STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK MUJID RIDUAN DALAM KECENDERUNGAN PERILAKU PEMILIH DAPIL 3 KABUPATEN GRESIK

Ubaidillah Ubaidillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi politik yang diterapkan oleh Mujid Riduan dalam menghadapi pemilihan umum legislatif 2024 di Dapil 3 Kabupaten Gresik. Fokus penelitian diarahkan pada bagaimana komunikasi politik tersebut mempengaruhi kecenderungan perilaku pemilih dan faktor-faktor yang menentukan keberhasilannya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara mendalam kepada informan kunci, termasuk tim kampanye dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mujid Riduan menerapkan strategi komunikasi politik yang meliputi branding, segmentasi pemilih, penentuan target, positioning, serta pemanfaatan media sosial. Pendekatan yang digunakan bersifat partisipatoris dan menyentuh aspek budaya lokal yang kuat, seperti pelibatan dalam kegiatan sosial dan budaya masyarakat. Selain itu, kehadiran simbol-simbol politik, penyampaian visi-misi melalui media digital, dan pendekatan interpersonal menjadi kunci dalam membangun citra diri yang positif. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi pemilih serta membentuk persepsi publik yang mendukung

Keywords


Branding; Komunikasi; Strategi

References


Akasah, H. (2022, Mei 28). Jawapos. Retrieved Juli 20, 2024, from radargresik.jawapos.com: https://www.google.com/amp/s/radargresik.jawapos.com/politika/amp/83938661/jelang-pileg-2024-pdip-gresik-gaet-kader-nu

Abdullah, T. (2015). Politik dan Budaya: Tinjauan atas Proses Politik di Indonesia. Penerbit Buku Kompas.Jakarta.

Ardinata, S. R. (2022). Framming Pemberitaan Prabowo Dalam Membentuk Citra Positif Pada Media TV ONE. Komsospol. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.

Bachtiar, F. R. (2014). Pemilu Indonesia: Kiblat Negara Demokrasi dari Berbagai Representasi. Jurnal Politik Profetik, 2(1), 1–17.

Chotamul Fajri, A. A. (2024). Pengaruh kepuasan kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai kantor kecamatan kebayoran lama. 2(1), 1302–1312.

D. Sudarmika. (2023). PDIP dan Megawati dalam Dinamika Politik Indonesia 2014-2024 Akademi Televisi Indonesia 2. Journal Visioner : Journal of Media and Art, 04(2), 64–79.

Fransisko, R. (2022). Strategi Komunikasi Politik Partai Golongan Karya Dalam Memenangkan Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Sarolangun Periode 2019-2024 (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Geertz, C. (2011). In Interpretive Anthropology. In Animal Thinking: Contemporary Issues in Comparative Cognition (pp. 267–290). https://doi.org/10.7551/mitpress/9187.003.0024

Harbiyanto, A. (2020). Konsepsi Intelektualitas, Keuangan, dan Massa Dalam Pemilihan Bupati Sikka Tahun 2018. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(08), 37-43.

Kurniasih, E., & Setianti, Y. (2024). Strategi Personal Branding Anies Baswedan dalam Membangun Komunikasi Politik Melalui Instagram. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 123–140. https://doi.org/10.33822/jep.v7i1.6074

Koc-Michalska, K., & Lilleker, D. (2016). Digital politics: Mobilization, engagement, and participation. Political Communication, 34(1), 1-5.

Kotler & Nancy R. Lee. (2016). Social Mfor Social Marketing Behavior Change For Social Good.

Mahadewi, K. J., Gusti, N., Mas, A., & Wulandari, T. (2024). Edukasi Penyelenggaraan Pemilu Berinegritas Menuju Indonesia Emas. Communnity Development Journal, 5(2), 2754–2758.

McNair, B. (2017). An introduction to political communication. Routledge.

Muhsinun, M. (2020). Pandangan Politik Driver Gojek Online Terhadap Tagar 2019 Ganti Presiden (Studi Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Rud. (2023, Desember 10). sekilasmedia.com. Retrieved Juli 20, 2024, from sekilasmedia.com: https://sekilasmedia.com/2023/12/10/target-12-kursi-dan-menangkan-ganjar-mahfud-dpc-pdi-perjuangan-gresik-lakukan-konsolidasi-internal/

Rusianti, S. G. (2022). Peran Perempuan Dalam Komunikasi Politik Partai di Kota Madiun. Journal of Social and Political Science Society, 1(1), 25-36.

Sukardi, S. (2011). Kebudayaan Jawa dan Komunikasi: Sebuah Perspektif Budaya dalam Kehidupan Sosial

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Rake Sarasin, March, 72.

Suprayitno, D., Indrawan, J., & Yuliandri, P. (2023). Eksposur Komunikasi Politik Joko Widodo Terhadap Generasi Milenial Pada Pemilihan Umum. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(3), 465-477. https://doi.org/10.33822/jep.v6i3.5544.

Sutopo, H. B. (2006). Penelitian kualitatif: Dasar teori dan terapannya dalam penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Taufani, M. R. (2023, November 29). Ini Peta Koalisi Penguasa Parlemen, Bisa Menangkan Pilpres. CNBC Indonesia

Triwicaksono, Y. D. B. B., & Nugroho, A. (2021). Strategi komunikasi politik pemenangan Kepala Daerah. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(1), 133-145. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i1.2037

Yulia, D., & Ervinalisa, N. (2017). Pengaruh media pembelajaran powtoon pada mata pelajaran sejarah indonesia dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa IIS kelas X di SMA negeri 17 Batam tahun pelajaran 2017/2018. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 2(1). https://doi.org/10.33373/his.v2i1.1583

Widiarto, D. S., Wahyudi, M., Marzuki, M. E., & Riswari, C. R. A. (2023). Komunikasi politik PDIP dalam mempengaruhi perilaku pemilih kota Surabaya. Jurnal Komunikasi Profesional, 7(3), 440-454. https://doi.org/10.25139/jkp.v7i3.6530




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v7i2.37832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id