumah sakit yang ada di Kabupaten Rokah Hulu dan menjadi satu-satunya rumah sakit milik pemerintah. Persaingan antar sesama rumah sakit dalam memberikan pelayanan terbaik menjadi semakin terbuka. Persaingan yang semakin ketat ini menuntut rumah sakit memberikan pelayanan terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi humas dalam meningkatkan mutu layanan RSUD  Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini berjenis kualitatif. Data berasal dari wawancara, observasi dan penelusuran dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humas RSUD Kabupaten Rokan Hulu Humas memiliki bagian untuk mempromosikan dan memasarkan serta melaksanakan pengembangan sumber daya manusia. Dalam meningkatkan kualitas layanan rumah sakit, humas menjalankan strategi mulai dari proses pengumpulan fakta, perencanaan, komunikasi dan aksi dan evaluasi. Fungsi humas di rumah sakit juga dilaksanakan dengan membuat program yaitu penyuluhan, kuesioner, melayani pihak ketiga, kliping koran, kerja sama dengan capil pembuatan akte kelahiran, penyiapan bahan publikasi, melaksanakan promosi rumah sakit dan mengadakan promosi pemasaran. Pelayanan terletak pada Bidang Pelayanan. Humas dan pelayanan memiliki fungsi yang berbeda, tetapi saling berkoordinasi dalam upaya mencapai visi dan misi rumah sakit, yang salah satunya dapat dicapai melalui pelayanan yang baik kepada seluruh stakeholders rumah sakit.


Keywords


Strategi Humas; Fungsi Humas; Mutu Pelayanan; Rumah Sakit

Full Text:

PDF

References


Al-Qarni, A. (2008). Tersenyumlah. Jakarta: AL QALAM Kelompok GEMA INSANI.

Ardhoyo, T. E. (2013). Peran dan Strategi Humas (Public Relations) Dalam Mempromosikan Produk Perusahaan. Jurnal Ilmiah WIDYA, 1(1), 15-21.

Assuari. (2003). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetak keenam. Bandung: Alfabeta.

Barantum.com. (2018). Call Center: Pengertian Fungsi dan Implementasinya pada Perusahaan. Barantum Blog. https://www.barantum.com/blog/call-center-itu-apa-sih/

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2005). Effective Public Relations. Edisi 8. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Fitri, A. M. (2017). Implementasi Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Pasien Di Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ismainar, H. (2015). Administrasi Kesehatan Masyarakat: Bagi Perekam Medis dan Informatika Kesehatan. Yogyakarta: Deepublish.

JDIH Rokan Hulu. (2018). Peraturan Bupati Rokan Hulu Nomor 13 Tahun 2018 Tentang Pembentukan Unit Pelaksana Teknis Pada Dinas Kesehatan. Didownload dari https://jdih.rokanhulukab.go.id/po-content/uploads/perbup_nomor_ 13_tahun_2018.pdf

Julisman. (2017). Usulan Perbaikan Kinerja Pelayanan Menggunakan Metode Servperf Dan Quality Function Deployment di IGD RSUD Bangkinang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Kasmir. (2005). Etika Customer Service. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kriyantono, R. (2015). Konstruksi Humas Dalam Tata Kelola Komunikasi Lembaga Pendidikan Tinggi di Era Keterbukaan Informasi Publik. Jurnal Pekommas, 18(2), 117-126.

Kushendar, D. H., & Saputra, R. (2016). Kualitas Pelayanan Pembuatan Kartu Keluarga (KK) DI Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Bina Administrasi,VI(1), 36-60.

Lindawaty, D. S., Dharmaningtias, D. S., Ardiyanti, H., & Katharina, R. (2018). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Lubis, E. E. (2012). Peran Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintah. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(1), 51-60.

Misno, A. (2017). The Secrets Of Salam: Rahasia Ucapan Salam Dalam Islam. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Moekijat. (1990). Kamus manajemen. Bandung: Mandar Maju.

Morissan. (2014). Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Muharni, I. (2018). Strategi Humas Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan RS. Islam Siti Khadijah Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains, 7(1), 31-40.

Oktariana, Y., & Abdullah, Y. (2017). Komunikasi dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: Deepublish.

Pahlevi, R. (2018). Peranan Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) Dalam Meningkatkan Kepatuhan Peserta Didik Terhadap Tata Tertib SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Lampung.

Ruslan, R. (2006). Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi, Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugono, D. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa

Sutedji. (2010). Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish.

Thoha, M. (2010). Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tirtawati, A. A. R., & Mulyani, A. A. S. (2017). Strategi Humas Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya Kota Denpasar. Jurnal Kajian Ilmu komunikasi, 14(1), 47-61.

Triono, B., Asmarwianti, S., Hendri, S., & Juniati, A. (2018). Profil Kesehatan Rokan Hulu 2017. Dinas Kesehatan Rokan Hulu Pasir Pengaraian. www.depkes.go.id>download>profil>profil_KAB_KOTA 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i2.9565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id