PERENCANAAN KOMUNIKASI PT. SUKA FAJAR PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN BRAND IMAGE MITSUBISHI
Abstract
Persaingan dunia bisnis otomotif semakin berkembang pesat. Perencanaan Komunikasi digunakan untuk mencoba mengatasi rintangan-rintangan kecil yang dihadapi pada saat ini maupun masa yang akan datang demi terus meningkatkan brand image dari sebuah perusahaan. Perencanaan komunikasi diperlukan untuk mengimplementasikan program-program yang ingin dicapai, apakah itu pencitraan atau pemasaran produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan komunikasi PT. Suka Fajar Pekanbaru dalam meningkatkan brand image Mitsubishi. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Perencanaan Komunikasi Cultip dan Center. Teknik pengumpulan data didapat dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan Triangulasi sumber. Hasil penelitian yang di dapat dalam penelitian ini yaitu : 1. Tahap Penemuan Fakta yang ditemukan melalui website PT. Suka fajar Pekanbaru dan pemantauan melalui media online. 2. Tahap Perencanaan yang dilakukan adalah membuat sebuah perencanaan komunikasi seperti siapa yang akan menjadi komunikator, pesan apa yang disampaikan, media yang digunakan, menetapkan target sasaran, dan menyusun perencanaan program. 3. Tindakan aksi komunikasi yang dilakukan adalah mengimplementasikan program diantaranya training kepada marketing, gathering pelanggan, dan event serta perusahaan juga bekerjasama dengan media partner seperti, Riau Pos, Tribun Pekanbaru, MX, Haluan Riau serta media pendukung seperti brosur dan reklame. 4. Tahap Evaluasi dilakukan setiap 6 bulan sekali dan hasil evaluasi saat ini adalah program berjalan dengan baik dan penjualan semakin meningkat
Full Text:
PDFReferences
A.Shimp, Terence. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan promosi Edisi.8. Jakarta: Salemba Empat, 2014.
Cangara, Hafied. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2013.
Hidayat Syarif, Amri. Perencanaan Komunikasi Hakekat dan Implementasinya. Solo: Pustaka Iltizam, 2015.
Rakhmat, Jalaluddin. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005.
Shiyami Muqoddimatus “Brand Image Public Relations Sma Al Muniroh Sebagai Sekolah Standar Nasional (Ssn), Skripsi, Uin Sunan Ampel Surabaya, Juli 2012.
http://biz.kompas.com/read/2017/10/04/111112228/penguatan-industri komponen-lokal-kunci-daya-saing-otomotif-nasional
https://otomotifnet.gridoto.com/read/02202692/ada-status-batalkan-spk-mitsubishi-xpander-begini-komentar-warganet?page=al
https://otomotiftren.com/daftar-harga-mobil-mitsubishi-terbaru-dan-keunggulannya/
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v1i1.6891
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id