STRATEGI MEDIA RELATIONS HUMAS PT.PERKEBUNAN NUSANTARA V PEKANBARU
Abstract
Strategi media relations Humas PT. Perkebunan Nusantara V (PTPN V) Pekanbaru sudah terjalin cukup lama dengan berbagai media lokal baik cetak maupun online. Namun untuk terus membantu pencapaian tujuan perusahaan strategi media relations harus terus dilakukan. Maka dari itu media relations sangat dibutuhkan dalam membesarkan sebuah perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjabarkan strategi media relations humas PTPN V Pekanbaru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif serta pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian terhadap strategi media relations humas PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru yang pertama adalah melayani media dengan memberikan keterbukaan informasi, yang kedua membangun reputasi sebagai orang yang dapat di percaya dengan cara memberikan informasi yang sesuai dengan fakta dan data yang akurat, ketiga menyediakan salinan yang baik dimana salinan ini disediakan pada website ptpn5, keempat bekerjasama dalam penyediaan materi dengan membuat release, yang kelima menyediakan fasilitas yang memadai untuk media seperti pendanaan untuk wartawan penyediaan alat-alat kantor dan yang keenam membangun hubungan personal yang kokoh dengan melakukan berbagai macam kegiatan bersama media seperti buka bersama dengan media, mengundang keacara perusahaan, media gathering, dan masih banyak lagi yang menunjang kegiatan membangun hubungan yang kokoh dengan media.
Full Text:
PDFReferences
Ardianto Elvinaro, 2009, Public Relations Praktis( Pendekatan Praktis Menjadi Komunikator,Orator, Presenter dan Juru Kampanye Handal), Padjajaran, Widya Padjajaran.
Cutlip dan Center. (1996). Hubungan Masyarakat (yang diterjemahkan dan dikutip oleh F. Rachmadi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Darmastuti Rini,2012, Media Relations Konsep, Strategi & Aplikasi, Yogyakarta,Penerbit Andi
Djaja,Danan H.R, 1985,Peranan Humas Dalam Perusahaan,Bandung, Penerbit Alumni
Iriantara, Yosal,2002,Media Relations Konsep, Pendekatan dan Praktik, Bandung, Simbiosa Rekatama Media
Kusumastuti, Frida, 2004, Dasar-Dasar Hubungan Masyarakat,Cetakan Kedua, Bogor, Ghalia Indonesia.
Moleong, Lexy J., 2012, Metodologi Penelitian Kualitatif ,Bandung, Rosdakarya
Nurtjahjani Fullchis & Maharani Trivena Shinta, 2008, Public Realations Citra & Praktek,Malang, Polinema Press
Nurudin,2008, Hubungan Media Konsep dan Aplikasi, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada
Ruslan, Rosady,2007, Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi ,Jakarta, Raja Grafindo
Suhandang Kustadi, 2004, Public Relations Perusahaan Kajian Program Implementasi, Jakarta, Penerbit Nuansa
Wahidin Saputra&Rulli Nasrullah,2014,Teori dan Praktik Public Relations di Era Cyber 2.0,Depok,Gramata Publishing
Wardhani Diah, 2008, Media Relations Sarana Membangun Reputasi Organisasi,Jakarta, Graha Ilmu
Eriyansyah, Strategi Humas Pemerintah Dalam Praktik Media Relations, e-Journal, Tanjung Jabung-Jambi
Meri Meglian, Dkk, Strategi Media Relations PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk Dalam Menjaga Citra Positif Pada Kasus Proyek Pembangunan Pabrik Semen Di Rembang, Vol 5, 2016
R. Sumantri Raharjo , Media Relations Di Media Massa (Analisis Deskriptif Kualitatif Terhadap Kegiatan Media Relations Tvri Yogyakarta Dan Jogja Tv), Vol. 08/No.02/Oktober, 2015
Yohana Amelia Lumoindong, Penerapan Evaluasi Kegiatan Media Relations oleh Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Daerah Kota Surabaya, Vol 2, 2018
Website :
http://www.ptpn5.com/statis-5-bidangusaha.html
https://ptpn5.com/struktur-organisasi-2/
https://ptpn5.com/profil-visi-dan-misi/
Lain-Lain :
Company Profile PTPN V Pekanbaru
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v1i3.7456
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id